Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Manfaat Daun Ginseng Untuk Kenari (Cara & Waktu Pemberian)

Manfaat Daun Ginseng Untuk Kenari

Manfaat Daun Ginseng Untuk Kenari – Daun ginseng atau kolesom Jawa merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang telah lama dikenal sebagai obat alami. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh manusia saja, daun ginseng sebenarnya mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh burung, termasuk Kenari.

Perlu diketahui, meskipun tanaman ini mempunyai nama ginseng Jawa, namun sebenarnya tanaman ini bukan berasal dari Pulau Jawa, melainkan berasal dari Benua Amerika. Dimana untuk bentuk akar ginseng Jawa sendiri memang mirip seperti tanaman ginseng yang berasal dari Korea.

Secara garis besar, daun ginseng Jawa sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina berbagai macam jenis burung kicauan, khususnya Kenari. Akan tetapi, masih ada sebagian penggemar burung Kenari yang mengeluhkan mengenai bagaimana tata cara peracikan hingga pemberiannya.

Namun, akan lebih baik jika sebelum memberikan daun ginseng untuk Kenari, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait manfaat daun ginseng untuk Kenari dilengkapi dengan cara dan waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Daun Ginseng

Sebelum pembahasan utama mengenai manfaat daun ginseng untuk Kenari berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan-kandungannya. Adapun beberapa zat aktif yang terkandung dalam akar serta batang daun ginseng Jawa tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Tanin.
  • Saponin.
  • Alkaloid.
  • Flavonoid.
  • Steroid.
  • Minyak atsiri.
  • Vitamin A.
  • Mineral lainnya.

Manfaat Daun Ginseng Untuk Kenari

Manfaat Daun Ginseng Untuk Burung Kenari

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Kenari merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang mampu mengeluarkan suara lantang dan merdu. Akan tetapi, supaya bisa mengeluarkan suara merdunya tersebut, tentunya pemilik Kenari perlu mengetahui bagaimana pola perawatannya.

Dimana untuk saat ini pola perawatan burung Kenari sebenarnya tidak hanya dari segi pemandian ataupun penjemurannya saja, namun juga memperhatikan pemberian pakannya. Dengan kata lain, pemberian pakan ekstra fooding (EF) seperti daun ginseng ini perlu dilakukan oleh pemilik Kenari.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya daun ginseng sendiri mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan tubuh burung Kenari. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa manfaat daun ginseng Jawa untuk semua jenis Kenari di bawah ini, baik itu Kenari jantan maupun betina.

1. Melancarkan Peredaran Darah Kenari

Manfaat daun ginseng pertama untuk Kenari yaitu mampu memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan daun ginseng memiliki sejumlah kandungan mineral yang mampu menghangatkan tubuh Kenari sehingga dapat membuat peredaran darah menjadi lancar.

2. Meningkatkan Stamina Kenari

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, manfaat utama daun ginseng yaitu untuk meningkatkan stamina Kenari. Dimana daun ginseng sendiri mengandung vitamin A yang pastinya sangat bermanfaat untuk menunjang sistem kekebalan tubuh Kenari menjadi lebih prima.

3. Meningkatkan Durasi Kinerja Kenari

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, apabila Kenari mempunyai stamina kuat, maka dapat dipastikan bahwa burung tersebut durasi kinerjanya akan semakin meningkat. Hal ini pastinya akan membuat kerja Kenari ngedur di lapangan karena memiliki tingkat kerajinan yang baik serta tenaga lebih sehingga dapat tampil lebih baik.

4. Membantu Proses Pemulihan Kenari

Manfaat daun ginseng selanjutnya yaitu membantu proses pemulihan Kenari yang sedang dalam kondisi tidak fit seperti setelah mengalami sebuah penyakit. Daun ginseng sebenarnya memiliki khasiat hampir sama seperti halnya manfaat gambas untuk Kenari sebagai obat dalam mengatasi radang tenggorokan.

5. Meningkatkan Nafsu Makan Kenari

Daun ginseng juga dapat dimanfaatkan apabila kalian ingin meningkatkan nafsu makan Kenari. Biasanya daun ginseng akan sangat berguna untuk meningkatkan nafsu makan ketika Kenari baru saja sembuh dari penyakit tertentu. Namun, perlu diingat bahwa daun ginseng hanya digunakan sebagai pakan tambahan saja apabila ingin memanfaatkannya sebagai penambah nafsu makan Kenari.

6. Meningkatkan Birahi Kenari

Kemudian manfaat daun ginseng Jawa berikutnya yaitu untuk meningkatkan ataupun menstabilkan birahi Kenari. Jadi, jika kalian ingin menjodohkan sepasang Kenari, sebaiknya gunakan daun ginseng untuk meningkatkan birahi. Bahkan sebenarnya cara ini juga sebenarnya tidak hanya berguna untuk jenis burung Kenari saja, namun juga berlaku untuk beberapa jenis burung kicauan lainnya.

7. Membuat Kenari Rajin Bunyi

Kemudian daun ginseng dapat dimanfaatkan untuk mengatasi Kenari macet bunyi. Bahkan, daun ginseng juga dapat digunakan untuk membuat Kenari menjadi rajin berbunyi atau gacor sehingga mereka akan selalu siap untuk mengikuti lomba. Akan tetapi, kami sarankan untuk tidak mengikutsertakan lomba terlalu sering karena hal tersebut tidak baik untuk masa depan Kenari.

8. Mengatasi Kenari Stres

Untuk Kenari yang lelah dan stres akibat perjalanan jauh atau mengikuti lomba dalam satu kompetisi, maka daun ginseng bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Dengan memberikan daun ginseng secara rutin, maka bisa membuat Kenari segar kembali dan tidak loyo dalam jangka waktu yang terbilang cukup singkat.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kenari

Manfaat terakhir daun ginseng Jawa untuk Kenari yaitu dapat meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh. Daun ginseng bisa membuat Kenari menjadi lebih lincah serta rajin makan. Dengan begitu, Kenari tidak akan mudah terserang penyakit, bahkan pada saat musim dingin sekalipun.

Cara Pemberian Daun Ginseng Untuk Kenari

Cara Pemberian Daun Ginseng Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja manfaat daun ginseng Jawa untuk semua jenis burung Kenari, entah itu Kenari jantan ataupun betina. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara serta waktu ideal pemberian daun ginseng untuk Kenari.

Sebenarnya pemberian daun ginseng untuk Kenari dapat dilakukan melalui beragam cara, mulai dari pemberian secara langsung dengan cara menggantungkannya ataupun memotongnya menjadi kecil-kecil sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF).

Pemberian daun ginseng juga dapat dilakukan bersamaan dengan pakan sayuran lainnya seperti gambas atau oyong, lobak serta sawi supaya nutrisi burung terlengkapi dan burung memiliki kekebalan tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Sebelum memberikan daun ginseng untuk Kenari, pastikan bahwa tanaman tersebut sudah dibersihkan dengan air bersih supaya terbebas dari kotoran maupun bakteri. Saran kami sebaiknya berikan daun ginseng Jawa secara rutin pada Kenari dan lihat perbedaannya.

Apabila Kenari semakin gacor dan perilakunya menunjukkan kondisi tubuh sehat, maka teruskan pemberian daun ginsengnya. Namun, jika Kenari menunjukkan sebuah penolakan, sebaiknya segera hentikan pemberiannya. Sebab, daun ginseng sendiri memiliki efek samping seperti membuat Kenari over birahi.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa daun ginseng Jawa ternyata mempunyai cukup banyak manfaat untuk burung Merpati. Bahkan jika pemberian daun ginseng dilakukan secara rutin, maka bisa membuat Kenari menjadi lebih sehat karena mempunyai sistem kekebalan tubuh tinggi.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun ginseng untuk Kenari dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan daun ginseng untuk Kenari.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.