Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Manfaat Kencur Untuk Merpati (Cara & Waktu Pemberian)

Manfaat Kencur Untuk Merpati

Manfaat Kencur Untuk Merpati – Sebagaimana diketahui, kencur tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh manusia saja. Tanaman obat dari jenis temu-temuan atau Zingibereceae tersebut juga kerap digunakan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit pada burung, termasuk Merpati.

Dimana kencur sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Merpati supaya tetap stabil, khususnya ketika burung tersebut hendak mengikuti perlombaan atau kontes. Akan tetapi, jika ingin memberikan kencur untuk Merpati, sebaiknya pemberiannya tidak dilakukan secara asal-asalan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika Merpati diberi kencur secara berlebihan, maka akan timbul beberapa efek samping negatif. Maka dari itu, sebelum memberikan kencur untuk Merpati, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu kapan waktu ideal serta tata cara pemberiannya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membantu kalian untuk mencari tahu apa saja manfaat kencur untuk Merpati. Selain itu, di bawah ini juga akan kami jelaskan apa saja efek samping negatif yang bisa dialami oleh Merpati apabila porsi atau takaran pemberian kencur dilakukan secara berlebihan.

Kandungan Kencur

Sebelum pembahasan utama mengenai manfaat kencur untuk Merpati berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan di dalam tanaman tersebut. Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam tanaman kencur tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Asam sinamat.
  • Asam metil kain dan Penta dekan.
  • Asam anisat.
  • Alkohol dan bom.
  • Etil ester.
  • Bondol.
  • Mineral.
  • Sineol.
  • Pati.
  • Minyak-minyak atsiri.
  • Kamphene.
  • Praemurin.

Manfaat Kencur Untuk Merpati

Manfaat Kencur Untuk Burung Merpati

Mungkin manfaat kencur tidak akan berbeda jauh dengan manfaat jahe untuk Merpati, karena kedua tanaman tersebut mempunyai kandungan hampir sama. Pada intinya, kencur dapat mengatasi berbagai macam penyakit serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Merpati.

Meskipun demikian, pemberian kencur untuk Merpati juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, sebab bisa mengakibatkan beberapa efek negatif. Daripada penasaran, di bawah adalah beberapa manfaat kencur untuk Merpati untuk semua jenis, baik itu Merpati jantan ataupun betina.

1. Memperlancar Sistem Pernapasan Merpati

Manfaat pertama kencur untuk Merpati yaitu bisa memperlancar sistem pernapasan. Seperti diketahui, sistem pernapasan Merpati merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan, terutama untuk jenis Merpati balap yang membutuhkan tenaga dan stamina cukup besar.

Oleh sebab itu, cobalah berikan kencur untuk Merpati secara rutin supaya sistem kelancaran pernapasannya bisa tetap terjaga. Dengan pemberian secara rutin tersebut diharapkan pernapasan Merpati dapat lebih kuat sehingga staminanya akan lebih terjaga.

2. Mengobati Cidera Merpati

Manfaat kencur selanjutnya untuk burung Merpati jantan ataupun betina yaitu bisa mengobati cidera, baik itu pada sayap, tulang ataupun dada akibat stut kencang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kencur sendiri mempunyai kandungan anti inflamasi sehingga dapat mengobati cidera.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Bulu Merpati

Seperti dijelaskan sebelumnya, kencur mempunyai kandungan antibakteri sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu Merpati. Melalui pemberian kencur secara rutin, maka kesehatan kulit merpati akan lebih terjaga karena terhindar dari bakteri. Selain itu, bulu Merpati juga bisa menjadi semakin halus dan bagus.

4. Mengobati Radang Tenggorokan

Kemudian kencur juga memiliki manfaat untuk mengobati masalah radang tenggorokan pada burung Merpati. Biasanya Merpati yang mengalami masalah radang tenggorokan akan malas untuk terbang. Oleh sebab itulah, pemberian kencur bisa digunakan untuk mengatasi Merpati malas terbang.

5. Menambah Kekebalan Tubuh Merpati

Banyaknya nutrisi atau kandungan gizi di dalam kencur seperti antibakteri juga sangat bermanfaat bagi Merpati untuk membasmi virus atau kuman. Tentunya dengan adanya kandungan tersebut membuat kekebalan tubuh Merpati semakin bertambah, terutama pada musim hujan saat udara di sekitar berubah menjadi dingin.

6. Mengobati Merpati Flu

Manfaat kencur berikutnya yaitu mampu mengobati pilek dan flu pada Merpati. Di sisi lain, antibakteri dalam kencur terbukti dapat mengobati Merpati yang temboloknya kembung ataupun keras, asalkan pemberiannya dilakukan sesuai dengan porsinya.

7. Sebagai Jamu Agar Merpati Giring Keras

Manfaat kencur untuk Merpati terakhir yaitu bisa dijadikan sebagai jamu agar Merpati giring keras dengan pasangannya. Hal ini mungkin hampir mirip seperti manfaat ketumbar untuk Merpati. Sebab kencur mampu meningkatkan birahi Merpati sehingga mereka dapat lebih giring dengan pasangannya.

Cara Pemberian Kencur Untuk Merpati

Setelah mengetahui manfaat kencur untuk Merpati baik itu jantan ataupun betina, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana waktu ideal dan tata cara pemberiannya. Sebenarnya terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan ketika kalian hendak memberikan kencur untuk Merpati.

Dimana kalian bisa memberikan kencur melalui metode sebagai pakan tambahan ataupun sebagai air minum Merpati. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan tata cara beserta waktu ideal pemberian kencur untuk Merpati, baik itu sebagai pakan tambahan ataupun air minum.

1. Sebagai Pakan Merpati

Pemberian kencur sebagai pakan Merpati ini dapat dilakukan seperti halnya memberi pakan utama seperti jagung pada hari-hari biasa. Namun, sebelum memberikannya, pastikan bahwa Merpati tersebut termasuk ke dalam jenis burung peliharaan yang sudah jinak. Berikut adalah tata cara pemberian kencur sebagai pakan Merpati.

  1. Pertama-tama, kupas kulit kencur sampai bersih.
  2. Kemudian potong kencur menjadi kecil-kecil menyerupai ukuran jagung atau kacang hijau.
  3. Setelah itu, silahkan lolohkan kencur secara langsung ke paruhnya.

Pemberian kencur sebagai pakan tambahan untuk Merpati ini bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 butir setiap seminggu sekali.

2. Sebagai Air Minum Merpati

Selain diberikan dalam bentuk pakan, pemberian kencur untuk Merpati juga dapat dilakukan dengan cara dijadikan sebagai air minum. Cara ini terbilang lebih aman karena tidak akan membuat Merpati mengalami stres. Adapun tata cara peracikannya sendiri diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Kupas kencur dari kulitnya terlebih dahulu sampai bersih.
  2. Selanjutnya parut atau tumbuk kencur sampai halus.
  3. Setelah itu, campur kencur dengan air secukupnya dan rebus hingga matang.
  4. Kemudian diamkan air rebusan kencur tersebut hingga dingin.
  5. Terakhir, campurkan air rebusan kencur dengan air mineral pada wadah minuman Merpati.

Kalian bisa memberikan rebusan air kencur tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Untuk takaran perbandingannya sendiri yaitu sekitar 1:1 dengan air mineral biasa.

Efek Samping Kencur Untuk Merpati

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja manfaat kencur untuk Merpati beserta tata cara pemberiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, pemberian kencur secara berlebihan bisa mengakibatkan efek negatif pada kesehatan burung Merpati. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa efek samping pemberian kencur secara berlebihan untuk Merpati.

  • Menurunnya energi Merpati.
  • Menurunnya nafsu makan Merpati.
  • Pengeluaran urin berlebihan atau diare.
  • Dapat menimbulkan iritasi pada kulit Merpati.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kencur sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Merpati, entah itu Merpati jantan ataupun betina. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa pemberian kencur tidak boleh dilakukan secara berlebihan, sebab bisa mengakibatkan efek samping pada kesehatan Merpati.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kencur untuk Merpati semua jenis dilengkapi dengan waktu ideal hingga tata cara pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan kencur untuk Merpati di rumah.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.