Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan & Cara Pemberian!

Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan

Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan – Sebagaimana diketahui, gula merah ialah salah satu bahan pemanis makanan yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Bahkan tidak hanya bagi manusia saja, ternyata gula merah juga sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan hewan peliharaan, salah satunya yaitu bagi ayam aduan.

Dimana para penghobi jenis ayam aduan memberikan gula merah atau gula jawa agar ayam kesayangannya mampu menjadi ayam berkualitas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sudah terdapat cukup banyak riset yang membuktikan bahwa kandungan nutrisi gula merah ternyata sangat bermanfaat bagi ayam aduan.

vitamin burung

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana khususnya bagi para pemula yang belum mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian gula merah untuk ayam aduan. Secara garis besarnya, pemberian gula merah untuk ayam aduan seperti ayam bangkok dapat dilakukan sesuai dengan manfaatnya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana hendak memberikan gula merah sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat gula merah untuk ayam aduan semua jenis.

Kandungan Nutrisi Gula Merah

Kandungan Gula Merah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan gula merah sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizinya. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membahas manfaat gula merah untuk ayam aduan lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

  • Karbohidrat.
  • Lemak.
  • Protein.
  • Mineral.
  • Vitamin C.
  • Kalium.
  • Fosfor.
  • Magnesium.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Fitonutrien.
  • Polifenol.
  • Flavonoid.
  • Antosianin.

Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan

Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan Semua Jenis

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam gula merah, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaat ataupun khasiatnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa manfaat gula merah untuk ayam aduan di bawah ini.

1. Menambah Stamina Ayam Aduan

Manfaat pertama gula merah untuk ayam aduan yaitu sebagai penambah stamina atau energi. Seperti diketahui, ayam aduan merupakan salah satu jenis unggas yang harus mempunyai stamina kuat supaya bisa bertarung dalam durasi panjang. Dimana stamina sendiri akan mempengaruhi hampir 50% dari hasil pertandingan nantinya.

2. Mencegah Beragam Penyakit

Selain sebagai penambah energi, gula merah juga ternyata mampu mencegah berbagai macam penyakit. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya gula merah sendiri mengandung antioksidan yang bisa berperan sebagai obat serta mencegah berbagai macam penyakit.

3. Melancarkan Peredaran Darah Ayam Aduan

Tidak hanya pada tubuh manusia saja, ayam aduan juga sebenarnya membutuhkan perhatian terkait kondisi kesehatannya, terutama tentang peredaran darah. Dimana kesehatan ayam aduan sendiri bisa dilihat dari warna kulitnya. Apabila warna kulit berwarna merah, maka bisa dikatakan bahwa unggas tersebut dalam keadaan sehat.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan Ayam Aduan

Manfaat gula merah selanjutnya untuk ayam aduan sebenarnya hampir sama seperti khasiat gula merah bagi Merpati, yaitu melancarkan sistem pencernaannya. Ketika sistem pencernaan ayam aduan tidak lancar, maka akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, mulai dari mencret atau diare dan lain sebagainya.

5. Mengatasi Dehidrasi Ayam Aduan

Kemudian gula merah juga bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi pada ayam aduan karena mampu berperan sebagai pengganti ion di dalam tubuhnya. Jadi, pemberian gula merah untuk ayam bangkok ini sangat cocok dilakukan pada saat kondisi cuaca di lingkungan sekitar sedang sangat panas.

6. Menambah Jumlah Sel Darah Merah

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah memahami apabila setelah ayam diadu, maka mereka akan mendapatkan sebuah luka, entah itu luka kecil ataupun luka berat. Nah, untuk menjaga sel darah merah di dalam tubuh ayam aduan tetap terjaga, maka berikanlah gula merah sebagai pakan tambahannya.

7. Membentuk Badan Ayam Aduan

Meskipun terdengar cukup aneh, namun ternyata manfaat gula merah untuk ayam aduan juga dipercaya mampu membantu pembentukan otot dan tulangnya. Bahkan beberapa orang juga menganggap bahwa gula merah dapat membantu ayam aduan mempunyai bentuk tubuh yang ideal.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ayam Aduan

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, gula merah mengandung berbagai macam nutrisi dan senyawa yang sangat penting bagi tubuh ayam aduan. Oleh sebab itu, pemberian gula merah secara rutin akan membantu meningkatkan daya tahan serta metabolisme tubuh ayam aduan.

9. Mencegah Ayam Aduan Stres

Manfaat gula merah untuk ayam aduan terakhir yaitu mampu mencegah atau menghindarkannya dari kondisi stres, khususnya bagi anak ayam. Dimana kondisi atau keadaan stres sendiri akan membuat ayam aduan mengalami penurunan berat badan sehingga mereka gampang terserang penyakit.

Cara Pemberian Gula Merah Untuk Ayam Aduan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa manfaat gula merah untuk ayam aduan berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian gula merah untuk ayam aduan.

Secara garis besarnya, kebanyakan orang memberikan gula merah untuk ayam dalam bentuk larutan sebagai pengganti air minum. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik tata cara hingga waktu ideal pemberian gula merah untuk ayam aduan di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan siapkan gula merah kira-kira 1 sendok makan biasa dalam bentuk serbuk.
  2. Kemudian campurkan gula merah dengan segelas air atau sekitar 200 ml, lalu seduh hingga matang.
  3. Kalian juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya seperti lengkuas, kunyit atau bawang putih.
  4. Apabila larutan tersebut sudah dingin, silahkan berikan langsung kepada ayam aduan.
  5. Untuk waktu ideal pemberian gula merah bagi ayam aduan sendiri sebaiknya cukup 1 kali dalam sehari, entah itu pada pagi maupun sore hari.

Sebagai informasi tambahan, larutan gula merah yang dijadikan sebagai air minum untuk ayam aduan ini tidak mempunyai efek samping negatif sama sekali terhadap kesehatan tubuhnya. Meskipun demikian, porsi pemberian larutan gula merah untuk ayam aduan ini sebaiknya jangan terlalu sering atau berlebihan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat gula merah untuk ayam aduan semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjadikan gula merah sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan di rumah.

Sumber gambar : kompas.com, goodnewsfromindonesia.id

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.