Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Manfaat Gula Merah Untuk Merpati

Manfaat Gula Merah Untuk Merpati

Manfaat Gula Merah Untuk Merpati – Merpati atau pigeons merupakan salah satu unggas yang hidup berdekatan dengan manusia. Burung ini adalah spesies terkenal dalam famili columbidae.

Banyak penghobi Merpati yang memanfaatkan kecerdasan serta ketangkasannya. Seperti halnya dengan melombakan (balap) atau pun dijadikan sebagai alat berkomunikasi (merpati pos).

Memelihara jenis unggas ini juga bisa mendapatkan keuntungan, bahkan untuk dijadikan sebagai ladang bisnis. Pasalnya, untuk Merpati balap dewasa dari trah berkualitas bisa dibenderol sekitar Rp 5.000.000 lebih.

Harga tersebut biasanya telah ditentukan mulai dari kecepatan terbang saat dilombakan. Selain mengandalkan skill dan trah, Merpati biasa juga bisa menjadi peserta lomba balap tinggian.

Manfaat Gula Merah Untuk Merpati

Manfaat Gula Merah Untuk Merpati 1

Untuk mendapatkan Merpati balap tinggian berkualitas, kalian perlu melakukan beberapa metode perawatan. Seperti halnya dengan memberikan gula merah, memiliki beragam khasiat seperti :

1. Mencegah Serangan Penyakit

Mencegah Serangan Penyakit

Pemberian pada burung merpati dapat memberikan manfaat untuk mencegah serangan penyakit. Terutama pada bagian saluran pernafasan dan pencernaan Merpati.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cuaca buruk dapat menyebabkan Merpati mudah terserang penyakit. Memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh Merpati agar tetap sehat dan fit.

Apalagi saat hari-hari menjelang jadwal perlombaan. Pastinya memerlukan persiapan mental serta kesehatan Merpati untuk membantu supaya dapat terbang lebih prima.

3. Memperpanjang Nafas

Memperpanjang Nafas Merupakan Salah Satu Manfaat Gula Merah Untuk Merpati

Gula merah dipercaya oleh para penghobi bahwa dapat memberikan manfaat untuk memperpanjang nafas Merpati. Dapat dipastikan apabila pemberian dilakukan dengan baik dan benar, Merpati dapat terbang lebih tinggi dan cepat.

4. Meningkatkan Stamina

Manfaat Gula Merah Untuk Merpati Adalah Meningkatkan Stamina

Bagi Merpati balap tinggian tentu membutuhkan banyak stamina untuk sekali lomba. Nah, bumbu dapur ini dipercaya pemain lomba bahwa memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina Merpati.

5. Merpati Berani Stut Kenceng

Manfaat Gula Merah Untuk Merpati Berani Stut Kencang

CARA AGAR MERPATI TURUN KENCENG juga bisa dilakukan oleh burung yang rutin mengkonsumsi gula jawa. Pada dasarnya, saat Merpati merasa nyaman dan tubuhnya fit, maka perfomanya akan semakin bagus.

Untuk penilaian juri saat perlombaan ditentukan dari kecepatan terbang, hingga melewati kolong lapak. Jika merpati stut melewati kolong dan berada di meja joki terlebih dahulu menandakan itulah pemenangnya.

Itulah beberapa manfaat gula merah untuk merpati. Lebih tepatnya yaitu suplemen alami untuk mendongkrak kemampuan terbang pada burung MERPATI BALAP TINGGIAN.

Waktu dan Cara Pemberian Gula Merah Pada Merpati

Waktu dan Cara Pemberian

Setelah mengetahui sejumlah manfaatnya, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui waktu dan cara pemberiannya. Silahkan ikuti baik-baik langkah-langkah berikut ini.

Siapkan Gula Merah Berkualitas

Siapkan Gula Merah Berkualitas

Pertama-tama silahkan kalian siapkan gula merah terlebih dahulu, baik terbuat dari kelapa atau pun aren. Pastikan pula untuk memperhatikan kualitas, bersih, alami, tanpa campuran obat berbahaya.

Tersedia di warung-warung atau tempat pengepulnya. Untuk harga per-butirnya yaitu sekitar Rp 2000, pastinya cukup murah dengan sejumlah manfaat yang dimilikinya.

Buat Bulatan Kecil Mirip Biji Jagung

Buat Bulatan Kecil Mirip Biji Jagung

Langkah selanjutnya adalah memotong kecil-kecil. Lalu, bentuk menyerupai bulatan seukuran biji jagung. Tujuannya yaitu untuk memudahkan saat pemberian.

Berikan Langsung ke Paruh Merpati

Berikan Langsung ke Paruh Merpati

Jika sudah dibentuk bulat kecil seperti biji jagung, kalian bisa berikan langsung ke paruh Merpati. Berikan dengan hati-hati agar tidak membuat Merpati merasa terancam dengan metode pemberian demikian.

Pemberian 3 Kali Seminggu

Pemmberian 3 Kali Seminggu

Waktu paling tepat untuk melakukan pemberian yaitu sebanyak 3 kali dalam seminggu. Silahkan kalian berikan ke paruh burung secara langsung.

Pemberian dilakukan sekitar jam 7 pagi sebelum merpati diberi makan, ataupun sehabis latihan dan lomba. Memiliki tujuan penting untuk meningkatkan staminanya kembali.

Kesimpulan

Jadi, pemberian gula merah ini dapat membantu Merpati untuk mencegah berbagai serangan penyakit. Sebab, didalamnya terdapat kandungan gizi cukup lengkap.

Kandungan gizi diantaranya adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dengan mengkonsumsi secara rutin juga dapat memperkuat faktor antipatogenetik, atau faktor pertahanan tubuh.

Demikian informasi yang dapat birdsny.com sajikan mengenai manfaat gula merah untuk merpati, lengkap beserta waktu dan cara pemberian yang baik. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *