Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Manfaat Jahe Untuk Burung Trucukan : Cara & Waktu Pemberian

Manfaa Jahe Untuk Burung Trucukan
Advertisements

Manfaat Jahe Untuk Burung Trucukan – Seperti diketahui, Trucukan merupakan salah satu jenis burung yang terkenal dengan suara kicauan indahnya. Akan tetapi, supaya burung Trucukan bisa mengeluarkan seluruh kemampuan berkicaunya, tentunya dibutuhkan adanya perawatan yang baik dan benar oleh para pemiliknya.

Dimana perawatan burung Trucukan sendiri tidak hanya didapatkan dari segi kebersihan badan atau sangkarnya saja, namun juga dari segi pemberian pakannya. Untuk saat ini, para penggemar burung Trucukan memberikan dua jenis pakan, yaitu pakan utama seperti buah dan sayuran serta pakan tambahan seperti ramuan jahe.

Advertisements

Berbicara mengenai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) tersebut, ternyata jahe mempunyai berbagai macam kandungan yang sangat berkhasiat bagi burung Trucukan. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar penggemar burung Trucukan di luar sana khususnya pemula yang belum mengetahui apa saja manfaatnya.

Maka dari itu, jika kalian berencana memberikan jahe sebagai pakan tambahan untuk burung Trucukan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat jahe untuk burung Trucukan dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Jahe

Kandungan Nutrisi Jahe

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat jahe untuk burung Trucukan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisinya. Dimana kandungan nutrisi di dalamnya inilah yang membuat jahe seringkali dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk pada burung Trucukan.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan secara lengkap daftar kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman jahe.

Advertisements
  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Air.
  • Protein.
  • Gula.
  • Serat.
  • Lemak.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Vitamin D.
  • Vitamin E.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin B2.
  • Vitamin B3.
  • Vitamin B5.
  • Vitamin B9 (Folat).
  • Kalsium.
  • Zat Besi.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Potassium (Kalium).
  • Sodium.
  • Seng (Zinc).

Manfaat Jahe Untuk Burung Trucukan

Manfaat Jahe Untuk Trucukan
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman jahe, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaatnya. Pada intinya, jahe akan membuat tubuh burung Trucukan tetap hangat sehingga sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga. Daripada penasaran, berikut adalah sejumlah manfaat jahe untuk burung Trucukan.

1. Menghangatkan Tubuh Burung Trucukan

Manfaat jahe pertama yaitu untuk menghangatkan tubuh burung Trucukan. Seperti diketahui, jahe memiliki rasa yang pedas sehingga mampu membuat tubuh burung Trucukan tetap hangat, meskipun pada musim dingin sekalipun.

2. Membuat Burung Trucukan Rajin Berkicau

Kemudian jahe juga sangat bermanfaat untuk membuat burung Trucukan rajin berkicau dan gacor. Jahe memiliki sebuah kandungan bersifat antioksidan dan anti inflamasi yang mampu membuat tenggorokannya nyaman sehingga mereka jadi rajin berbunyi.

3. Memulihkan Stamina Burung Trucukan

Manfaat jahe selanjutnya untuk salah satu jenis burung peliharaan ini yaitu mampu memulihkan tenaga atau stamina. Jadi, pemberian jahe akan sangat diperlukan ketika mereka hendak mengikuti perlombaan ataupun kontes. Sebab, kondisi tersebut tentunya mengharuskan burung Trucukan memiliki stamina fit dan prima.

4. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Burung Trucukan

Manfaat jahe untuk burung Trucukan berikutnya yaitu mampu mencukupi kebutuhan nutrisinya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jahe sendiri mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi seperti vitamin A, B komplex, C, protein, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, natrium, magnesium dan lain sebagainya yang akan memenuhi keutuhan burung Trucukan setiap harinya.

5. Penambah Nafsu Makan Burung Trucukan

Sama halnya seperti manfaat jahe untuk Merpati, tanaman tersebut juga kerap digunakan oleh beberapa orang untuk menambah ataupun meningkatkan nafsu makan burung Trucukan. Dengan nafsu makan yang meningkat, maka sama saja akan membantu burung Trucukan untuk tidak kehilangan nutrisi sekaligus membantu tumbuh kembangnya.

6. Campuran Pakan Untuk Burung Trucukan

Manfaat jahe terakhir untuk burung Trucukan yaitu dijadikan sebagai campuran untuk pakan utamanya. Secara garis besarnya, jahe dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat burung Trucukan tetap hangat, khususnya di musim dingin atau hujan. Maka dari itu, jahe seringkali dicampurkan ke pakan utama burung Trucukan.

Cara Pemberian Jahe Untuk Burung Trucukan

Setelah mengetahui beberapa manfaat jahe untuk burung Trucukan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Sebenarnya, untuk saat ini tata cara pemberian jahe untuk burung Trucukan dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu secara langsung ataupun dijadikan sebagai air minum.

Jika diberikan secara langsung, silahkan cuci jahe menggunakan air bersih terlebih dahulu, kemudian potong menjadi kecil-kecil seukuran biji jagung. Jika sudah, berikan jahe kepada burung Trucukan secara langsung dengan cara dilolohkan ataupun dicampurkan ke dalam makan utamanya.

Nah, sementara tata cara pemberian menjadi air minum burung Trucukan, kalian bisa merebus jahe dengan air mendidih. Setelah itu, saring sari jahe ke dalam wadah atau cepuk air minuman burung Trucukan. Apabila sudah dingin, silahkan berikan sari rebusan jahe ke burung Trucukan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat jahe untuk burung Trucukan dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan jahe untuk burung Trucukan sebagai pakan tambahannya.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.