Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Manfaat Voer Ayam Untuk Burung Trucukan : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Voer Ayam Untuk Burung Trucukan
Advertisements

Manfaat Voer Ayam Untuk Burung Trucukan – Seperti diketahui, mempunyai sebuah burung Trucukan memang menjadi incaran banyak orang, khususnya bagi kalangan kicaumania. Selain mampu dijadikan sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan, burung Trucukan juga memiliki postur tubuh bagus dan suara merdu sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri.

Agar burung Trucukan bisa mengeluarkan performa maksimalnya seperti suara kicauan merdu, tentunya mereka harus mendapatkan perawatan yang baik dan benar dari pemiliknya. Selain pola perawatan harian, pemberian pakan burung Trucukan juga perlu diperhatikan, entah itu pakan utama maupun pakan tambahan (ekstra fooding).

Advertisements

Berbicara mengenai pakan tambahan, saat ini sebenarnya beberapa penggemar menemukan beberapa jenis makanan yang bisa membuat burung Trucukan semakin gacor, salah satunya yaitu voer ayam. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya voer ayam sendiri memiliki kandungan nutrisi dan gizi lumayan tinggi sehingga mampu mencukupi kebutuhan asupan Trucukan.

Oleh sebab itu, jika diantara kalian berencana memberikan voer ayam untuk burung Trucukan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat voer ayam untuk burung Trucukan dilengkapi dengan cara dan waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Voer Ayam

Kandungan Voer Ayam

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat voer ayam untuk burung Trucukan berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi di dalam jenis pakan tambahan tersebut. Adapun beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam voer ayam tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Vitamin.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Serat kasar.

Manfaat Voer Ayam Untuk Burung Trucukan

Manfaat Voer Ayam Untuk Trucukan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi voer ayam, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaatnya bagi burung Trucukan. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai manfaat voer ayam untuk burung Trucukan, entah itu Trucukan jantan ataupun betina.

Advertisements

1. Menambah Stamina Burung Trucukan

Manfaat voer ayam pertama untuk salah satu jenis burung peliharaan ini yaitu bisa dijadikan sebagai penambah stamina. Hal tersebut dikarenakan voer ayam memiliki kandungan protein dan lemak cukup tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai sumber tenaga. Pada intinya, pemberian voer ayam mampu membuat burung Trucukan bisa mengeluarkan performa maksimalnya.

2. Membuat Tubuh Burung Trucukan Tetap Fit

Manfaat voer ayam untuk Trucukan selanjutnya yaitu mampu menjaga agar tubuh burung tetap dalam kondisi fit. Bahkan voer ayam juga bisa diberikan saat musim dingin atau hujan supaya suhu tubuh burung Trucukan tetap hangat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Dengan kata lain, voer ayam mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung Trucukan.

3. Membuat Burung Trucukan Lebih Aktif

Seperti sudah disinggung sebelumnya, voer ayam mampu menambah stamina atau tenaga burung Trucukan. Ketika stamina burung Trucukan tetap terjaga, maka dapat dipastikan bahwa perilakunya juga akan semakin aktif. Jadi, voer ayam bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk membuat Trucukan ropel panjang.

4. Menghemat Pemberian Jangkrik

Manfaat voer ayam bagi burung Trucukan terakhir yaitu berguna untuk menghemat pemberian pakan tambahan lainnya seperti jangkrik, kroto ataupun ulat hongkong. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab pemberian voer ayam untuk burung Trucukan sendiri pada awalnya bertujuan untuk menghemat pemberian ekstra fooding (EF) karena harganya yang cenderung lebih murah.

Cara Pemberian Voer Ayam Untuk Burung Trucukan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa saja manfaat voer ayam untuk burung Trucukan, entah itu Trucukan jantan maupun betina. Perlu diingat, pemberian voer ayam untuk burung Trucukan juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan.

Umumnya para penggemar burung Trucukan memberikan voer ayam sebanyak 2 sampai 3 butir setiap harinya. Di samping itu, ada juga beberapa penggemar Trucukan di luar sana yang memberikan voer ayam dengan cara mencampurkannya ke dalam voer burung.

Untuk porsi pemberian campuran pakan voer burung dan voer ayam sendiri sebaiknya dilakukan dengan perbandingan 3:1. Selama pemberian voer ayam, perhatikan tingkah laku atau perilaku burung Trucukan. Apabila mereka tidak memperlihatkan gerak-gerik aneh, maka lanjutkan pemberiannya.

Efek Samping Voer Ayam Untuk Burung Trucukan

Efek Samping Voer Ayam Untuk Burung Trucukan
Advertisements

Meskipun voer ayam sangat bermanfaat untuk Trucukan, namun perlu diingat bahwa jika porsi pemberiannya dilakukan secara berlebihan, maka akan ada beberapa efek samping negatif bagi burung. Salah satu efek sampingnya yaitu burung Trucukan bisa mengalami over birahi jika mengonsumsi voer ayam secara berlebihan.

Hal ini dikarenakan voer ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bisa membuat birahi burung Trucukan cepat meningkat. Selain itu, voer ayam juga memiliki kandungan nutrisi lemak lumayan tinggi. Jadi, jika pemberiannya dilakukan secara sembarangan, maka bisa membuat berat badan burung Trucukan bertambah (gemuk).

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa voer ayam sebenarnya hanya diberikan sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding untuk burung Trucukan saja. Namun, perlu diingat bahwa pemberian voer ayam untuk burung Trucukan tidak boleh dilakukan sembarangan, karena bisa membuatnya menjadi gemuk.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat voer ayam untuk burung Trucukan dilengkapi dengan cara dan waktu ideal pemberian hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan voer ayam untuk burung Trucukan kesayangan.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.