Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

11 Manfaat Telur Puyuh Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kenari

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kenari – Seperti diketahui, telur puyuh merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat bagus dan bermanfaat untuk tubuh manusia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya nutrisi yang terdapat pada telur puyuh sendiri 3 sampai 4 kali lipat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan gizi pada telur ayam.

Bahkan beberapa kicaumania juga seringkali memanfaatkan telur puyuh sebagai salah satu jenis pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) bagi hewan peliharaan kesayangannya, termasuk burung Kenari. Memang benar bahwa Kenari merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang gemar memakan pakan biji-bijian, sayuran hingga buah.

Namun, karena kandungan nutrisi dan gizi di dalam telur puyuh sangat tinggi, maka tentunya hal tersebut akan membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh dan metabolisme Kenari tetap terjaga. Akan tetapi, masih ada sebagian besar penggemar Kenari di luar sana kebingungan mengenai bagaimana tata cara pemberiannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana memberikan Kenari telur puyuh sebagai pakan tambahannya, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa khasiat ataupun manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat telur puyuh untuk Kenari dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Telur Puyuh

Kandungan Nutrisi Telur Puyuh

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat telur puyuh lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam pakan tambahan bagi Kenari berupa telur puyuh tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Energi.
  • Protein.
  • Kalsium.
  • Riboflavin.
  • Vitamin B12.
  • Karbohidrat.
  • Vitamin B6.
  • Natrium.
  • Vitamin E.
  • Lemak.
  • Asam Phantothenat.
  • Besi.
  • Selenium.
  • Kolin.
  • Fosfor.
  • Kolesterol.
  • Kalium.
  • Vitamin K.
  • Niasin.
  • Seng.
  • Tembaga.
  • Magnesium.
  • Mangan.
  • Lutein+zeaksantin.
  • Vitamin A.
  • Thiamin.

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kenari

Manfaat Telur Puyuh Untuk Burung Kenari

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan telur puyuh sebagai pakan tambahan bagi Kenari yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah manfaat telur puyuh untuk Kenari semua jenis berikut ini.

1. Menaikkan Birahi Kenari

Manfaat telur puyuh pertama untuk burung Kenari yaitu mampu menaikkan atau mendongkrak birahinya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat apabila Kenari kesayangan kalian kurang fighter karena birahinya rendah. Ketika birahi Kenari tinggi, maka akan membuatnya menjadi cepat kawin dengan pasangan.

2. Menambah Stamina Kenari

Seperti halnya manfaat daun ginseng untuk Kenari, ternyata telur puyuh juga mampu menambah stamina dan tenaga Kenari. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya telur puyuh mempunyai kandungan protein sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan stamina Kenari.

3. Membuat Kenari Rajin Bunyi

Kenari macet atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali mungkin menjadi salah satu permasalahan cukup serius yang seringkali penggemarnya alami. Untungnya, saat ini beberapa orang menganggap bahwa telur puyuh bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi Kenari macet bunyi.

4. Memperlancar Pencernaan Kenari

Kemudian manfaat telur puyuh untuk Kenari selanjutnya yaitu mampu mengatasi dan memperlancar sistem pencernaannya. Hal ini dikarenakan tekstur telur puyuh sangat lembut sehingga mampu membuat pencernaan Kenari yang sebelumnya sakit akan segera sembuh setelah mengkonsumsinya.

5. Meningkatkan Nafsu Makan Kenari

Tidak hanya memperlancar sistem pencernaannya saja, namun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam telur puyuh juga mampu meningkatkan nafsu makan Kenari. Seperti halnya pemberian jahe untuk Kenari, sebaiknya berikanlah Kenari telur puyuh agar nafsu makannya meningkat.

6. Mempercepat Pertumbuhan Kenari

Bagi kalian yang memiliki Kenari anakan ataupun Kenari muda, ada baiknya berikanlah pakan tambahan telur puyuh secara rutin. Dimana pemberian telur puyuh untuk Kenari ini akan membantu mempercepat pertumbuhannya. Di samping itu, telur puyuh juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk Kenari piyik yang belum bisa makan voer atau milet.

7. Menjaga Kondisi Kesehatan Kenari

Menjaga kondisi kesehatan tubuh dan badan Kenari menjadi salah satu manfaat telur puyuh selanjutnya. Kandungan senyawa lutein dan zeaksantin pada kuning telur puyuh diklaim sangat baik untuk kesehatan Kenari. Dengan kata lain, apabila Kenari mengkonsumsi telur puyuh secara rutin, maka mereka akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

8. Membuat Tubuh Kenari Berisi

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, telur puyuh mampu meningkatkan nafsu makan Kenari. Hal tersebut tentunya juga akan berhubungan dengan proses peningkatan berat badan atau tubuh Kenari. Jadi, Kenari yang mengkonsumsi telur puyuh secara rutin akan membuatnya menjadi berisi dan gemuk.

9. Membantu Mengatasi Stres Kenari

Manfaat telur puyuh berikutnya yaitu mampu membantu menyembuhkan stres Kenari. Biasanya stres sendiri bisa terjadi apabila Kenari baru berpindah tangan dari pemilik lama ke pemilik baru. Hal ini dikarenakan suasana sangkar atau kandang dan lingkungan sekitar yang berbeda mungkin akan membuat Kenari stres.

10. Mempercepat Proses Penyembuhan Penyakit Kenari

Seperti diketahui, Kenari yang terkena penyakit atau trauma akan sulit sekali mengembalikan mentalnya. Pada kondisi tersebut, biasanya mereka akan menjadi kurang percaya diri dan bahkan macet bunyi. Maka dari itu, untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, sebaiknya berikan Kenari telur puyuh secara rutin.

11. Memperbaiki Gizi Kenari

Manfaat telur puyuh terakhir untuk Kenari yaitu mampu memperbaiki nilai gizi di dalam tubuhnya. Pasalnya, Kenari sendiri membutuhkan suplemen hewani yang bisa di dapatkan dari telur puyuh. Dengan pemberian telur puyuh secara rutin maka akan membuat Kenari terhindar dari lemas lesu dan malas bunyi.

Cara Pemberian Telur Puyuh Untuk Kenari

Setelah mengetahui sejumlah manfaat telur puyuh untuk Kenari semua jenis berdasarkan kandungan nutrisi dan gizinya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik cara pemberian telur puyuh untuk Kenari di bawah ini.

  1. Pertama-tama, telur puyuh direbus terlebih dahulu sampai matang.
  2. Kemudian belah telur menjadi dua atau kupas cangkangnya.
  3. Setelah itu gantungkan telur puyuh pada dinding sangkar Kenari.
  4. Kalian juga bisa menghancurkan telur puyuh dengan jari, lalu masukkan ke dalam cepuk makan.
  5. Selain itu, pemberian telur puyuh untuk Kenari juga bisa dilakukan dengan mencampurkannya ke dalam minyak ikan, lalu sajikan menggunakan cepuk kecil.

Sebelum memberikan Kenari telur puyuh sebagai pakan tambahannya, pastikan bahwa pakan tersebut sudah dibersihkan dari berbagai macam serangga yang menempel. Sementara untuk waktu ideal pemberian telur puyuh untuk Kenari sendiri sebaiknya dilakukan setiap 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Efek Samping Telur Puyuh Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat telur puyuh untuk Kenari dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Perlu diingat, pemberian telur puyuh untuk Kenari harus dilakukan sesuai dengan porsinya, tidak kurang ataupun tidak lebih.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pemberian telur puyuh secara berlebihan akan memberikan efek samping negatif bagi Kenari, salah satunya yaitu over birahi (OB). Selain itu, apabila Kenari mengkonsumsi secara berlebihan, maka bisa menyebabkan obesitas ataupun kegemukan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat telur puyuh untuk Kenari semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan telur puyuh sebagai pakan tambahan bagi Kenari kesayangan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.