Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

20 Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok
Advertisements

Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok – Seperti diketahui, jahe dikenal sebagai salah satu jenis rempah-rempah yang kaya akan kandungan nutrisi, terutama untuk mendukung kesehatan tubuh. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh manusia saja, namun jahe juga seringkali dimanfaatkan untuk mendukung kesehatan ayam aduan, khususnya ayam bangkok.

Dimana para penggemar ataupun peternak ayam bangkok menjadikan jahe sebagai jamu atau sebuah ramuan khusus supaya hewan peliharaannya tersebut bisa mengeluarkan performa maksimalnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jumlah kandungan zat di dalam jahe terbukti ampuh untuk kesehatan ayam bangkok.

Advertisements

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya bagi pemula di dunia ayam aduan yang mengeluhkan mengenai bagaimana tata cara pemberiannya. Secara garis besarnya, pemberian rempah-rempah seperti jahe untuk jenis ayam aduan dilakukan sesuai dengan tujuan atau manfaat pemberiannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan jahe untuk ayam bangkok kesayangan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap terkait manfaat jahe untuk ayam bangkok dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Jahe

Kandungan Nutrisi Jahe

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat jahe untuk ayam bangkok lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizinya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam rempah-rempah jahe tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Air.
  • Protein.
  • Glukosa.
  • Serat Kasar.
  • Lemak kasar.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Vitamin D.
  • Vitamin E.
  • Vitamin B2 ( riboflavin).
  • Vitamin B1 ( Thiamine).
  • Vitamin B3 (Niacin).
  • Vitamin B5 (panthothenic).
  • Vitamin B9 (folat).
  • Kalsium (Ca).
  • Zat besi.
  • Posphor.
  • Kalium.
  • Seng (zinc).

Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok Semua Jenis
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jahe mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jenis ayam aduan, termasuk ayam bangkok. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap sejumlah manfaat jahe untuk ayam bangkok, entah itu ayam jantan maupun betina.

Advertisements

1. Meningkatkan Stamina Ayam Bangkok

Perlu diketahui, pada umumnya botoh menggunakan jahe untuk dijadikan sebagai bahan racikan atau ramuan jamu penambah stamina ayam bangkok. Karena bisa meningkatkan stamina atau energi tersebut, maka jahe juga bisa dimanfaatkan untuk memperpanjang nafas ayam aduan sehingga mentalnya bisa lebih terjaga.

2. Mengurangi Rasa Sakit Pada Ayam Bangkok

Kemudian manfaat jahe untuk ayam bangkok selanjutnya yaitu sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit pada saat mereka mengalami cedera setelah bertarung dengan lawan. Untuk pemberiannya sendiri biasanya dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu dijadikan sebagai air minum ataupun diberikan secara langsung.

3. Sebagai Obat Anti Peradangan Ayam Bangkok

Seperti halnya manfaat kencur untuk ayam bangkok, jahe juga ternyata bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan ataupun peradangan cedera. Seperti diketahui, peradangan pada ayam bangkok yang dibiarkan begitu saja akan berdampak buruk untuk kesehatannya, seperti ayam menjadi kurang nafsu makan atau bahkan ayam nyilet.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan Ayam Bangkok

Jahe mempunyai ekstrak minyak yang mampu menyehatkan pola pencernaan ayam bangkok hingga lepas dari semua permasalahan bakteri atau kuman jahat, hampir sama seperti manfaat bawang merah. Dimana ayam yang pencernaannya tidak sehat sendiri dapat dilihat melalui beberapa gejala atau ciri, mulai dari kurangnya nafsu makan serta indikasi munculnya sebuah penyakit.

5. Menurunkan Berat Badan Ayam Bangkok

Menurunkan berat badan menjadi salah satu manfaat jahe untuk ayam bangkok selanjutnya. Memang benar bahwa ayam gemuk memang bagus, namun jika tingkat gemuknya berlebihan maka justru bisa berpengaruh negatif. Oleh sebab itu, cobalah berikan jahe secara rutin dan teratur agar tubuh ayam bangkok bisa lebih proporsional.

6. Meningkatkan Produktivitas Ayam Bangkok

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, jahe memiliki kandungan anti oksidan serta androgenik. Menurut beberapa analisa dan penelitian dari tim ahli gizi, disimpulkan bahwa jahe bisa menaikkan banyaknya hormon testosteron sehingga mampu membantu meningkatkan produktivitas unggas, termasuk ayam bangkok.

7. Menetralkan Suhu Tubuh Ayam Bangkok

Manfaat jahe terakhir untuk ayam bangkok yaitu dapat dijadikan untuk menetralkan suhu tubuhnya. Ayam bangkok sendiri terkenal sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit, khususnya saat kondisi cuaca di lingkungan sekitar terlalu dingin. Jadi, pemberian jahe akan sangat bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh ayam bangkok tetap stabil.

Cara Pemberian Jahe Untuk Ayam Bangkok

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai kandungan nutrisi dan gizi beserta manfaat jahe untuk ayam bangkok, entah itu ayam bangkok jantan maupun betina. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya untuk ayam bangkok.

Pemberian jahe untuk ayam bangkok sebenarnya dapat disesuaikan dengan tujuan ataupun kegunaannya. Namun, pada intinya pemberian jahe ditujukan untuk mendukung kesehatan tubuh ayam bangkok. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tata cara pemberian jahe untuk ayam bangkok.

  • Jadi dijadikan sebagai ramuan dengan tambahan bahan-bahan lainnya seperti kuning telur, gula merah, madu dan lain sebagainya.
  • Jahe dipotong kemudian dilolohkan secara langsung kepada ayam bangkok.
  • Jahe diparut lalu diperas dan dijadikan sebagai air minum ayam bangkok.

Perlu diingat, untuk dosis atau porsi pemberian jahe untuk ayam bangkok sendiri sebenarnya dapat disesuaikan dengan umur ayam. Namun, pastikan bahwa pemberian jahe untuk ayam bangkok tidak berlebihan. Sebab jika pemberian jahe untuk ayam bangkok berlebihan, maka akan membuat tubuhnya terasa panas.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat jahe untuk ayam bangkok semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan jahe untuk ayam bangkok kesayangan di rumah.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.