Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Manfaat Timun Untuk Lovebird (Cara & Waktu Pemberian)

Manfaat Timun Untuk Lovebird

Manfaat Timun Untuk Lovebird – Seperti halnya manusia, burung Lovebird juga membutuhkan asupan vitamin yang lengkap setiap harinya. Dimana dengan asupan vitamin tersebut bisa membuat tubuh Lovebird selalu sehat dan vit sehingga dapat mengeluarkan suara lebih gacor.

Meskipun pakan utama burung Lovebird ialah biji-bijian, namun terkadang beberapa penghobinya kerap memberikan sayuran sebagai pakan tambahan. Salah satu sayuran yang memiliki khasiat atau kandungan sangat tinggi bagi kesehatan burung Lovebird yaitu timun.

Mungkin masih ada beberapa penghobi Lovebird di luar sana khususnya pemula yang belum mengetahui mengenai pemberian timun sebagai pakan tambahan burung Lovebird. Padahal sebenarnya sayuran tersebut memiliki banyak sekali manfaat untuk burung Lovebird, baik itu Lovebird lomba ataupun ternak.

Maka dari itu, jika kalian hendak memberikan Lovebird timun, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat timun untuk Lovebird dilengkapi dengan waktu beserta cara pemberiannya.

Manfaat Timun Untuk Lovebird

Perlu diketahui, di dalam timun terdapat berbagai macam kandungan gizi, mulai dari vitamin K, vitamin C, vitamin A, kalium, magnesium dan lain sebagainya. Namun, secara garis besar timun memiliki kandungan air sebanyak 95% dan selebihnya yaitu kandungan gula.

Karena kaya akan kandungan gizi tersebutlah membuat timun kerap diberikan sebagai pakan tambahan untuk burung Lovebird. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik manfaat timun untuk Lovebird di bawah ini, entah itu untuk Lovebird jantan dan betina.

1. Mencegah Lovebird Dehidrasi

Manfaat timun pertama yaitu bisa membuat Lovebird tetap sehat dan bugar serta terhindar dari dehidrasi. Sebab, kandungan air di dalam timun dapat lebih cepat di serap oleh tubuh Lovebird. Mineral serta vitaminnya juga sangat cukup sehingga membuat Lovebird tetap vit.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan Lovebird

Mungkin manfaat timun selanjutnya ini hampir sama seperti manfaat kangkung untuk Lovebird. Dimana timun dapat membantu memperlancar sistem pencernaan burung Lovebird. Dengan pemberian timun secara teratur, maka bisa mencegah Lovebird terserang penyakit seperti konstipasi, maag hingga gastritis.

3. Mencegah Kesehatan Paruh Lovebird

Timun yang memiliki kandungan serat, air serta memiliki sifat dingin dinilai dipercaya mampu menjaga kesehatan paruh Lovebird. Hal ini dikarenakan timun memiliki sifat mampu untuk mengatasi masalah peradangan paruh hingga radang gusi.

4. Mencegah Lovebird Terkena Penyakit Snot

Manfaat selanjutnya yaitu bisa mencegah Lovebird terkena penyakit snot atau penyakit mata berair. Sebab, timun memiliki kandungan vitamin A layaknya wortel sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi Lovebird, khususnya untuk kesehatan mata.

5. Menjaga Bulu Lovebird Tetap Mulus

Biasanya bulu Lovebird yang tidak rapi seperti acak-acakan dan kusam menandakan bahwa kondisi tubuhnya kurang sehat. Untungnya, kalian bisa mengunakan timun untuk menjaga kesehatan bulu Lovebird supaya tetap mulus. Biji timun juga mempunyai kandungan vitamin E dan potasium yang bermanfaat dalam hal regenerasi sel kulit serta bulu.

6. Menurunkan Birahi Lovebird

Manfaat timun terakhir yaitu bisa mengatasi Lovebird over birahi. Lovebird yang tingkat birahinya sangat tinggi tentunya tidak baik, terutama pada saat burung akan mengikuti lomba atau kontes. Dimana keadaan tersebut akan membuat Lovebird meloncat kesana kemari sehingga tidak bisa diam berkicau ngerol.

Cara Pemberian Timun Untuk Lovebird

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa saja manfaat timun untuk Lovebird, baik itu Lovebird lomba ataupun ternakan. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara serta waktu ideal pemberian timun untuk Lovebird.

Sebenarnya proses pemberian timun untuk Lovebird bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu secara utuh ataupun dijadikan sebagai minuman. Jika hendak memberikan dalam bentuk pakan utuh, maka kalian hanya perlu menyediakan timun segar di sangkar atau kandang Lovebird.

Namun, jika ingin memberikan timun dalam bentuk minuman, maka kalian perlu menjadikannya sebagai infus water. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah tata cara pemberian timun untuk Lovebird sebagai infus water.

  1. Siapkan 1 buah timun segar.
  2. Kupas timun dan potong menjadi kecil-kecil.
  3. Selanjutnya masukkan potongan timun tersebut ke dalam botol plastik ukuran 1.5 liter.
  4. Kemudian isi botol tersebut dengan air matang.
  5. Silahkan masukkan ke dalam kulkas lalu diamkan selama 2 sampai 5 jam.
  6. Setelah itu, keluarkan botol dan diamkan selama 1 jam supaya tidak terlalu dingin.
  7. Terakhir berikan infus water tersebut ke dalam wadah minuman di dalam sangkar Lovebird.

Waktu ideal pemberian infus water ini sebenarnya dapat dilakukan baik itu di pagi hari ataupun di sore hari. Akan lebih baik jika pemberian infus water timun ini dilakukan secara rutin selama 1 sampai 2 minggu supaya manfaatnya bisa lebih terasa.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat timun untuk Lovebird dilengkapi dengan waktu ideal serta tata cara pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan timun untuk Lovebird.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *