Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Burung Lovebird

JENIS BURUNG LOVEBIRD

Jenis Burung Lovebird – Lovebird merupakan salah satu jenis burung nuri atau beo, yang masuk dalam genus Agapornis. Burung ini berasal dari Afrika, dan hingga saat ini masih ada 9 spesies yang telah teridentifikasi.

Spesies tersebut adalah asli galur murni, atau bukah jenis hasil dari perkawinan silang. Saat ini, ada sekitar 30 Spesies Lovebird yang merupakan jenis asli dan hasil rekayasa genetika atau perkawinan silang.

Terkenal sebagai burung yang sangat mudah untuk dijinakan dan memiliki ciri fisik menarik. Selain itu, burung tersebut juga memiliki suara kicau khas, seperti ngekek panjang.

Tak heran, kini banyak pecinta burung kicau yang menginginkan burung Lovebird. Jika kalian berminat untuk memelihara, maka kalian perlu tahu apa saja jenis burung Lovebird tersebut.

Jenis Burung Lovebird

Banyak para penangkar melakukan rekayasa genetika atau perkawinan silang. Bahkan, dengan melakukan hal tersebut maka akan hadir atau menghasilkan corak warna yang semakin beragam.

Jenis Lovebird

Jenis Lovebird tentunya sangat banyak sekali, namun yang akan kami bahas selengkapnya ada pada ulasan berikut ini. Kalian bisa langsung simak dengan baik-baik beberapa diantaranya seperti di bawah ini.

1. Lovebird Muka Salem

Muka Salem

Lovebird Muka Salem merupakan ras asli yang banyak dijumpai di daratan namib, sekitar barat daya Afrika. Burung ini memiliki tubuh kecil dengan panjang sekitar 17 hingga 18 cm saja. Panjang sayapnya rata-rata yaitu 106 mm dan ekornya 44 sampai 52 mm.

Lovebird tersebut memiliki bulu yang sebagian besar didominasi oleh warna hijau, pantat dan punggung berwarna biru, sedangkan wajah berwarna pink atau merah muda dengan paruh berwarna kuning gading.

2. Lovebird Fischery

Fischer

Ditemukan pada abad ke-19 dan diberi nama seperti penjajah yang berasal dari jerman yaitu Gustav Fischer. Sama dengan ras asli lainnya, tubuhnya didominasi oleh warna hijau pada bagian dada, punggung, dan sayapnya.

Pada bagian kepala sisi atasnya berwarna hijau zaitun, dengan paruh berwarna merah terang. Sedangkan lehernya berwarna kuning keemasan atau oranye gelap. Sedangkan papa bagian ekornya berwarna biru atau ungu.

3. Lovebird Pipi Hitam

Pipi Hitam

Lovebird pipi hitam ini merupakan jenis monotypic, terkadang juga dianggap ras jenis Nyasa. burung ini dapat dijumpai di daerah Zambia barat daya. Kemudian, ciri burung tersebut adalah memiliki bulu berwarna hijau dengan panjang tubuh sekitar 14 cm saja.

Bagian belakang kepalanya berwarna coklat, sedangkan pada bagian depan berarna cenderung kemerahan. Selain itu, pada bagian dada sisi atas berwarna oranye, paruh berwarna merah, dan berkacamata putih.

4. Lovebird Nyasa

Nyasa

Lovebird Nyasa atau bisa disebut dengan nama lain Lilian, burung ini merupakan salah satu jenis endemik yang banyak ditemukan di daratan Zambia, Malawi, Zimbabwe, Tanzania, dan Mozambik. Burung tresebut memiliki panjang tubuh sekitar 13 cm.

Sebagian besar area tubuhnya didominasi bulu berwarna hijau, termasuk pada bagian pantat dan punggungnya. Pada leher, kepala, dan dadanya berwarna oranye cerah. Pada sekeliling area matanya juga terdapat klep berwarna putih.

5. Lovebird topeng

Topeng

Lovebird ini sering disebut dengan nama lain seperti Personata, burung ini memiliki wajah hitam dengan kacamata berwarna putih. Pupil matanya berwarna cokelat, sehingga nampak seperti menggunakan topeng.

Ukuran tubuhnya sekitar 15 cm, dengan banyak varian mutasi warna akibat persilangan genetik. Beberapa jenis warna yang cukup khas yakni seperti sedikit kehitaman dan paruh berwarna merah terang. Pada dadanya berwarna kuning cerah atau oranye.

6. Lovebird Abisinia

Abinisia

Lovebird sayap hitam atau yang lebih dikenal dengan nama Abysisinian merupakan salah satu spesies terbesar. Karena, panjang tubuhnya ini mencapai 16 cm. Kemudian, sebagian besar tubuhnya diselimuti bulu berwarna hijau dengan ujung sayap atau bulu rum berwarna hitam.

Pada burung dengan jenis kelamin jantan memiliki dahi dan cicin di sekitar matanya berwarna merah. Burung tresebut berasal dari Ethiopia dan Eritharea. Memiliki ekor berwarna hitam dan sering ditemui di daerah pegunungan atau daratan tinggi.

7. Lovebird Madagaskar

Madagaskar

Burung ini adalah salah satu spesies dengan ukuran terkecil, diantara jenis Lovcebird lainnya. Ciri tubuhnya yaitu dengan adanya bulu dengan didominasi antara warna putih, hijau muda dan hijau tua. Paruhnya berwarna abu-abu. Habitat aslinya yaitu berada di daratan Madagaskar, Afrika.

8. Lovebird Muka Merah

Muka Merah

Burung tersebut berasal dari Afrika, dengan memiliki panjang tubuh sekitar 15 cm. Seperti namanya, Lovebird ini memiliki muka yang berwarna marah, ataupun cenderung oranye. Pada Lovebird dengan jenis kelamin jantan yaitu memiliki paruh berwarna merah terang. Sedangkan pada betina yaitu dengan warna sedikit lebih pucat.

9. Lovebird Berkerah Hitam

Kerah Hitam

Lovebir ini memiliki bulu berwarna hijau, dengan bagian leher memiliki sedikit warna coklat. Kemudian, pada bagian belakang leher, biasanya terdapat garis berwarna hitam seperti membentuk kerah. Pada bagian dadanya berwarna merah kecoklatan, dan paruh serta kakinya berwarna abu-abu gelap. Serta, burung tersebut memiliki iris mata berwarna kuning terang.

10. Lovebird Lutino

Lutino

Jenis ini merupakan hasil mutasi daripada jenis Lovebird Muka Salem. Memiliki panjang tubuh sekitar 16-18 cm, dengan bulu berwarna kuning cerah, namun pada bagian kepalanya berwarna oranye. Pada bagian matanya ada, yang memiliki warna hitam dan ada pula yang berwarna merah.

11. Lovebird Blorok

Blorok

Lovebird Blorok ini adalah salah satu jenis yang memilioki gradasi warna yang tersusun berantakan, nampak terlihat unik. Gradasi warna tersebut pun tidak terdiri dari satu jenis warna, namun ada banyak warna. Maka dari itu, keunikan warna yang dimiliki membuat burung tersebut memiliki harga jual yang cukup mahal.

12. Lovebird Pastel

Pastel

Lovebird Pastel ini tidak jauh berbeda jauh dengan jenis lutino, hanya saja burung tersebut memiliki bulu dengan warna tidak secerah atau terlalu terang seperti halnya jenis lutino. Burung tersebut memiliki paruh berwarna merah, dengan lingkar klep berwarna putih.

Lovebird tersebut juga memiliki varian warna lainnya, seperti Pastel kuning, putih, biru, hijau, dan lain-lain. Sedangkan untuk ukuran tubuhnya yaitu hanya sekitar 16 cm saja.

13. Lovebird Australian Cinnamon

Australian Cinamon

Ciri fisik burung tersebut juga tidak berbeda jauh dengan jenis pastel. Karena, memiliki warna bulu yang lebih soft atau tidak terlalu mencolok. Burung tersebut memiliki mata berwarna hitam, paruh berwarna oranye cerah, sehingga membuat burung tersebut terlihat elegant.

14. Lovebird Albino

Albino

Lovebird ini adalah salah satu spesies yang sangat simple, yaitu karena hampir keseluruhan tubuhnya berwarna putih polos. Namun, burung tersebut tercipta karena adanya kelainan pigmen kulit, yang menjadikan bulu dan kulitnya berwarna putih.

15. Lovebird Biru Mangsi

Mangsi

Burung ini memiliki bulu dengan didominasi warna biru. Dengan kaki berwarna kebiruan, kemudian pada leher dan paruhnya berwarna putih. Terkadang ada jenis Lovebird Mangsi yang memiliki kepala dengan ada sedikit warna hitam, bahkan sampai full hitam. Hal tersebut karena adanya rekayasa genetik, yang dilakukan untuk menghasilkan jenis baru.

16. Lovebird Biru Cobalt

Cobalt

Kemudian, jenis biru cobalt ini masih hampir sama denga jenis mangsi, hanya saja Cobalt memiliki warna biru yang cenderung kusam seperti biru langit, Atau tida secerah jenis Mangsi. Ciri fisik lainnya yaitu pada bagian leher dan paruhnya berwarna putih, pada bagian atas kepalanya berwarha hitam. Pada ujung sayap serta ekornya biasanya berwarna hitam. Bagian sekeliling matanya juga terdapat klep berwarna putih.

17. Lovebird Violet

Violet 1

Pada bagian tubuh jenis ini yaitu memiliki bului berwarna violet atau biru gelap keunguan. Sedangkan pada bagian leher dan dadanya berwarna putih. Kepalanya juga terdapat bulu berwarna hitam, dengan lingkar klep berwarna putih. Meskipun hampir serupa dengan jenis mangsi dan cobalt, namun harga Lovebird Violet jauh lebih tinggi jika dibandingkan jenis tersebut.

18. Lovebird Batman

Batman

Burung tersebut memiliki sayap dengan warna hitam yang cukup khas, kemudian, pada tubuhnya berwarna abu-abu muda. Bentuk matanya bulat dengan adanya klep berwarna putih. Sedangkan pada paruhnya sendiri yaitu berwarna putih kekuningan. Pada umumnya, pada bagian leher LOVEBIRD BATMAN juga terdapat bulu berwarna putih, yang terbentuk melingkar seperti halnya menggunakan kalung.

19. Lovebird Merah

Lovebird Merah

Jenis ini merupakan salah satu spesies langka, dan cara mendapatkannya juga sangat sulit. Karena, dari beberapa gen yang disilangkan belum tentu akan menghasilkan warna serupa. Burung tersebut didominasi oleh bulu yang berwarna merah menyala atau cenderung keoranye. Pada bagian sayapnya juga terdapat bulu berwarna putih dan menambah keindahannya.

20. Lovebird Olive

Jenis Burung Lovebird Olive

Jenis ini merupakan hasil dari rekayasa genetika yang di lakukan para penangkar. Pada umumnya, jenis ini memiliki perpaduan warna antara hijau gelap dan kuning cerah. Pada bagian punggung dan sayap berwarna hijau gelap, sedangkan warna kuning terdapat pada bagian sayap dan warna hitam pada bagian ujung ekornya. Jenis ini juga memiliki bulu seperi kalung berwarna kuning serta memiliki tudung, bahkan topeng berwarna hitam pekat di bagian kepalanya. Serta, memiliki lingkar klep berwarna putih seperti halnya dengan jenis lainnya

21. Lovebird Parblue

Jenis Burung Lovebird Parblue

Lovebird Parblue ini memiliki variasi warna bulu tubuh yang cukup banyak. Namun, pada bagian kepalanya yaitu berwarna kuning menyala, pada bagian sayapnya sendiri yaitu berwarna biru keputihan, serta ujumh ekor dan sayap berwarna hitam pekat.

22. Lovebird Biola

Jenis Burung Lovebird Biola

Lovebird Biola ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak diminati. Hal tersebut karena burung ini memiliki variasi warna bulu yang cukup bervariasi dan terkesan sangat indah. Bahkan belakangan ini banyak penangkar yang menyilangkan jenis tersebut dengan jenis gen lainnya, sehingga menghasilkan beberapa warna menarik. Bulu bagian sayap terlihat seperti membentuk pola batik dengan warna bulu yang menyala.

23. Lovebird Dakocan

Jenis Burung Lovebird Dakocan

Ciri fisik Lovebird ini yaitu dengan adanya warna hijau pada bagian tubuh, serta pada bagian leher yang berwarna kuning atau oranye. Pada bagia kepalanya juga terdapat tudung atau topeng berwarna hitam, lengkap dengan kacamata berwarna putih.

Pada bagian pparuhnya yaitu berwarna merah, ekor berwarna hitam. Jenis ini merupakan salah satu yang baling sensitif, tetapi terkenal sangat ramah dengan lingkungan barunya.

24. Lovebird Dakori

Jenis Burung Lovebird Dakori

Tak berbeda jauh dengan Lovebird Dakocan, Lovebird Dakori ini juga memiliki bului berwarna hijau dengan sentuhan warna kuning pada bagian lehernya. Paruh berwarna merah, serta memiliki kacaamata berwarna putih. Pada bagian kepalanya juga terdapat topeng berwarna hitam, namun tidak terlalu pekat seperti halnya Lovebird Dakocan.

25. Lovebird Euwing

Jenis Burung Lovebird Euwing

Pemberian nama burung tersebut juga tak lain karena adanya corak pada bagian sayapnya yang membentuk seperti huruf V. Karena, adanya masalah pada kurangnya zat Eumelamin pada bulu sayapnya. Burung tersebut terlihat sangat cantik dengan perbaduan warna tersebut, pada ujung sayapnya yaitu terdapat warna hitam yang lebih pekat, setelah bulu dengan warna yang lebih cerah.

26. Lovebird Import Holland

Jenis Burung Lovebird Import Holland

Bulunya terlihat lebih mengkilap dengan warna cera, serta lebih bersih jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Beberapa Spesies diantaranya memiliki perpaduan gradasi warna unik. Namun, sedikit sepesies yang tampak seperti Lovebird pada umumnya. Yaitu memiliki bulu berwarna hijau, kepala hitam dan merah, serta pada bagian leher dan dadanya berwarna kuning.

27. Lovebird Pale Fallow

Jenis Burung Lovebird Pale Fallow

Burung ini merupakan salah satu jenis hasil mutasi dari spesies lutino dan albino. Jika dilihat sekilas melalui warna bulunya, Lovebird ini nampak anggun dan terlihat bersih. Meskipun berasal dari gen Albino, tetapi Lovebird ini memiliki kuku dan paruh berwarna kuning terang, tidak putih seperti indukan gen aslinya. Kemudian, untuk matanya yaitu berwarna merah cerah.

28. Lovebird Misty

Jenis Burung Lovebird Misty

Lovebird ini memiliki warna seperti kabut tebal, namun terkesan gagah dengan corak tersebut. Warna yang terkesan lusuh dan kusam , namun saat terkena sinar matahari secara langsung akan berubah menjadi sedikit kemerahan dan membuatnya terlihat sangat elegant.

29. Lovebird Slaty

Slaty Adalah Jenis Burung Lovebird

Kemudian, ada pula jenis Lovebird Slaty, jenis ini hampir mirip dengan jenis Batman, hanya saja jenis ini memiliki bulu sayap yang lebih mirip dengan spesies Mouve. Pada bagian dadanya yaitu terdapat bulu berwarna putih bersih, sayapnya berwarna abu-abu kebiruan dengan ujung sayap berwarna kehitaman. Kepalanya juga berwarna hitam, sedangkan paruhnya berwarna putih.

30. Lovebird Halfsider

Jenis Lovebird Halfsider

Jenis ini masih kedalam salah satu spesies Lovebird Blorok. Namun uniknya burung ini memiliki perpaduan dua warna yang terlihat seperti membelah badan menjadi 2 bagian.

Itulah beberapa jenis Lovebird yang ada di seluruh dunia, dan beberapa diantaranya sudah berada di Indonesia. Jenis Lovebird tersebut merupakan jenis ras murni dan diantaranya merupakan hasil rekayasa genetika, hal tersebut juga karena campur tangan manusia atau para penangkar.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan mengenai jenis-jenis burung Lovebird. Diantaranya merupakan jenis ras murni dan lainnya adalah jenis yang dihasilkan karena adanya rekayasa genetika. Semoga dengan kalian membaca artikel ini dapat menjadikan ladang ilmu bagi sobat kicau mania. Terimaksih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perkutut Putih

Hidayat
1 min read

Burung Hantu

Hidayat
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *