Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Mengatasi Kacer Mbagong

Mengatasi Kacer Mbagong

Mengatasi Kacer Mbagong – Ada beberapa jenis burung kicau yang saat ini banyak digemari para kicau mania. Salah satu diantaranya adalah jenis burung Kacer.

Burung dengan nama latin Copsychus Saularis ini memiliki suara kicauan merdu. Serta memiliki ciri unik saat berkicau, seperti halnya sedang menari-nari.

Perilaku tersebut memang bisa dikeluarkan oleh burung Kacer, apabila burung sudah gacor. Kacer ngobra adalah salah satu hal dimana burung tersebut ingin menunjukan bahwa dialah yang berkuasa.

Namun, ketika burung Kacer tidak mendapatkan perawatan yang baik, maka akan terjadi seperti tingkah “Mbagong”. Bagaiana cara mengatasi Kacer Mbagong?

Mengatasi Kacer Mbagong

Jika kalian mengalami hal serupa, sebaiknya kalian lakukan perawatan yang baik terhadap burung tersebut. Karena, dengan memberikan pola perawatan yang baik maka akan menghindarkan Kacer dari perilaku mbagong tersebut.

Apabila pada saat burung mengikuti perlombaan lalu burung Kacer mbagong, maka yang terjadi adalah juri perlombaan akan mendiskualifikasi dari perlombaan. Kalau sudah seperti ini, kalian harus segera menanganinya, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Ciri – Ciri Kacer Mbagong

Ciri Kacer Mbagong

Adapula beberapa perilaku dan ciri fisik yang menandakan burung tersebut mengalami mbagong. Kalian bisa simak beberapa ciri diantaranya seperti berikut ini.

  1. Bulu Kacer menggembung seperti bola, atau akan terlihat gemuk.
  2. Kalau mbagong, burung biasanya akan loncat-loncat pelan.
  3. Suara Kacer mbagong akan terdengar aneh.

Penyebab Kacer Mbagong

Penyebab Kacer Mbagong

Burung Kacer mbagong ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa burung tersebut mbagong. Kalian bisa simak baik-baik penjelasan mengenai penyebabnya seperti di bawah ini.

  1. Perilaku mbagong ini bisa terjadi jika burung kacer tersebut berhadapan dengan lawan yang lebih tangguh dan juga mapan darinya.
  2. Mbagong juga bisa terjadi apabila burung tersebut tidak memiliki tubuh yang benar-benar fit, atau burung dalam kondisi kurang sehat.
  3. Memaksa burung Kacer untuk birahi juga bisa mengakibatkan hal tersebut terjadi.
  4. Pola perawatan yang tidak konsisten juga sangat beresiko untuk burung tersebut mengalami mbagong.
  5. Selain itu, mbagong ini juga bisa terjadi apabila burung memiliki mental yang kurang bagus.

Itulah beberapa faktor atau penyebab burung Kacer mengalami mbagong. Tidak lengkap rasanya jika kita sudah mengetahui penyebabnya, tapi tidak tahu cara mengatasinya. Mari kita simak beberapa langkah untuk mengatasi perilaku mbagong, seperti sebuah ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi

Cara Mengatasi Kacer Mbagong

Apa bila burung Kacer kalian mengalami tanda-tanda akan berperilaku mbagong, maka harus segera ditangani dengan baik. Beberapa langkah penanganannya antara lain adalah :

Pulihkan Kondisi Kacer

  1. Mungkin kacer mbagong tersebut sedang kurang fit, cobalah kalian melihat pada bagian alas sangkar. Biasanya burung yang sedang sakit bisa dilihat pada warna kotorannya seperti mengapur.
  2. Jika kotoran yang dikeluarkan burung tersebut terlihat agak encer dan berair, maka dapat kita simpulkan burung tersebut sedang mengalami sakit pada gangguan pencernaannya. Tentunya gangguan pencernaan ini akan mempengaruhi kebugaran tubuh Kacer. Kondisi tidak sehat akan membuat burung berperilaku mbagong.
  3. Kondisi burung sakit juga bisa diakibatkan dari tingkat stress yang terlalu tinggi. Maka dari itu, sebisa mungkin kalian harus segera menanganinya. Dengan rutin membersihkan kandang, sehingga burung merasa lebih nyaman di dalam sangkarnya.

Perbanyak Pemandian

Dimandikan Rutin
  1. Kemudian, kalian juga harus memperhatikan kebersihan tubuh dan bulu burung. Hal tersebut berguna untuk menghindarkan dari berbagai serangan pernyakit yang diakibatkan karena bakteri.
  2. Kalian bisa memandikan burung dengan menggunakan sprayer, atau juga bisa memandikannya dalam keramba, jika burung sudah terbiasa.
  3. Pada saat memandikan burung, sebaiknya kalian menggunakan shampo khusus burung ataupun VITAMIN BURUNG KACER.
  4. Mandikan burung pada saat matahari sudah mulai terbit. Pada sekitar jam 07.00 sampai jam 08.00 pagi. Lakukan dengan rutin pemandian, agar burung tidak mengalami mbagong.

Sesuaikan Sangkar dan Trek

  1. Langkah selanjutnya untuk mengatasi burung Kacer mbagong ini adalah dengan menyesuaikan sangkar dan treknya. Usahakan untuk tidak menggati sangkar berkali-kali dalam rentan waktu yang cukup singkat. Hal tersebut dapat mengakibatkan burung Kacer mengalami stress, saat itu burung akan mudah sekali untuk mbagong.
  2. Ubahlah sangkar dan trek seperti sebelumnya. Hal tersebut bertujuan agar burung bisa merasa nyaman dengan keadaan di dalam sangkarnya.

Mengatur Pemberian Pakan Tambahan

Atur Pemberian EF
  1. Pemberian ektra fooding juga bisa menjadi penyebab timbulnya perilaku mbagong. Berikan pakan tambahan berupa jangkrik secara tepat dan jangan berlebihan.
  2. Lakukan penambahan atau pengurangan pemberian pakan tambahan secara berkala. Agar burung tidak merasa kaget dengan pola perawatn yang dilakukan dalam masa menangani masalah tersebut.
  3. Selain itu, kalian juga bisa memberikan pakan tambahan berupa ulat bambu sebanyak 2 sampai 3 ekor setiap harinya. Dengan pemberian pakan tersebut, dipercaya mampu mencegah atau mengatasi Kacer Mbagong.

Terapi Kandang Umbaran

Umbaran
  • Kalian juga bisa memanfaatkan kandang umbaran, untuk terapi burung agar burung tidak mengalami mbagong. Yaitu dengan cara memasukan burung ke dalam kandang umbaran, letakan trek berjauhan agar burung bisa terbang kesana-kemari. Dengan melakukan hal tersebut maka akan menjadikan burung terbebas dari perilaku mbagong.

Terapi Mandi Malam

  • Lakukanlah terapi ini secara rutin dan konsisten setiap harinya. Perhatikan pula kondisi cuaca sekitar, dengan melakukan terapi ini dipercaya dapat menjauhkan resiko burung mengalami mbagong.

Pengisolasian di Tempat Nyaman

  • Lakukanlah pengisolasian, hal ini berguna untuk memperbaiki mental burung yang rusak. Proses terapi ini bisa kalian jalani selama 2 minggu hingga 1 bulan.

Di atas ini adalah pembahasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi Kacer mbagong. Tetap jaga kualitas burung andalan kalian, sehingga dapat terhindar dari perilaku tersebut dan menjadikan Kacer kalian memiliki kualitas juara.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan mengenai bagaimana cara mengatasi Kacer mbagong. Lengkap dengan memberikan ciri-ciri, serta metode perawatan harian guna untuk menghindarkan kacer mengalami hal tersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *