Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Murai Batu Mabung Biar Cepat Ambrol

Murai Batu Mabung Biar Cepat Ambrol

Murai Batu Mabung Biar Cepat Ambrol – Bulu burung Murai Batu mulai ambrol dan rontok? Jangan khawatir, sebab itu tanda-tanda tersebut bukanlah menandakan sedang mengalami sakit atau stress.

Pada umumnya, khususnya Murai Batu ini bisa mengalami mabung selama 1 atau 2 kali dalam setahun. Mabung adalah sebutan lain dari proses dimana bulu tua bergantian dengan yang baru.

Pada saat tersebut pula Murai Batu bisa istirahat total, setelah sekian lama mengikuti latihan dan hari yang melelahkan. Namun, hal perlu diingat adalah dengan terus memaster dalam masa mabung, agar tidak terjadi macet bunyi.

Selain itu, ternyata ada beberapa cara untuk melancarkan sekaligus mempercepat proses mabung Murai Batu. Jika kalian penasaran, kalian bisa simak baik-baik penjelasan serta cara dapat kalian lakukan seperti berikut ini.

Cara Mempercepat Proses Murai Batu Mabung Biar Cepat Ambrol

Cara Mempecepat Proses Mabung

Murai Batu memang memerlukan waktu cukup lama untuk memanjangkan bulunya kembali, begitu pun saat proses lepasnya bulu. Kalian bisa menggunakan beberapa metode, dipercaya biar mempercepat proses mabung Murai Batu.

Kalian bisa menerapkan beberapa metode, saat Murai Batu mengalami mabung. Hal yang perlu kalian lakukan untuk mempercepat proses pergantian bulu adalah sebagai berikut.

Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Cara cepat biar Murai Batu ambrol pada saat mabung adalah dengan menaruh beberapa potong kulit jeruk di dasar sangkar. Kemudian, sangkar dikerodong full sampai keesokan harinya.

Mandi Sauna

Dengan rutin dimandikan sauna, maka halk tersebut dapat dijadikan cara biar bulunya cepat selesai. Karena, saat Sauna akan membuat pori-pori menjadi terbuka, sehingga bisa lebih mudah untuk lepas.

Mengisolasi Burung

Mengisolasi Burung

Tempatkan Murai Batu di ruangan atau tempat cukup tenang. Jika tidak sempat, letakan sangkardi tempat lembab dan sedikit panas, biar cepat selesai mabung.

Dekatkan Dengan Betina

Dekatkan Dengan Burung Betina

Dengan mendekatkan Murai Batu jantan mabung dengan betina, maka akan membuat lebih cepat menyelesaikan mabung. Pasalnya, ketika pejantan naik birahi, bulu tua akan lebih mudah untuk ambrol.

Berikan EF Jangkrik

Jangkrik

Murai Batu sedang mengalami mabung ini sangat memerlukan pakan mengandung protein tinggi. Sehingga, bisa memberikan makanan tambahan berupa jangkrik setiap paginya.

Berikan Extra Fooding Ulat Hongkong

Ulat Hongkong

Agar Murai Batu mabung cepat selesai, bisa memberikan makanan tambahan berupa ulat hongkong. Jenis pakan ini terbukti dapat meningkatkan suhu tubuh Murai Batu menjadi panas, dan akan lebih memudahkan biar Murai Batu cepat merontokan bulu tuanya.

Berikan Irisan Daun Pandan

Irisan Daun Pandan

Tidak hanya menggunakan irisan kulit jeruk saja, ternyata daun pandan juga memiliki fungsi sama seperti halnya irisan jeruk. Caranya yaitu dengan meletakannya di dasar sangkar, serta mengkrodong Murai Batu sampai ambrol. Berikan irisan setiap hari dan ganti daun yang sudah layu bersama daun pandan segar.

Beri Pakan Voer Ayam

Voer Ayam

Pemberian voer ayam ini juga sangat dianjurkan, biar membantu proses mabung Murai Batu agar lebih cepat selesai. Karena, voer ayam ini mengandung lebih banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

Beri Voer Dicampur Susu

Murai Batu Mabung biar Cepat Ambrol Beri Voer dan Susu

Pada saat Murai sedang ngurak, kalian juga bisa memberi voer dicampurkan susu bubuk. Hal tersebut banyak dipercaya sobat kicau untuk mempercepat proses ngurak.

Voer Dicampur Telur Bebek

Pemberian voer campur telur bebek juga dapat kalian lakukan. Banyak sobat kicau mempercayai, pemberian pakan tersebut akan mempercepat ambrolnya bulu tua pada Murai Batu sedang dalam masa ngurak.

Jangan Dimandikan Saat Mabung

Jika setiap pagi Murai Batu selalu dimandikan, maka pada saat ngurak tentunya tidak usah dilakukan. Karena, memandikan Murai Batu saat ngurak akan mengakibatkan lebih laman menyelesaikan masa mabung atau ambrol.

Beri Kroto dan Susu

Kroto dan Susu Untuk Murai Batu Mabung Biar Cepat Ambrol

Banyak sobat kicau menggunakan cara ini, yaitu memberikan kroto dicampur susu bubuk. Karena, dipercaya dapat meningkatkan birahi Murai Batu, berguna biar cepat ambrol pada masa mabungnya dengan lebih cepat.

Jauhkan dari Keramaian

Menjauhkan Murai Batu dari keramaian atau kebisingan merupakan salah satu langkah tepat biar mempercepat proses mabung atau ambrol. Karena, jika Murai Batu mendengarkan suara bising, pastinya akan mengalami stress. Namun, jika tidak ada gangguan stress, maka akan lebih fokus dalam proses mabung tersebut.

Beri Vitamin Perontok Bulu

Vitamin Khusus Murai Batu Mabung biar Cepat Ambrol

Terdapat banyak jenis vitamin disarankan hanya untuk Murai Batu sedang mabung. Berguna biar mempercepat proses ngurak, serta melengkapi kebutuhan nutrisi harian Murai Batu.

Jaga Kebersihan Kandang

Jaga Kebersihan Kandang Agar Murai Batu Mabung Cepat Ambrol

Hal yang perlu diperhatikan saat merawat Murai Batu sedang mabung adalah tetap menjaga kebersihan kandang. Hal tersebut berguna biar tidak terserang penyakit dan biar cepat ambrol.

Karena pada saat mabung, akan lebih rentan terkena penyakit. Jika Murai Batu sehat, pastinya segera merampungkan mabung atau ambrol bulunya.

Itulah beberapa cara yang dapat dijadikan refrensi sobat dalam mengatasi BURUNG MURAI BATU mabung. Dengan melakukan beberapa hal diatas bisr proses mabung Murai Batu akan berjalan lancar dan lebih cepat dari biasanya.

FAQ

Berapa Kali Murai Batu Mengalami Mabung?

Biasanya Murai Batu akan mengalami ambrol dan pergantian bulu sekitar dua kali dalam satu tahun.

Apakah Memandikan Burung Mabung Itu Tidak Boleh?

Benar sekali, karena dapat memperlambat proses mabung.

Jenis Vitamin Apa Cocok Untuk Murai Batu Mabung?

Berikan multivitamin Ebod Vit atau Ebod Joss, saat Murai Batu Mabung. Biar cepat ambrol dan dorong ekor.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat birdsny.com sajikan mengenai Murai Batu mabung biar cepat ambrol. Semoga beberapa refrensi di atas dapat membantu sobat dalam menghadapi masalah mabung burung kicauan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *