Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung

CARA MERAWAT CUCAK IJO MABUNG

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung – Burung kicauan pasti akan mengalami mabung, atau bisa dibilang proses pergantian bulu. Dimana bulu tua akan bergantian dengan bulu yang baru.

Ada banyak sekali jenis burung yang bisa mengalami hal serupa. Tetapi pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara penanganan burung Cucak Ijo yang sedang mengalami mabung bulu.

Burung dengan bulu berwarna hijau ini akan merontokan bulunya, pada saat proses mabung berlangsung. Jadi, kalian tidak perlu khawatir karena hal ini bisa terjadi dalam kurun waktu setahun proses mabung akan terjadi sebanyak 1 sampai 2 kali.

Kalian harus menyiapkan semua kebutuhan perawatan burung tersebut ketika sudah menjatuhkan bulu-bulu halusnya, itu pertanda jika burung tersebut akan mengalami mabung bulu. Jangan khawatir, di bawah ini akan ada beberapa tips dan cara merawat Cucak Ijo mabung bulu, dan akan kami ulas secara tuntas dan juga lengkap pada artikel kali ini.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Agar Cepat Selesai dan Tetap Gacor

Burung Cucak Ijo ini akan mengalami mabung, nyulam atau pergantian bulu sekitar 1 sampai 2 kali dalam setahun. Dan biasanya burung tersebut memerlukan waktu selama kurang lebih 3 bulan untuk menyelesaikan mabungnya. Untuk cepat lambatnya proses mabung tersebut, juga tergantung dari kondisi burung dan juga perawatanya.

Pada saat burung mengalami mabung biasanya akan mengalami sakit atau lemah. Untuk sebagian burung Cucak Ijo yang sedang mengalami proses mabung, biasanya akan lebih banyak diam dan tidak mau berkicau. Sebab, bulu yang rontok dan tumbuhnya bulu jarum merupakan proses yang cukup menyakitkan.

Jadi, perawatan Cucak Ijo mabung memerlukan perawatan extra dan juga taat aturan. Kalian juga harus memperhatikan kondisi kesehatan serta tingkat stress burung tersebut. Biasanya burung yang sedang mengalami mabung akan mengalami tingkat stress yang cukup tinggi, hal ini yang menjadikan burung tidak mau berkicau.

Jika burung yang sedang mabung tersebut mengalami stress, maka akan menjadikan proses mabung akan menjadi lebih lama dari pada umumnya. Ketika burung sudah selesai mabung pun bulunya akan tetap tumbuh tetapi tidak rapi, dan juga performa burung kicau akan menjadi turun drastis.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Agar Cepat Selesai

Untuk perawatan Cucak Ijo agar mabungnya cepat selesai sebenarnya lebih mudah dan tidak lebih sulit dari CARA MERAWAT CENDET ANAKAN. Pada intinya kalian harus mengurangi durasi ataupun waktu pemandian dan juga penjemuran, untuk lebih baiknya kalian harus mengrodong sangkar burung.

Cara Perawatan

Kalian juga bisa memberikan beberapa jenis extrafooding, guna untuk menjaga kebuutuhan nutrisi burung tersebut dan juga dapat membantu proses mabung bulu agar cepat selesai.

1. Perhatikan Kesehatan

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung juga Perlu Mengetahui Kesehatan burung

Untuk cara merawat Cucak Ijo mabung yang pertama, kalian harus mengetahui kondisi kesehatan burung cucak ijo tersebut. Karena, seringkali jika burung kicauan sedang mengalami mabung, maka akan menjadikan burung tersebut akan lebih mudah untuk terserang penyakit.

Salah satunya adalah penyakit kutu, yang sering mengganggu proses mabung pada burung kicauan. Untuk hal itu kalian memerlukan shampo yang dapat menjaga kebersihan pada bulu burung tersebut.

2. Penempatan Sangkar

Penempatan Sangkar saat Cucak Ijo Mabung

Kalian juga perlu memperhatikan penempatan gantang sangkar, pada saat burung sedang mengalami mabung. Karena, burung kicau yang sedang mengalami mabung akan lebih mudah untuk terkena stress. Maka sebaiknya lakukan dulu pengisolasian atau menyendirikan burung tersebut, dari burung lainnya.

3. Pemandian

Cucak Ijo Mabung Mandi

Jika kalian lebih sering memandikan burung pada saat sebelum burung mengalami mabung. Namun, berbeda pada saat burung sedang mengalami mabung, sebaiknya hindari pemandian agar tidak terkena air yang berlebihan. Karena, hal itu juga dapat menghambat pertumbuhan bulu barunya.

4. Penjemuran

Penjemuran Burung Cucak Ijo Mabung

Untuk penjemuran ini juga tidak jauh berbeda dengan proses pemandian. Yang harus kalian kurangi guna untuk menjadikan bulu baru burung tersebut akan tumbuh dengan cepat. Untuk penjemuran kalian hanya memerlukan waktu kurang lebih hanya sekitar 15 menitan saja.

5. Pemberian Pakan

Tentunya pada saat burung mengalami mabung, akan memerlukan banyak nutrisi. Sebaiknya kalian memberikan pakan burung yang memiliki kandungan gizi dan juga porsi yang seimbang. Hal ini juga bertujuan untuk menjadikan proses mabung akan lebih cepat selesai.

6. Extra fooding

Extra Fooding Untung Melengkapi Kebutuhan Nutrisi

Pemberian extra fooding juga sangat diperlukan pada saat burung sedang mengalami mabung bulu. Hal ini memiliki tujuan yang sama dengan pemberian pakan di atas, yaitu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung tersebut. Biasanya extra fooding yang diberikan berupa kroto, cacing, dan juga jangkrik.

7. Pemberian Multivitamin

Pemberian Multivitamin Untuk Cucak Ijo Mabung

Selain pemberian extra fooding, kalian juga bisa memberikan multivitamin. Ada berbagai jenis multivitamin yang bisa kalian dapatkan pada kios burung terdekat, juga bisa kalian membelinya di situs online. Atau bisa juga kalian memberikan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti pepaya dan juga buah lainnya.

8. Pengisolasian

Isolasi Cucak Ijo Mabung

Burung yang sedang mengalami mabung akan memiliki tingkat stress yang cukup tinggi. Untuk itu, kalian harus segera mengisolasikan atau menyendirikan burung tersebut. Bisa kalian menempatkan burung tersebut di tempay yang relatif, nyaman dan juga aman dari gangguan burung atau hewan lainnya. Karena, burung mabung bulu akan mudah meraa tertekan, dan hal itu tidak baik untuk burung tersebut.

9. Pertemukan Sesekali Dengan Jenisnya

Pertemukan Sejenis Burung Cucak Ijo

Walaupun sebaiknya ketika sedang mabung, burung harus disendirikan. Tetapi apa salahnya jika mempertemukan burung tersebut dengan sejenisnya.

10. Bersihkan Kandang

Kebersihan Sangkar

Kebersihan kandang juga termasuk dalam cara merawat burung Cucak Ijo mabung bulu. Karena, burung mabung akan lebih rentan terkena penyakit, pada saat mengalami hal tersebut.

11. Cuaca dan Lingkungan Sekitar

Kalian juga perlu memperhatkan cuaca sekitar. Karena, hal ini juga akan berpengeruh terhadap cepat lambatnya proses selesai mabung.

12. Perhatikan Air Minum dan Pakan

Kebersihan Cepuk Air Minum Untuk Burung Cucak Ijo Mabung

Kalian juga diharuskan untuk memperhatikan tingkat kebersihan cepuk air minum dan juga cepuk wadah pakan. Usahakan agar keduanya tetap dalam keadaan bersih. Hal ini masih bertujuan dengan kesehatan burung. Kerana, seperti yang sudah maki katakan, burung mabung akan lebih mudah terkena serangan penyakit.

13. Antisipasi Pengganggu

Kucing Mengganggu Sangkar Burung

Untuk menjaga burung agar tidak mengalami stress, kalian bisa melindunginya dengan cara mengkrodong full sangkar. Hal tersebut akan menjadikan burung merasa tenang, karena burung terjauh dari berbagai gangguan burung dan juga hewan lainnya seperti kucing, tikus dan lainnya. Selain itu, akan menjadikan burung tidak mudah mengalami stress.

14. Perhatikan Alas Sangkar

Sebaiknya pada alas sangkar kalian taburi dengan kapur setinggi kurang lebih 2 cm, dan kemudian lapisi kembali dengan menggunakan dedak setinggi 1 cm. Alas sangkar tersebut berguna untuk tetap menghangatkan udara dalam sangkar Cucak Ijo tersebut.

15. Pemasteran

Pemasteran Cucak IJo

Pada saat burung mengalami proses mabung, kalian juga bisa terus menerus memasteri dengan suara burung sejenisnya atau burung masteran lainnya. Hal ini berguna untuk menghindarkan burung tersebut macet bunyi. Karena saat mabun, burung Cucak Ijo akan lebih fokus mendengarkan ataupun merekam suara masteran tersebut.

Akhir Kata

Diatas merupakan beberapa tips atau cara merawat Cucak Ijo mabung, agar cepat selesai. Serta berbagai cara agar burung tersebut tidak menjadi macet bunyi, setelah selesai mabung. Untuk informasi mengenai burung lainnya kalian bisa mengunjungi birdsny.com. Informasi terlengkap seputar burung kicauan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *