Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Pakan Kenari Jantan Agar Ngisi & Tips Perawatannya!

Pakan Kenari Jantan Agar Ngisi
Advertisements

Pakan Kenari Jantan Agar Ngisi – Sebagian besar dari kalian pasti pernah mendapatkan telur Kenari tidak isi padahal sudah dikawinkan dengan benar. Sebenarnya, terdapat cukup banyak faktor yang bisa menyebabkan telur Kenari kosong atau zonk, salah satunya yaitu karena jarang diberi makanan berkualitas.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ketika proses kawin, burung Kenari butuh asupan pakan khusus untuk meningkatkan birahinya sekaligus supaya mereka jadi fertile alias bisa ngisi, khususnya pada pejantannya. Dengan kata lain, dibutuhkan adanya variasi jenis pakan Kenari supaya mereka bisa ngisi.

Advertisements

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana khususnya para pemula yang belum mengetahui apa saja jenis-jenis pakannya. Secara garis besarnya, jenis makanan yang bisa diberikan agar Kenari jantan bisa ngisi yaitu harus mengandung sejumlah kandungan nutrisi dan gizi yang mampu memenuhi kebutuhan asupannya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian mengalami permasalahan serupa di atas ketika sedang membudidayakan Kenari, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu cara mengatasinya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai jenis pakan Kenari jantan agar ngisi dilengkapi dengan beberapa tips merawatnya.

Penyebab Kenari Jantan Tidak Ngisi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat cukup banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kenapa Kenari jantan tidak ngisi. Oleh karena itu, sebelum membahas poin utama mengenai jenis pakan Kenari jantan agar ngisi lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab permasalahannya berikut ini.

  • Stres karena terlalu berisik di luar sangkar atau kandang.
  • Kenari jantan kurang nutrisi.
  • Kenari masih terlalu muda.
  • Kenari dalam kondisi steril.
  • Kenari terlalu sering dijodohkan.
  • Kenari sudah terlalu tua.

Pakan Kenari Jantan Agar Ngisi

Burung Kenari jantan kekurangan nutrisi dan gizi bisa menjadi salah satu penyebab munculnya permasalahan tidak ngisi ketika mereka dikawinkan atau dijodohkan. Tentunya hal tersebut akan berakibat buruk karena hasil telur atas penjodohan Kenari tersebut nantinya kosong atau zonk.

Advertisements

Maka dari itu, agar terhindar dari permasalahan tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa jenis pakan yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah jenis pakan Kenari jantan agar ngisi di bawah ini.

1. Kecambah

Kecambah

Jenis pakan Kenari jantan agar ngisi pertama yaitu kecambah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kecambah sangat mempengaruhi kemampuan Kenari jantan dalam ngisi telur atau tidak. Untuk mendapatkannya sendiri sebenarnya sangat mudah, kalian bisa membelinya di pasar ataupun membuatnya sendiri di rumah.

2. Jewawut

Jewawut

Hampir sama seperti kecambah, jewawut juga menjadi salah satu jenis pakan yang bisa mempengaruhi Kenari jantan ngisi atau tidak. Jewawut sendiri merupakan jenis pakan biji-bijian yang sangat disukai oleh Kenari, entah itu Kenari jantan maupun betina.

Adapun fungsi dari pakan jewawut ini yaitu Kenari jantan bisa membuahkan Kenari betina. Jadi, apabila Kenari jantan tidak ngisi, padahal sebelumnya betinanya dikawinkan dengan jantan yang lain bisa bertelur seperti biasa, maka cobalah berikan jewamut yang banyak kepada Kenari jantan.

3. Telur Rebus

Telur Rebus

Rekomendasi pakan Kenari jantan agar ngisi selanjutnya yaitu telur rebus. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan terhadap pemberian telur rebus kepada Kenari jantan yaitu mampu meningkatkan birahinya. Tata cara pemberiannya sendiri sebaiknya dilakukan dengan memberikan 1/2 telur ayam rebus selama 2 atau 3 hari sekali sebelum Kenari dikawinkan.

4. Telur Puyuh

Telur Puyuh

Selain telur rebus, telur puyuh juga bisa dijadikan sebagai jenis makanan agar Kenari jantan ngisi. Seperti pada pembahasan mengenai manfaat telur puyuh untuk Kenari, ternyata pakan ini mampu memperbaiki gizi di dalam tubuhnya. Proses pemberiannya bisa dilakukan sebanyak 1 butir setiap harinya.

5. Apel

Pakan Kenari Jantan Apel
Advertisements

Pakan Kenari jantan agar ngisi terakhir yaitu berasal dari buah-buahan, yaitu apel. Hampir mirip seperti telur rebus, ternyata pakan ini mampu meningkatkan birahi Kenari jantan. Maka dari itu, jangan berikan telur dan apel untuk Kenari jantan secara bersamaan. Kemudian manfaat lainnya yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kenari dalam proses kawin karena didalamnya mengandung cukup banyak vitamin.

Tips Merawat Kenari Jantan Agar Ngisi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rekomendasi pakan Kenari jantan agar ngisi beserta tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan informasi tambahan tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat Kenari jantan supaya ngisi.

  • Jemur Kenari jantan di bawah sinar matahari ketika ingin dikawinkan.
  • Kalian bisa sekalian menyemprotkan air atau memandikan Kenari jantan.
  • Setelah itu, diamkan Kenari jantan dan jemur kurang lebih sekitar 2 jam.
  • Langkah selanjutnya, berikan pakan utamanya serta beberapa pakan tambahannya seperti sudah dijelaskan di atas, misalkan telur puyuh.
  • Silahkan lakukan beberapa langkah di atas secara rutin selama satu minggu.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar rekomendasi pakan Kenari jantan agar ngisi dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberian beserta tips merawatnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat Kenari jantan bisa ngisi ketika dikawinkan dengan Kenari betina.

Sumber gambar : idntimes.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *