Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Pakan Lovebird Ternak

Pakan Ternak Lovebird

Pakan Lovebird Ternak – Para peternak burung Lovebird tentunya menginginkan hasil yang maksimal saat melakukan proses beternak. Nah, agar Lovebird lebih cepat dan produktif, maka harus diberi pakan yang bergizi.

Makanan Lovebird ternak ini bisa kalian dapatkan dari alam, yang memiliki kandungan supaya burung bisa naik birahi dan cepat melakukan perkawinan. Serta, pilih jenis pakan yang dapat meningkatkan reproduksi burung Lovebird tersebut.

Biasanya makanan untuk calon indukan Lovebird ini berupa biji-bijian, sayur, tunas daun, jagung, buah, dan lainnya. Agar burung menjadi lebih prodiktif, kalian juga bisa memberikan asupan gizi atau vitamin serta suplemen jika dibutuhkan.

Teruntuk kalian yang baru mengenal dunia peternakan Lovebird, apakah kalian tahu jenis makanan apa saja yang disarankan untuk calon indukan? Jika kalian belum mengetahui dengan pasti, kalian bisa simak pembahasan selengkapnya pada sebuah ulasan berikut ini.

Pakan Lovebird Ternak

Pemberian pakan juga harus diperhatikan kandungan zat didalamnya. Karena, kebanyakan jenis pakan yang diberikan akan mengakibatkan efek samping. Jadi, jika kalian ingin memberikan pakan untuk calon indukan, kalian bisa simak pembahasan lengkapnya seperti di bawah ini.

Pakan Lovebird Ternak Agar Cepat Bertelur

Pakan Ternak Burung Lovebird

Memberikan asupan bergizi kepada calon indukan yang akan bertelur juga menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Jika pakan yang diberikan berkualitas, maka akan berpengaruh pula pada calon anakan Lovebird. Jenis pakan apa saja yang harus diberikan pada Indukan? Diantaranya seperti berikut ini.

Milet Putih

Milet Putih

Kalian bisa memberikan pakan berupa milet putih. Karena, jenis pakan tersebut merupakan makanan pokok burung Lovebird. Selain itu, ternyata Milet Putih ini merupakan sejenis rumput yang tahan terhadap beberapa situasi cuaca, serta memiliki kandungan gizi dan zat-zat lain yang dibutuhkan burung Lovebird.

Milet Merah

Milet Merah

Tidak hanya milet putih, ternyata ada jenis lain yaitu milet merah. Keduanya sama sama memiliki kanudungan nutrisi seimbang, hanya saja memiliki warna yang berbeda.

Gabah

Gabah

Gabah atau biji padi ini merupakan beras yang belum dikupas kulitnya. Jenis pakan ini sangatlah bagus untuk menambah variasi pakan Lovebird. Selain itu, biji gabah sendiri juga mengandung nutrisi yang tidak terdapat pada jenis biji-bijian lainnnya.

Biji Flax atau Linseed

Biji Flax

Biji Flax tersebut memiliki 2 jenis, diantaranya ada yang berwarna coklat kemerahan dan emas. Kandungan nutrisinya juga masih sama. Kandungan omega 3 juga terdapat dari jenis biji-bijian tersebut. Sehingga, tak heran jika pemberian biji Linseed ini dilakukan pada Lovebird indukan.

Sawi Putih

Sawi Putih

Sawi putih ini sangat berguna sekali untuk indukan Lovebird. Manfaat diantaranya adalah sebagai penambah serat, mencegah kegemukan, menstabilkan birahi, sumber kalsium, serta menjadi sumber vitamin bagi indukan Lovebird. Serta, dengan memberikan sawi putih ini dapat melancarkan pencernaan burung Lovebird.

Biji Gandum

Gandum

Banyak orang yang menjadikan biji gandum ini sebagai bahan makanan favorit. Namun, sebagian jenis burung juga mengkonsumsinya, karena kandungan nutrisinya sangat banyak. Ada beberapa jenis biji gandum, diantaranya adalah gandum merah, gandum putih, gandum biru, gandum kuning, dan gandum hitam.

Jagung Muda

Jagung Muda

Kemudian, pada saat indukan Lovebird akan meloloh anaknya ini juga memerlukan pakan seperti JAGUNG MUDA. Para pembudidaya menganggap tekstur jagung muda itu sangat lebut dan mudah untuk dicerna oleh anakan Lovebird tersebut.

Biji Oat atau Harver

Biji Oat Untuk Lovebird Ternak

Biji Oat ini merupakan salah satu jenis pakan burung Lovebird yang kaya aka nutrisi. Bahkan, Oatmeal ini juga sering dikonsumsi manusia, khususnya untuk penderita penyakit Diabetes. Tak heran, karena kandungan nutrisinya yang sangat melimpah ini menjadikan salah satu jenis biji-bijian dengan harga jual cukup tinggi, jika dibandingkan dengan jenis biji-bijian lainnya.

Biji Kenari

Biji Kenari

Canary Seed atau lebih sering disebut dengan biji kenari ini merupakan salah satu jenis pakan burung Lovebird. Pakan berkualitas untuk menunjang indukan memperoleh telur yang baik. Karena, pada butiran-butiran biji kenari ini terdapat sangat banyak sekali kandungan, yang dapat menjaga dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian calon indukan Lovebird.

Tauge

Tauge

Tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan bagus untuk melengkapi kebutuhan nutrisi indukan burung Lovebird. Banyak peternak yang menggunakan sayur tauge untuk meningkatkan birahi calon indukan. Serta, sayur tersebut juga dipercaya dapat memperbaiki kualitas calon atau benih telur Lovebird.

Kangkung

Kangkung

Sayur kangung tersebut memiliki kandungan seperti Vitamin A dan C yang cukup tinggi. Disamping itu, kangkung juga mengandung berbagai mineral, seperti magnesium, kalium, kalsium, zat fosfor, dan zat bezi.

Jadi, dengan memberikan sayuran tersebut maka tidak akan membuat indukan Lovebird menjadi kegemukan. Serta, dapat menjaga kestabilan birahi, agar burung tetap fokus untuk berreproduksi.

Wortel

Wortel Adalah Salah Satu Jenis Pakan Lovebird Ternak

Pakan Lovebird ternak selanjutnya ini ada sayur wortel. Jenis sayuran ini memiliki banyak kandungan beta karoten yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan indukan dan juga calon telur Lovebird.

Bayam

Bayam

Selain sayuran diatas, pemberian sayur bayam juga bisa dilakukan untuk menambah variasi pakan sayur pada burung Loevebird. Diketahui saat ini ada 2 jenis bayam yaitu bayam merah dan bayam hijau, keduanya memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat, dan kalian juga bisa memberikannya kepana calon indukan Lovebird.

Tomat

Pakan Lovebird Ternak Diantaranya adalah Tomat

Tomat juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa penting lainnya. Seperti likopen, beta-karoten, asam glorogenik, dan naringenin. Namun, untuk pemberian tomat ini sangat jarang sekali dilakukan, karena jenis sayuran yang satu ini mudah sekali untuk membusuk.


Dengan pemberian pakan ternak Lovebird di atas, maka indukan akan menghasilkan telur yang berkualitas. Menjadi kebanggaan tersendiri pastinya, jika pada saat proses tersebut berjalan dengan maksimal, serta mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan untuk sobat kicau, pembahasan mengenai jenis pakan Lovebird ternak. Jenis pakan tersebut bisa kalian berikan pada calon indukan Lovebird, guna untuk menghasilkan anakan Lovebird dengan kualitas yang baik. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *