Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

2 Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Super Agar Nafas Kuat & Ganas

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Super
Advertisements

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Super – Seperti diketahui, tata cara atau pola perawatan ayam aduan sangatlah berbeda dengan jenis ayam lainnya. Dimana selain dari makanan pokok, ayam aduan juga membutuhkan beberapa ramuan khusus seperti jamu atau suplemen tambahan untuk meningkatkan kebugaran serta kekuatannya.

Selain berguna dalam menambah kebugaran, pemberian jamu juga bermanfaat untuk memperpanjang nafas serta tenaga yang pastinya sangat dibutuhkan oleh semua jenis ayam aduan agar tambah ganas. Secara garis besar, jamu ayam aduan sendiri terbuat dari bahan-bahan alami di lingkungan sekitar yang memiliki berbagai macam khasiat.

Advertisements

Perlu diketahui, biasanya setiap daerah memiliki resep jamu ayam aduan tersendiri yang mampu membuat hewan peliharaan mereka menjadi lebih ganas jika berada di lapangan. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan ketika ingin membuat racikan jamu atau ramuan ayam aduan.

Maka dari itu, apabila kalian ingin membuat ayam aduan menjadi lebih kuat dan ganas di lapangan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara meracik jamunya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai cara membuat jamu ayam aduan super menggunakan bahan-bahan alami.

Apa Itu Jamu Ayam Aduan Super?

Sebelum membahas poin utama mengenai ara membuat jamu ayam aduan super lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Pada dasarnya, jamu ditujukan untuk digunakan sebagai obat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu jamu ternyata dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, meningkatkan agresivitas, pencegahan serta memulihkan tenaga hewan peliharaan.

Pada intinya, apabila pemberian jamu untuk ayam aduan dilakukan dengan porsi ataupun takaran yang pas, maka akan memulihkan kondisi sesuai keinginan pemeliharanya. Sedangkan dari segi pencegahan, ramuan ayam aduan super seringkali dimanfaatkan untuk menghindari datangnya wabah penyakit supaya ketahanannya bisa lebih maksimal.

Advertisements

Manfaat Jamu Untuk Ayam Aduan

Seperti halnya jamu tradisional untuk Lovebird, jamu bagi ayam aduan juga pastinya memiliki sejumlah manfaat. Jadi, secara tidak langsung jamu merupakan obat baik untuk kesehatan badan ayam aduan dari berbagai macam serangan penyakit serta meningkatkan kebugarannya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah manfaat jamu ayam aduan super.

  • Antibiotik alami.
  • Mencegah pembekuan darah.
  • Mengobati luka dalam.
  • Menyembuhkan penyakit pencernaan.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh ayam aduan.
  • Penambah stamina.
  • Merangsang nafsu makan ayam aduan semakin bagus.
  • Mengembalikan stamina ayam aduan yang menurun.
  • Meningkatkan gairah pejantan serta indukan untuk kawin.

Bahan Racikan Jamu Ayam Aduan Super

Bahan Racikan Jamu Ayam Aduan Super

Ketika hendak mengetahui cara membuat jamu ayam aduan super, tentunya kalian juga harus mengerti beberapa jenis bahan-bahan yang dibutuhkan. Dimana salah satu tujuan membuat jamu ayam aduan ini supaya mereka bisa ganas dan menggilas lawannya tanpa ampun lalu akhir cepat dalam memenangkan pertandingan.

Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui bagaimana cara terbaik dalam membuat racikan jamu ayam aduan menggunakan bahan-bahan alami. Adapun beberapa bahan-bahan alami di dalam pembuatan jamu ayam aduan super tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kunyit.
  • Kencur.
  • Madu.
  • Telur bebek.
  • Kopi hitam bubuk.
  • Temu lawak.
  • Gula aren atau gula merah.
  • Jahe.
  • Daun-daun herbal.

Perlu diketahui, bahan-bahan alami di atas bisa dipadukan beberapa jenis saja sehingga kalian dapat lebih hemat serta mampu memperkirakan apa saja yang dibutuhkan oleh ayam aduan super. Pasalnya, kecocokan adalah hal paling utama supaya racikan jamu tersebut dapat bekerja secara maksimal pada ayam aduan.

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Super

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan Super dengan Bahan Alami
Advertisements

Setelah mengetahui bahan dasar pembuatan jamu ayam aduan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara membuat ataupun meraciknya. Dimana ramuan ayam aduan super sendiri dibuat berdasarkan jenis ataupun manfaatnya. Daripada penasaran, simak baik-baik cara membuat jamu ayam aduan super di bawah ini.

1. Jamu Ayam Aduan Kuat Nafas

Seperti dijelaskan sebelumnya, pembuatan ramuan ayam aduan super ditujukan guna meningkatkan tenaga dan nafasnya agar lebih kuat serta panjang. Dengan kata lain, jamu bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara memperpanjang nafas ayam aduan. Berikut adalah tata cara membuat jamu ayam aduan super agar nafas kuat dan panjang.

  1. Siapkan 100 gram gula aren, 1 ruas temu kunci dan 1 biji asam jawa.
  2. Kemudian tumbuk semua bahan di atas sampai halus.
  3. Cara selanjutnya masak air sebanyak 300 ml lalu masukkan bahan-bahan tadi apabila air sudah mendidih.
  4. Jika dirasa sudah cukup, silahkan diamkan ramuan ayam aduan atau petarung tersebut hingga dingin.

Untuk tata cara pemberian jamu ayam aduan agar kuat nafas tersebut dapat dilakukan dengan rutin seminggu 2 kali setelah selesai melatihnya. Jika ayam aduan tidak menunjukkan penolakan, maka lakukan pemberian ramuan ayam aduan super tersebut secara rutin setiap minggunya.

2. Jamu Ayam Aduan Agar Ganas

Cara membuat jamu ayam aduan super selanjutnya yaitu dilakukan agar membuat mereka menjadi lebih ganas di lapangan. Selain beberapa bahan-bahan alami di atas, kalian nantinya membutuhkan beberapa komponen tambahan. Simak baik-baik tata cara pembuatan jamu ayam aduan agar ganas di bawah ini.

  1. Cara pertama, silahkan haluskan beberapa bahan-bahan berikut ini.
    • Kencur 1 ons.
    • Daun kelor 5 lembar.
    • Jahe 1 ons.
    • Madu.
    • Temu lawak 1 ons.
    • Lengkuas.
    • Kunyit 1 ons.
    • Ginseng.
    • Telur bebek 1 butir.
  2. Setelah semua bahan halus menjadi satu, lalu tambahkan madu 1 sampai 3 sendok beserta telur bebeknya. Silahkan aduk hingga benar-benar merata.
  3. Cara berikutnya pastikan bahwa semua bahannya lembek layaknya dodol di atas wajan.
  4. Kemudian bentuklah adonan menjadi seperti butir-butir bola kecil.
  5. Langkah terakhir, jemur adonan jamu ayam aduan tersebut di bawah sinar matahari hingga teksturnya kering dan keras.

Takaran ataupun porsi pemberian jamu ayam aduan di atas sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jamu di atas bisa membuat badan ayam aduan menjadi panas sehingga berdampak pada rusaknya bulu ataupun bersikap lebih galak daripada biasanya.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara membuat jamu ayam aduan super menggunakan bahan-bahan alami dilengkapi waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat ataupun meracik ramuan bagi ayam aduan super.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.