Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Membuat Lovebird Betina Konslet

CARA MEMBUAT LOVEBIRD BETINA KONSLET

Cara Membuat Lovebird Betina Konslet – Untuk Sobat kicau yang sering melombakan Lovebird, ngekek panjang lebih dari 1 sampai 2 menit merupakan sebuah keinginan tersendiri. Untuk sebagian orang memiliki cara atau metode, untuk membuat Lovebirdnya bisa ngekek panjang pada saat dilombakan.

Lovebird ngekek panjang juga biasa disebut Lovebird Konslet. Kebanyakan orang pasti menginginkan Lovebird dengan karakter tersebut. Penggunaan Lovebird jantan atau betina? sebenarnya keduanya bisa dijadikan Lovebird konslet.

Karena, setiap orang memiliki penilaian yang berbeda-beda setiap jenis kelamin Lovebird tersebut. Lovebird Konslet dengan jenis kelamin betina yang akan kami bahas kali ini.

Mengenai cara membuat Lovebird betina konslet, mungkin ini akan sedikit membantu kalian, agar memiliki Lovebird yang mampu ngekek dengan durasi panjang. Maka dari itu, kalian bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Lovebird Betina Konslet Terlengkap dan Termudah

Lovebird dengan jenis kelamin betina ini, memanglah sangat tepat untuk dijadikan burung yang memiliki karakter konslet. Karena, kicauan Lovebird betina ini bisa dibilang lebih stabil dari Lovebird jantan. Untuk kalian yang penasaran, langsung saja kita masuk ke dalam inti pembahasan berikut ini.

Cara Membuat Lovebird Betina Konslet

LOVEBIRD BETINA KONSLET

Apa saja cara yang digunakan untuk membuat lovebird betina konslet? Jika kalian penasaran, kalian bisa ikuti berbagai tips dan metode yang sudah kami sajikan diantaranya adalah :

1. Pilih Anakan Lovebird Konslet

PEMILIHAN ANAKAN

Langkah pertama yang harus kalian lakukan, untuk membuat Lovebird betina konslet. Kalian bisa memilih jenis kelamin Lovebird, sesuai selera kalian. Sebisa mungkin memilih Lovebird yang masih anakan, sehingga kalian bisa membangun karakter Lovebird tersebut dengan mudah.

Sebab, Lovebird yang masih anakan ini bisa kalian olah dengan berbagai cara, dan yang pasti akan lebih mudah. Namun, dengan cara ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, kalian bisa pilih Lovebird anakan yang memiliki garis keturunan, atau dari indukan yang berkualitas baik ataupun konslet.

2. Memahami Karakter Lovebird

PAHAMI KARAKTER LOVEBIRD

Selanjutnya, pemahaman karakter sejak usia dini juga bisa kalian gunakan. Karena, dengan hal tersebut akan mempermudah kalian dalam menyetting atau membuat Lovebird tersebut menjadi burung konsltet, saat usianya beranjak dewasa nanti.

3. Perawatan Lovebird betina Konslet

LAKUKAN PERAWATAN DENGAN KOMSISTEN

Setelah kalian mengetahui karakter Lovebird anakan tersebut, selanjutnya berikanlah perawatan yang tepat. Perawatan apa saja yang harus dilakukan? cara perawatan yang baik adalah sebagai berikut.

Pengembunan

Kalian bisa melakukan pengembunan setiap paginya, lakukan pengembunan ini pada sekitar jam 05.00 pagi. Karena, dengan sistem pengembunan ini, akan menjadikan Lovebird terangsang untuk bunyi. Selain itu, pengembunan ini akan merelaksasi pernafasan Lovebird anakan, karena udara pada pagi hari tersebut masih sangat segar.

Pemandian

Setelah itu, kalian bisa melakukan pemandian pada Lovebird anakan. Pada jam 07.00 pagi atau pada saat matahari sudah mulai terbit. Biasakan setelah pengembunan, kalian lakukan pemandian agar burung merasa bugar. Lovebird tersebut akan menjadi sehat, karena kebersihan badan dan bulunya menjadi perhatian utama pemiliknya.

Penjemuran

Tidak lupa pula kalian harus menjemur burung, supaya burung tidak merasa kedinginan. Penjemuran bisa kalian lakukan sekitar 2 jam, setelah proses pemandian selesai.

Angin-anginkan

Selanjutnya, kalian mengangin-anginkan burung Lovebird, hal ini bertujuan agar suhu badan Lovebird anakan tersebut menjadi stabil. Kalian bisa menganin-anginkan burung di tempat yang sejuk, dan pastinya aman dari gangguan serangga atau hewan lainnya.

Karena, pada saat burung di angin-anginkan memerlukan suasana yang nyaman dan tenang, selain itu, bisa juga untuk menghindarkan burung dari stress.

Umbaran

Kalian juga bisa mengumbar Lovebird anakan, supaya burung tersebut bisa berolahraga. Selain itu, dengan proses pengumbaran ini, akan membuat burung memiliki nafas yang panjang, sehingga burung dapat memiliki suara kicau atau ngekek yang panjang.

Pengumbaran Lovebird yang masih muda ini sangat dianjurkan, sebab ini adalah salah satu pengaruh penting tentang kualitas kicauanya ketika burung tersebut sudah memasuki usia dewasa.

Berikan pakan

Berikan pula makanan yang bekualitas, agar menjadikan Lovebird tersebut memiliki kualitas yang bagus. Pemberian makanan bisa kalian lakukan setiap hari, untuk jenis makanan pokok seperti milet putih. Namun, kalian juga bisa memberikan pakan racikan atau pun sayur seperti kangkung dan lainnya. jika kalian ingin mengetahui kegunaan kangkung tersebut, kalian bisa membaca Manfaat Kangkung untuk Lovebird.

Pemasteren

Pemasteran bisa kalian lakukan setiap hari, kalian bisa menggunakan suara burung asli, ataupun menggunakan media mp3. Namun, dengan catatan tidak memperlihatkan langsung media apa yang dijadikan masteran burung tersebut. Suara masteran bisa kalian berikan pada saat burung sedang bersantai, dan juga saat tidur.

Berikan suara masteran dengan volume suara yang sedikit pelan, untuk mencegah burung merasa stress dan panik. Lakukanlah pemasteran setiap hari, agar burung dapat merekam suara masteran untuk nantinya burung tersebut apikasikan pada suara kicauannya.

4. Mencarikan Unthulan Yang Tepat

MENCARIKAN UNTHULAN YANG TEPAT

Untuk kalian yang menginginkan Lovebird betina konslet, dengan sistem unthulan ini kalian bisa mencarikannya dengan karakter yang tepat. Juga memiliki tingkat kestabilan birahi.

Atau dengan cara kalian mengombyok burung Lovebird tersebut bersama burung lainnya. Supaya burung Lovebird kalian bisa mencari pasangan yang tepat sendiri, untuk dijadikan tempat dalam satu sangkarnya.

5. Jadikan Single Fighter

JADIKAN SINGLE FIGHTER

Jika kalian menginginkan Lovebird dengan sistem single fighter atau burung yang bisa bertarung dengan sendirinya. Atau bisa diartikan Lovebird tersebut burung jomblo, sebab pada dasarnya jika burung tersebut disendirikan, kemudian burung akan mencari teman atau pasangannya, bahkan musuh untuk mengeluarkan birahi yang selama burung tersebut sendiri tidak ada pelampiasan.

Kebanyakan burung single fighter ini ditunjukan pada Lovebird jenis kelai betina, sebab betina memiliki tingkat birahi yang sangat mudah sekali berubah-ubah, atau bisa diartikan pula Lovebird betina sangat sulit untuk memiliki kestabilan birahi.

6. Melatih Mental Lovebird

LATIH MENTAL UNTUK MEMBUAT LOVEBIRD BETINA KONSLET

Cara membuat Lovebird betina konslet selanjutnya, adalah dengan kalian melatih mental Lovebird tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu membawanya pada sebuah acara perlombaan burung. Pada lokasi tersebut, burung akan menunjukan karakter Fighter dengan sendirinya.

Karena, disana burung tersebut akan bertemu musuhnya, bahkan dengan jumlah yang sangat banyak. Melatih mental adalah pembentukan karakter fighter melalui cara menguji adrenalin burung Lovebird tersebut.

7. Membuat Lovebird Latah

LATAH MENJADIKAN LOVEBIRD KONSLET

Metode selanjutnya dalah membuat Lovebird tersebut menjadi latah. Penggunaan istilah “Latah” ini bisa dirtikan sebagaimana burung tersebut menirukan suara apa saja yang dikeluarkan oleh lawannya. Sehingga, akan terjadi seperti saut-sautan diantara beberapa burung Lovebird.

Jika burung Lovebird tersebut sudah memiliki karakter figter yang bagus, biasanya karakter latah akan ditunjukan dengan berani kepada lawan bertarungnya.

8. Mandi Malam Lovebird

RITUAL MANDI MALAM LOVEBIRD

Ritual pemandian malam ini memiliki banyak sekali keguaan, dan metode tersebut sangat baik jika dilakukan untuk burung Lovebird dengan jenis kelamin betina. Salah satu manfaat mandi malam ini adalah untuk menstabilkan birahi burung tersebut.

Karena, seperti yang sudah kami jelaskan di atas, Lovebird betina ini sulit untuk memiliki kestabilan birahi. Jika, Lovebird betina yang memiliki kstabilan birahi, bisa membuat suara ngekeknya lebih panjang dari sebelum birahinya stabil.

9. Settingan Koloni

SISTEM KOLONI LOVEBIRD

Kalian bisa menggunakan setiingan koloni, karena dengan cara ini burung Lovebird akan memiliki karakter atau tipikal yang baik. Sebab, saat burung sedang melakukan koloni ini, akan bertemu dengan Lovebird sesama jenis atau berbeda jenis kelamin.

Tentunya Lovebird tersebut akan membentuk karakternya sendiri, dengan situasi dan kondisi dalam kandang koloni tersebut. Kalian bisa melakukan koloni Lovebird sekitar 1 kali saja dalam seminggu. Lakukan dengan konsisten, agar kalian mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Dipisah Saat Naik Gantang

DIPISAH SAAT AKAN DIGANTANG 1

Untuk Lovebird betina konslet dengan sistem unthulan, biasanya jika dipisahkan dengan pasangannya akan lebih rajin bunyi. Hal ini adalah salah satu cara untuk membuat Lovebird menjadi lebih gacor dan ngekek panjang. Apalagi saat Lovebird akan mengikuti perlombaan. Copot pasang Unthulan ini sangat berguna sekali untuk membentuk karakter konslet burung Lovebird betina.

11. Berikan Pakan EF

BERIKAN PAKAN BERNUTRISI

Pemberian pakan juga harus diberikan, karena makanan ini juga merupakan penjunjang dimana Lovebird bisa menjadi konslet. Pakan yang digunakan biasannya adalah seperti Milet Konslet, atau pakan racikan yang bisa kalian dapatkan di kios burung.

Selain itu, milet konslet ini juga bisa dibuat sendiri dirumah. Pastinya akan lebih pas, karena pemilik sudah mengetahui terlebih dahulu karakter Lovebird tersebut. Pakan racikan biasanya berguna untuk menaikan birahi, untuk Lovebird yang memiliki birahi rendah.

12. Dopping Lovebird Konslet

PAKAI DOPING ADALAH SALAH SATU CARA UNTUK MEMBUAT LOVEBIRD BETINA KONSLET

Cara membuat Lovebird betina konslet yang terakhir ini adalah menggunakan dopping. Bentuknya seperti obat tetes mata, yang banyak dijual si kios burung ataupun di jual beli online. Penggunnaan Dopping ini ada yang tidak memiliki efek samping, dan ada juga yang tidak memiliki efek samping. Ada pula Minuman agar Lovebird Ngekek Panjang juga bisa kalian baca, sebagai refrensi kalian untuk mendapatkan Lovebird konslet.

Terkadang saya melihat ada burung yang mengalami rontok bulu bagian dada, saya kira itu adalah efek samping dari penggunaan Dopping yang tidak menggunakan aturan. Sebaiknya kalian berikan dopping yang terbuat dari bahan alami saja, jika kalian takut doping yang ada diluaran sana mengandung zat berbahaya. Dengan cara tersebut banyak sobat kicau yang berhasil membuat Lovebird betina konslet.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips atau metode yang dapat birdsny.com sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini, Lovebird kalian khusunya betina single fighter bisa menjadi konslet permanen. Dan menjadikan kebanggaan tersendiri untuk majikannya. Terimakasih dan semoga bermanfaat, salam konslet

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *