Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Membuat Kacer Teler

Cara Membuat Kacer Teler

Cara Membuat Kacer Teler – Kacer merupakan salah satu jenis burung di Indonesia, dengan banyak penggemar khususnya kicau mania. Ketenaran kacer (Kucica) berasal dari suara kicauan merdu serta variasi nadanya.

Apabila sudah gacor, biasanya memiliki gaya unik tersendiri. Saat berkicau, kacer akan berdiri tegak melebarkan ekornya atau sering disebut juga dengan istilah ngobra atau teler.

Untuk mendapatkan kucica gacor, tentunya kalian harus melakukan beberapa tahap perawatan. Pola perawatan diantaranya yaitu pengembunan di pagi hari, hingga pemasteran.

Pengembunan berguna untuk merangsang agar lebih rajin berkicau. Jika kalian belum mengetahui bagaimana cara merawat, langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Kacer Teler Gacor Ngobra

cara Membuat Kacer Teler Gacor Ngobra

Cara membuat Kacer teler memang gampang-gampang susah. Sebab, setiap jenis memiliki karakrter berbeda-beda serta harus melakukan perawatan yang baik dan benar.

Adapun perawatan tambahan seperti halnya pemberian EF, pengkondisian lingkungan, hingga pelatihan mental. Semua treatment tersebut berguna agar membuatnya lebih rajin bunyi, bahkan teler.

Pengembunan Setiap Pagi

Pengembunan Setiap Pagi

Secara umum, perawatannya hampir sama seperti jenis lain, yang pastinya membutuhkan terapi pengembunan setiap pagi. Waktu paling tepat melakukan pengembunan yaitu pukul 04.00 hingga matahari terbit.

Tujuan pengembunan yaitu membuat kucica terangsang agar lebih rajin berkicau. Udara dipagi hari dapat membuatnya merasa lebih rileks, serta mengurangi gejala stress.

Selain itu, pengembunan juga berguna supaya dapat menyetabilkan emosi dan birahinya. Sehingga, dapat mengeluarkan suara kicauannya yang bervariasi dengan rileks.

Kurangi Pemandian

Kurangi Pemandian

Cara untuk membuat kucica teler berikutnya adalah mengurangi frekuensi pemandian. Apabila sobat memandikan 2 kali sehari, maka dalam perawatan ini hanya dianjurkan melakukan satu kali pemandian.

Bahkan, kebanyakan penghobi memandikan sekitar 1 kali dalam seminggu. Namun, sebelum melakukan tahapan membuat kucica teler, sobat harus mengetahui terlebih dahulu karakternya.

Terapi Sauna

Terapi Sauna

Langkah berikutnya yaitu melakukan terapi sauna. Namun, sebelum menggunakan metode ini, sebaiknya sobat ketahui terlebih dahulu mengenai step by step terapi sauna.

Apabila terapi sauna dilakukan secara asal-asalan, malah bisa saja menimbulkan masalah atau pun berakibat buruk. Pastikan terlebih dahulu dalam keadaan sehat.

Sehingga, tubuh dapat menerima pola perawatan tersebut dengan baik. Untuk melakukannya, kalian bisa simak setiap tahapan selengkapnya seperti berikut ini.

  1. Pastikan kandang yang akan digunakan sudah bersih terbebas dari kotoran. Apabila di dalam sangkar terdapat kotoran berbau menyengat, pastinya akan mengganggu pernafasan.
  2. Silahkan ambil cepuk pakan dari dalam sangkar, sisakan cepuk berisi air di dalam sangkar. Hal tersebut berguna agar tidak mengalami dehidrasi di dalam kandang.
  3. Setelah itu, silahkan kalian kerodong sangkar dan basahi menggunakan sprayer.
  4. Semprot perlahan agar tidak membuat kucica kaget.
  5. Jika kerodong sudah basah kuyup, selanjutnya adalah penjemuran di bawah terik matahari secara langsung.
  6. Waktu paling tepat melakukan terapi sauna adalah pukul 09.00 pagi gingga 11.00 siang.

Perlu diingat, terapi sauna ini hanya boleh dilakukan pada kucica yang kondisinya sehat. Karena, terapi sauna ini dapat menguras energi sebanyak 2 kali lipat, jika dibandingkan dengan penjemuran seperti biasa.

Full Kerodong

Full Kerodong

Setelah melakukan terapi sauna, langkah selanjutnya adalah memasukan ke dalam rumah. Kemudian, angin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih sekitar 15 menit, supaya membuatnya rileks.

Jika sudah, masukan cepuk pakan dan EF ke dalam kandang. Apabila sudah mulai makan, kalian bisa mengkerodong sangkarnya dan letakan ditempat yang tenang.

Biarkan ia beristirahat dengan nyaman, sembari dimaster menggunakan mp3 suara kicau lainnya. Sobat bisa DOWNLOAD SUARA BURUNG KACER gacor sebagai materi lagu.

Pemasteran saat waktunya beristirahat bertujuan supaya dapat merekam semua suara masteran dengan baik. Sehingga, suara kicauannya lebih bervariasi saat teler.

Latih di Kandang Umbar

Latiihan di Kandang Umbaran

Agar cepat gacor teler, tentunya memerlukan tahapan pengumbaran. Minimal pengumbaran dilakukan selama satu minggu sekali untuk memperbaiki pernafasan.

Selain memperbaiki pernafasan, pengumbaran juga akan membuat fisik lebih berstamina. Umbaran dapat dilakukan di sore hari sekitar pukul 3 sore.

Ukuran kandang umbaran paling tepat adalah 3 x 1, 5 x 1, 9 meter. Sedangkan durasi pengumbaran yaitu kurang lebih selama 1 hingga 2 jam, agar tidak membuatnya merasa kelelahan.

Berikan Extra Fooding

Cara Membuat Kacer Teler Dengan Memberikan Extra Fooding

Selain menggunakan beberapa tahapan diatas, kalian juga perlu memperhatikan asupan nutrisi hariannya. Supaya dapat mendongkrak perfomance burung, silahkan kalian bisa berikan Extra Fooding.

Pakan tambahan terbaik diantaranya adalah jangrik, orong-orong, kroto, ulat hongkong, kelabang, cacing, belalang, dan sejenis serangga lainnya.

Latih Mental

Cara Membuat Kacer Teler Melatih Mental

Cara membuat kucica teler yaitu melakukan pelatihan mental. Dalam hal ini kalian memerlukan jenis lain yang sudah gacor, tujuannya agar karakter fighter keluar saat berhadapan dengan musuh.

Sobat juga bisa menggunakan metode lain, seperti halnya menggantang sangkar ditempat ramai. Dalam hal ini, dapat kalian letakan di tepi jalan raya atau tempat lainnya.

Pemberian Doping

Cara Membuat Kacer Teler Pemberian Doping

Apabila beberapa treatment diatas kucica tidak mengalami peningkatan, sobat bisa mencoba memberikan doping. Hanya saja pemberian harus dilakukan dengan benar.

Pemberian doping sesuai takaran akan membuatnya lebih rajin berkicau. Metode ini bisa membuatnya tampil prima saat bertemu lawannya, bahkan berkicau hingga teler.

Kesimpulan

Terdapat beberapa treatment supaya jagoan sobat memiliki kualitas kicau bagus, diantaranya yaitu mulai dari pola perawatan, pemberian EF serta pemberian doping. Jika semua tahapan dilakukan dengan benar, maka akan lebih rajin berkicau.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai cara membuat kacer teler. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat supaya jagoanya bisa meraih gelar kejuaraan di kontes kicauan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *