Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Cara Memilih Perkutut Katuranggan Istimewa di Ombyokan!!

Cara Memilih Perkutut Katuranggan

Cara Memilih Perkutut Katuranggan – Sebagaimana diketahui, Perkutut merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang dikenal mampu memberikan suasana tenang serta nyaman di sekitarnya. Bahkan di dalam kebudayaan Jawa, Perkutut juga sangat erat kaitannya dengan hal-hal mistis, khususnya Perkutut jenis lokal.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sudah dari dulu Perkutut diyakini mempunyai kekuatan ghaib atau supranatural yang bisa mendatangkan rejeki, menaikkan jabatan, membuat rumah tangga tentram dan lain sebagainya. Dimana jenis burung Perkutut lokal tersebut biasanya dikenal dengan istilah katuranggan.

Namun sayangnya, dalam memilih Perkutut lokal katuranggan istimewa bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan adanya ketelitian serta pengetahuan luas. Meskipun demikian, tetap saja kalian sebagai pemula sebenarnya masih bisa mengenali dan memahami bagaimana ciri-ciri Perkutut katuranggan.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak mencari dan membeli Perkutut katuranggan istimewa, ada baiknya cari tahu bagaimana tata cara memilihnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara memilih Perkutut katuranggan istimewa dan berkualitas di ombyokan.

Apa Itu Perkutut Katuranggan?

Sebelum pembahasan utama mengenai cara memilih Perkutut katuranggan istimewa di ombyokan, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Katuranggan ialah suatu bentuk ilmu titen. Dimana patokan ini digunakan untuk menentukan watak ataupun karakter suatu makhluk berdasarkan ciri fisiknya, termasuk burung jenis Perkutut.

Seperti dijelaskan sebelumnya, memelihara Perkutut lokal alam dengan katuranggan tertentu diyakini dapat mendatangkan berbagai macam keberuntungan. Beberapa orang juga menganggap bahwa biasanya Perkutut katuranggan memiliki sifat dan karakter sama seperti jiwa serta perilaku pemeliharanya.

Jenis Perkutut Katuranggan

Perlu diketahui, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali jenis Perkutut lokal alam katuranggan. Umumnya setiap jenis Perkutut lokal tersebut mempunyai ciri, sifat hingga karakter tertentu sesuai katuranggannya. Berikut adalah beberapa jenis Perkutut lokal katuranggan yang tersebar di wilayah Indonesia.

  1. Perkutut Songgo Ratu.
  2. Perkutut Lurah.
  3. Perkutut Putih.
  4. Perkutut Hitam (Kul Buntet).
  5. Perkutut Sri Mangapel.
  6. Perkutut Wisnu Wicitro.
  7. Perkutut Wisnu Mangenu.
  8. Perkutut Susumo Wicitro.
  9. Perkutut Pendhowo Mijil.
  10. Perkutut Purnomo Sindhi.
  11. Perkutut Rajek Wesi.
  12. Perkutut Mercu Jiwo.
  13. Perkutut Mustikaning Manuk.
  14. Perkutut Geding Mineb.
  15. Perkutut Gedhong Mengo.
  16. Perkutut Wisnu Murti.
  17. Perkutut Udan Mas.
  18. Perkutut Widahsana Gasta Gasti.
  19. Perkutut Muncis.
  20. Perkutut Gendowo Sabdo.
  21. Perkutut Rupo Cahyo.
  22. Perkutut Condro Sabdo.
  23. Perkutut Misti Kanya.
  24. Perkutut Songgo Bhuono.
  25. Perkutut Kusumo Wicitro.
  26. Perkutut Mercuci.
  27. Perkutut Satrio Pinayungan.

Selain di atas, sebenarnya masih terdapat cukup banyak jenis Perkutut katuranggan istimewa yang bisa membawa keberuntungan kepada pemiliknya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa umumnya setiap jenis Perkutut katuranggan mempunyai ciri ataupun karakter berbeda-beda.

Cara Memilih Perkutut Katuranggan

Cara Memilih Perkutut Lokal Katuranggan

Setelah mengetahui pengertian hingga jenis-jenis serta ciri Perkutut lokal pembawa keberuntungan atau katuranggan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara memilihnya di ombyokan maupun di pasar. Memang benar jika harga burung Perkutut jenis katuranggan akan lebih mahal dibandingkan jenis biasa.

Hal ini dikarenakan Perkutut katuranggan dipercaya bisa memberikan energi-energi positif bagi para pemiliknya, salah satunya yaitu supaya dapat terlihat lebih berwibawa. Agar lebih jelasnya, berikut adalah cara memilih Perkutut katuranggan istimewa dan berkualitas di ombyokan.

1. Cek Bentuk Paruh Perkutut

Cara memilih Perkutut lokal katuranggan pertama yaitu dilihat dari segi atau bentuk paruhnya. Apabila kalian melihat bentuk paruh Perkutut lebih panjang dari ukuran normalnya, maka bisa jadi burung tersebut merupakan jenis katuranggan. Namun, akan lebih baik lagi jika bandingkan Perkutut paruh panjang tersebut dengan Perkutut lainnya.

2. Cek Warna Bola Mata Perkutut

Kemudian cara memilih selanjutnya yaitu dilihat dari warna bola mata Perkutut. Pilihlah Perkutut dengan warna bola mata hitam penuh. Biasanya warna bola mata Perkutut mata hitam penuh tersebut merupakan jenis Perkutut katuranggan Wisnu Murti.

3. Lihat Bulu Putih Perkutut

Memilih Perkutut lokal katuranggan istimewa juga bisa dilihat dari segi corak warna bulu berwarna putih di beberapa bagian tubuhnya, baik itu di kepala, leher, sayap, punggung ataupun di bagian atas pangkal ekornya. Biasanya Perkutut katuranggan mempunyai sedikit corak warna putih di bagian bulunya.

4. Lihat Bentuk Sisik Kaki Perkutut

Cara memilih Perkutut lokal Katuranggan istimewa selanjutnya yaitu melihat bentuk profil sisik kaki Perkutut. Carilah Perkutut dengan bentuk sisik kaki silang-silang sampai ke atas. Biasanya ciri fisik sisik kaki silang-silang menandakan bahwa burung tersebut merupakan jenis Perkutut katuranggan Rajek Wesi.

5. Periksa Bentuk Leher Perkutut

Memeriksa bentuk leher Perkutut bisa menjadi salah satu indikasi bahwa burung tersebut termasuk ke dalam golongan katuranggan atau tidak. Pilihlah bentuk leher Perkutut melengkung seperti ular. Atau kalian juga bisa memilih Perkutut dengan bentuk leher membelah di bagian dalamnya.

6. Periksa Bentuk Dada Perkutut

Cara berikutnya yaitu memilih Perkutut katuranggan dengan memperhatikan bentuk dadanya. Jika Perkutut mempunyai bentuk dada membusung atau menonjol ke depan, segeralah untuk memilihnya. Sebab, Perkutut dengan dada menonjol ke depan seperti perut buncit biasanya termasuk ke dalam jenis katuranggan . Perkutut lokal katuranggan juga biasanya memiliki bentuk dada membelah seperti cekungan dari pangkal leher.

7. Suara Perkutut Katuranggan

Jika di atas merupakan cara atau tips memilih Perkutut katuranggan dari fisik, maka kami juga akan memberikan bagaimana cara memilihnya dari segi suaranya. Umumnya Perkutut katuranggan memiliki suara yang bagus, merdu dan lantang serta irama tanggungannya tidak tergesa-gesa.

Tips Merawat Perkutut Katuranggan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara memilih Perkutut lokal alam katuranggan istimewa dan berkualitas di ombyokan atau pasar. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui cara memilihnya namun tidak mengerti bagaimana cara perawatannya.

Perawatan harian perlu dilakukan dengan benar supaya lebih jinak dan suara burung Perkutut bisa terdengar lebih merdu. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara merawat Perkutut lokal katuranggan, baik itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

  1. Hindari meletakkan Perkutut di lingkungan ramai, kotor serta berdebu karena bisa membuatnya merasa stres.
  2. Berikan Perkutut katuranggan kandang atau sangkar yang bersih dan nyaman.
  3. Mandikan dan jemur Perkutut katuranggan secara teratur supaya burung tampak lebih segar.
  4. Berikan Perkutut pakan berkualitas seperti kacang hijau, jagung, milet dan lain sebagainya setiap pagi, siang dan sore hari.
  5. Berikan pula Perkutut vitamin tambahan atau jamu tradisional supaya kebutuhan gizinya terpenuhi.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan memilih burung Perkutut katuranggan tidaklah mudah, diperlukan adanya ketelitian serta pemahaman luas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya setiap jenis Perkutut katuranggan biasanya mempunyai karakteristik berbeda-beda jika dilihat dari segi fisiknya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara memilih Perkutut katuranggan istimewa dan berkualitas di ombyokan dilengkapi tips perawatan hariannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memilih dan membeli Perkutut lokal katuranggan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.