Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

13 Cara Mengobati Burung Perkutut Cacingan : Obat & Bahan Alami

Cara Mengobati Burung Perkutut Cacingan
Advertisements

Cara Mengobati Burung Perkutut Cacingan – Mempunyai burung peliharaan Perkutut yang sehat dan rajin bunyi atau manggung memang sangat menyenangkan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya suara anggungan Perkutut yang merdu mampu menjadi hiburan tersendiri ketika sedang bersantai di rumah.

Dimana salah satu jenis burung peliharaan tersebut juga memiliki tampilan yang menarik dengan bulu-bulu rapi dan mengkilap sehingga membuat kita semakin betah memandangnya. Akan tetapi, jika pola perawatan harian Perkutut dilakukan secara asal-asalan, maka kemungkinan besar burung tersebut akan rawan terserang penyakit.

Advertisements

Salah satu jenis penyakit burung Perkutut yang terkadang membuat pemiliknya merasa kerepotan untuk mengatasi atau mengobatinya yaitu cacingan. Ketika burung Perkutut mengalami penyakit tersebut, maka biasanya mereka akan terlihat semakin kurus, malas bunyi dan bahkan bulu-bulu di tubuhnya terlihat nyekukruk.

Meskipun demikian, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa solusi untuk mengobati penyakit cacingan pada Perkutut. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap bagaimana cara mengobati burung Perkutut cacingan, entah itu dari segi perawatan harian hingga pemberian pakannya.

Ciri Burung Perkutut Cacingan

Ciri Burung Perkutut Cacingan

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengobati burung Perkutut cacingan, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri atau gejala penyakitnya. Adapun sejumlah ciri-ciri burung Perkutut mengidap penyakit cacingan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Burung Perkutut terlihat lesu.
  • Badan burung Perkutut semakin lama akan semakin kurus (nyilet) meskipun makannya lahap.
  • Bulu-bulu burung Perkutut menjadi terlihat kusam dan tidak rapi.
  • Ketika sedang duduk, ekor burung Perkutut bergerak-gerak sendiri.
  • Mata burung Perkutut berair.
  • Burung Perkutut malas bunyi.
  • Burung Perkutut menjadi malas bergerak.
  • Bulu-bulu burung Perkutut berdiri.

Penyebab Burung Perkutut Cacingan

Setelah mengetahui ciri-ciri atau gejala penyakit cacingan pada burung Perkutut, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa penyebabnya. Seperti diketahui, salah satu jenis penyakit burung kicauan ini sebenarnya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor.

Advertisements

Akan tetapi, penyebab utama mengapa burung Perkutut bisa sampai terkena cacingan yaitu karena kondisi kandang atau sangkar yang tidak bersih. Dimana cacing sendiri dapat menyerang tubuh burung Perkutut pada saat mereka memakan kotoran ataupun pakan berupa serangga yang di dalamnya mengandung larva cacing.

Selain itu, penyakit cacingan pada burung Perkutut juga bisa berawal dari pakan ataupun air minum yang tidak terjaga kebersihannya sehingga tercemar kotoran cacing. Namun, pada intinya penyebab utama burung Perkutut mengalami penyakit cacingan yaitu karena kebersihan sangkarnya tidak terjaga.

Cara Mengobati Burung Perkutut Cacingan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja ciri-ciri burung Perkutut mengalami penyakit cacingan beserta sejumlah penyebabnya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, sebenarnya saat ini masih ada beberapa solusi yang bisa pemilik burung Perkutut lakukan untuk menyembuhkannya dari penyakit cacingan.

Secara garis besar, penyakit cacingan burung Perkutut hanya bisa disembuhkan dengan memberikannya obat-obatan dan ramuan atau jamu dari beberapa bahan alami. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik tata cara mengobati burung Perkutut cacingan di bawah ini, baik itu dari segi pemberian pakan hingga pola perawatan hariannya.

1. Mengobati Menggunakan Obat Cacing

Mengobati Menggunakan Obat Cacing

Cara mengobati burung Perkutut cacingan pertama yaitu dengan memanfaatkan obat cacing yang dijual di kios atau toko burung. Di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali jenis obat cacing untuk burung, mulai dari bentuk tablet, puyer maupun cair. Berikut adalah tata cara mengobati burung Perkutut cacingan menggunakan obat cacing.

Obat Cacing Tablet

Untuk obat cacing berbentuk tablet, kalian bisa memotongnya menjadi kecil-kecil seukuran biji kacang hijau. Setelah dipotong, silahkan lolohkan obat cacing tersebut secara langsung ke burung Perkutut. Pengobatan penyakit cacingan ini bisa dilakukan kurang lebih selama 3 sampai 4 hari sampai cacing tidak lagi keluar dari dubur burung Perkutut.

Obat Cacing Puyer

Sementara untuk obat cacing berbentuk puyer, tata cara pemberiannya harus dicampurkan dengan makanan, entah itu nasi ataupun tempe mentah. Silahkan campurkan obat cacing dengan makanan lalu pilin-pilin menjadi butiran kecil seukuran kacang hijau. Setelah itu, lolohkan secara langsung campuran obat cacing dengan makanan tersebut kepada burung Perkutut.

Obat Cacing Cair

Selain di atas, obat cacing juga tersedia dalam bentuk cairan. Cara mengobati burung Perkutut menggunakan obat cacing cair juga terbilang sangat mudah. Caranya yaitu cukup berikan 2 sampai 3 tetes obat cacing cair pada paruh burung Perkutut. Namun, pemberian obat cacing cair untuk burung Perkutut tersebut juga harus dibarengi dengan pemberian pakan utamanya.

2. Mengobati Cacingan Menggunakan Bawang Putih

Mengobati Cacingan Menggunakan Bawang Putih

Sebelumnya sudah pernah kami jelaskan bahwa bawang putih bermanfaat untuk burung Perkutut, entah itu sebagai anti bakteri, anti jamur, anti virus, hingga anti parasit. Maka dari itu, cobalah berikan burung Perkutut bawang putih sebagai obat tradisional ketika hendak menyembuhkan penyakit cacingannya.

Tata cara pemberiannya sendiri yaitu dilakukan dengan cara memotong bawang putih menjadi kecil-kecil seukuran kacang hijau. Setelah berhasil dipotong menjadi kecil-kecil, silahkan lolohkan bawang putih tersebut secara langsung pada paruh burung Perkutut sebanyak 3 butir.

3. Mengobati Cacingan Menggunakan Kacang Hijau

Mengobati Cacingan Menggunakan Kacang Hijau

Cara mengobati burung Perkutut cacingan selanjutnya yaitu mengunakan kacang hijau. Akan tetapi, sebelum memberikan kacang hijau untuk burung Perkutut, silahkan rebus terlebih dahulu. Apabila sudah terasa empuk, lolohkan 7 butir kacang hijau tersebut ke burung Perkutut. Cara ini terbilang cukup ampuh dalam mengeluarkan cacing dari Perkutut.

4. Mengobati Cacingan Menggunakan Kencur

Mengobati Menggunakan Kencur

Selain menggunakan beberapa bahan alami di atas, mengobati burung Perkutut ketika mengalami penyakit cacingan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kencur. Mungkin beberapa dari kalian sudah mengetahui bahwa kencur bermanfaat bagi Merpati dalam menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Maka dari itu, supaya kondisi kesehatan Perkutut bisa tetap terjaga meskipun mengalami cacingan, sebaiknya berikan kencur secara rutin agar badannya bisa tetap hangat.

5. Menurunkan Burung Perkutut ke Tanah

Menurunkan Burung Perkutut ke Tanah
Advertisements

Cara mengobati burung Perkutut cacingan terakhir yaitu dengan menurunkannya ke tanah. Meskipun tergolong aneh dan tidak masuk akal, namun ternyata cara ini bisa berhasil dalam mengatasi penyakit cacingan pada tubuh burung Perkutut. Dimana salah satu tujuan menurunkan burung Perkutut ke tanah yaitu supaya mereka bisa lebih aktif kembali seperti semula sehingga imun di dalam tubuhnya semakin meningkat.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini sebenarnya terdapat cukup banyak cara yang bisa dilakukan ketika ingin mengatasi penyakit cacingan burung Perkutut. Akan tetapi, supaya burung Perkutut bisa sembuh total dari penyakitnya, dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan pemilik dalam merawatnya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengobati burung Perkutut cacingan entah itu mengunakan obat-obatan ataupun bahan alami di lingkungan sekitar. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika kalian hendak mengobati penyakit cacingan di dalam tubuh burung Perkutut.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.