Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok & Cara Pemberian

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok Semua Jenis
Advertisements

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok – Bagi para penggemar ayam laga atau ayam aduan seperti jenis ayam Bangkok, tentunya mereka harus mengerti bagaimana tata cara perawatan hariannya. Dimana pola perawatan harian yang baik dan benar untuk ayam bangkok sendiri pastinya dibutuhkan supaya kondisi tubuhnya bisa tetap sehat sehingga mampu mengeluarkan performa maksimalnya.

Selain pola perawatan harian, pemberian pakan ayam bangkok juga pastinya perlu diperhatikan, entah itu dari segi jenis, porsi atau takaran hingga waktu ideal pemberiannya. Untuk saat ini, banyak peternak atau penggemar ayam bangkok yang tidak hanya memberikan pakan jenis voer saja, namun juga memberikannya beberapa jenis pakan alternatif lainnya, salah satunya yaitu bawang merah.

Advertisements

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya bawang merah sendiri memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ayam bangkok. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan ayam bangkok bawang merah sebagai pakan alternatif, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu sejumlah manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat bawang merah untuk ayam bangkok dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Bawang Merah

Kandungan Nutrisi Bawang Merah

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat bawang merah untuk ayam bangkok lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi serta gizi di dalam bawang merah tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Besi.
  • Gula.
  • Kalsium.
  • Karbohidrat.
  • Kolesterol.
  • Lemak jenuh.
  • Lemak tak jenuh ganda.
  • Lemak tak jenuh tunggal.
  • Protein.
  • Sodium.
  • Vitamin C.

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok Jantan Betina
Advertisements

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebagian besar penggemar ayam bangkok memanfaatkan bawang merah sebagai alternatif dalam memelihara serta merawatnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya di dalam bawang merah sendiri memiliki sejumlah nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jenis ayam aduan.

Advertisements

Pada umumnya, bawang merah dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami untuk berbagai macam jenis penyakit pada manusia. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah manfaat bawang merah untuk ayam bangkok, entah itu ayam bangkok jantan maupun betina.

1. Obat Antibiotik Untuk Ayam Bangkok

Manfaat bawang merah untuk ayam bangkok pertama yaitu bisa dijadikan sebagai obat antibiotik. Pada saat ayam bangkok bertarung dengan lawannya, maka pastinya mereka akan mendapatkan luka. Nah, pemberian bawang merah ini dapat mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan luka ayam bangkok.

2. Meningkatkan Energi Ayam Bangkok

Supaya performa maksimalnya dapat keluar, tentunya ayam bangkok harus memiliki stamina yang fit dan sehat. Bawang merah sendiri kaya akan energi untuk meningkatkan stamina serta membuat ayam bangkok menjadi lebih sehat. Dengan energi yang cukup, ayam bangkok bisa dijadikan sebagai salah satu kandidat ayam aduan pukul keras.

3. Mengatasi Ayam Bangkok Cacingan

Seperti diketahui, cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun kuman. Dimana penyakit tersebut akan mengganggu sistem pencernaan dan menghambat pertumbuhan ayam bangkok. Jika ayam bangkok kalian mengalami cacingan, cobalah berikan bawang merah untuk mengatasinya.

4. Menjaga Daya tahan Tubuh Ayam Bangkok

Menurut beberapa orang, bawang merah sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh hampir semua jenis ayam aduan, termasuk ayam bangkok. Dimana dengan sistem kekebalan tubuh yang tinggi tersebut mampu membuat ayam bangkok terhindar dari berbagai macam jenis penyakit dan serangan virus.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan Ayam Bangkok

Masih seputar sistem pencernaan ayam bangkok, tentunya hal ini kan menghambat kinerjanya menjadi semakin menurun. Biasanya munculnya masalah sistem pencernaan pada ayam bangkok ditandai dengan menurunnya nafsu makan, lesu, berak kapur atau bahkan berak darah. Untuk mengatasinya, sebaiknya berikan bawang merah secara rutin sesuai porsinya.

6. Mengobati Bubul Ayam Bangkok

Hampir sama seperti cara mengobati korep ayam dengan bawang putih, ternyata bawang merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bubul pada ayam bangkok. Bubul sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup merepotkan dan susah untuk disembuhkan. Maka dari itu, dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemilik ayam bangkok ketika hendak mengobati bubul menggunakan bawang merah.

7. Membentuk Tubuh Ayam Bangkok

Supaya ayam aduan mampu memenangkan sebuah pertandingan, tentunya mereka harus unggul di semua bidang, termasuk tentang postur tubuhnya. Ayam bangkok sendiri diharuskan memiliki tubuh ideal, tidak terlalu gemuk namun juga tidak terlalu kurus. Bawang merah memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa dijadikan untuk menstabilkan bentuk tubuh ayam bangkok.

8. Mengobati Penyakit Ngorok Ayam Bangkok

Mengobati penyakit ngorok juga termasuk ke dalam manfaat bawang merah untuk ayam bangkok berikutnya. Penyakit ngorok biasanya disebabkan karena keadaan temperatur udara di lingkungan sekitar buruk serta akibat adanya pertumbuhan bakteri sehingga harus segera diobati.

9. Mengobati Luka Ayam Bangkok

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bawang merah memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dapat digunakan sebagai obat antibiotik bagi ayam bangkok. Sebenarnya tidak hanya bawang merah saja yang bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk luka, namun cabe rawit juga bermanfaat bagi ayam bangkok dalam menyembuhkan luka.

10. Menguatkan Tulang Ayam Bangkok

Manfaat bawang merah untuk ayam bangkok terakhir yaitu bisa menguatkan tulang dan otot-ototnya. Sebagai informasi tambahan, setiap 100 gram bawang merah mengandung 2% kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang ayam bangkok. Maka dari itu, pemberian bawang merah untuk ayam bangkok sangat dianjurkan, mengingat mereka memang diharuskan memiliki tulang dan otot kuat.

Cara Pemberian Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat tanaman bawang merah untuk ayam bangkok jantan dan betina. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian bawang merah untuk ayam bangkok.

Secara garis besarnya, pemberian bawang merah untuk ayam bangkok dilakukan tergantung pada tujuannya. Misalkan pemberian bawang merah untuk membuat energi ayam bangkok meningkat, maka sebaiknya lakukan pada saat ayam ingin berlaga.

Sedangkan jika tujuan pemberian bawang merah dilakukan untuk mengobati luka ayam bangkok, maka kalian hanya perlu memotongnya kemudian siram menggunakan air panas. Setelah itu gunakan bawang merah tersebut untuk mengompres ataupun membersihkan luka ayam bangkok.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat bawang merah untuk ayam bangkok dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan bawang merah untuk ayam bangkok di rumah.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.