Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Ciri Ciri Lovebird Mabung (Fisik, Suara & Tingkah Laku)

Ciri Ciri Lovebird Mabung

Ciri Ciri Lovebird Mabung – Seperti diketahui, sekarang ini Lovebird menjadi salah satu jenis burung kicauan yang sedang populer dan banyak digemari oleh pecinta kicau mania. Selain warna bulunya yang indah, Lovebird juga mempunyai suara kicauan sangat merdu sehingga kerap diikutkan lomba ataupun kontes.

Supaya suara burung Lovebird terdengar merdu, tentunya diperlukan adanya perawatan serta pelatihan secara rutin dengan benar. Akan tetapi, beberapa pecinta Lovebird mengeluhkan bahwa mereka mengalami cukup banyak kendala ketika memeliharanya, salah satunya yaitu terkait masa mabung.

Perlu diketahui, hampir semua jenis burung Lovebird mengalami masa mabung selama masa hidupnya. Oleh sebab itu, Lovebird yang mengalami masa mabung perlu diperhatikan pola perawatannya. Namun sayangnya, tidak semua orang mengerti apa saja indikasi atau pertanda Lovebird mabung, terutama bagi pemula.

Oleh sebab itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai ciri ciri Lovebird mabung. Selain itu, di bawah ini juga akan kami bahas secara lengkap mengenai kapan Lovebird mengalami mabung serta bagaimana tata cara perawatannya.

Apa Itu Mabung?

Sebelum pembahasan utama mengenai ciri ciri Lovebird mabung, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Mabung, moulting, ngurak atau mbodol merupakan sebuah proses alami yang akan terjadi pada burung dan unggas.

Dimana mabung sendiri ialah suatu proses penggantian bulu-bulu lama berganti menjadi bulu-bulu baru. Di sisi lain, proses mabung ialah masa Lovebird sedang mengalami kondisi paling lemah sehingga diperlukan adanya perawatan ekstra dari pemiliknya.

Ciri Ciri Lovebird Mabung

Ciri Ciri Lovebird Mabung Untuk Semua Jenis

Seperti dijelaskan sebelumnya, hampir semua jenis burung peliharaan mengalami masa mabung atau moulting, termasuk Lovebird sebagai burung kicauan. Mungkin salah satu ciri ciri utama Lovebird mengalami mabung yaitu mengalami kerontokan beberapa helai bulu setiap harinya.

Selain itu, sebenarnya terdapat beberapa tanda atau ciri lainnya yang menandakan bahwa Lovebird mengalami masa mabung. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik ciri ciri Lovebird mabung di bawah ini, baik itu nyulam (mabung sebagian) ataupun mabung secara keseluruhan.

1. Bulu Lovebird Kusam

Ciri ciri pertama Lovebird mabung yaitu bulu-bulu di bagian tubuhnya terlihat lebih kusam dan kurang rapi. Hal ini bisa saja disebabkan karena pada saat mabung, kondisi kesehatan Lovebird akan melemah. Bahkan Lovebird umumnya akan merasakan sakit ketika masa tersebut.

2. Bulu Lovebird Mulai Rontok

Kemudian Lovebird yang mabung juga sebenarnya bisa dilihat dari segi fisik. Dimana pada saat mabung, beberapa helai bulu Lovebird akan tampak rontok dengan sendirinya setiap hari. Proses rontoknya bulu Lovebird ini akan terjadi secara berkala atau bertahap sampai benar-benar rontok secara keseluruhan.

3. Ekor Terlihat Tidak Teratur

Ciri ciri Lovebird mabung selanjutnya yaitu terlihat di bagian ekornya. Pada bagian ekor Lovebird akan terlihat tidak teratur serta acak-acakan. Hal tersebut juga biasanya disebabkan karena Lovebird mengalami sedikit rasa sakit akibat masa mabung ataupun moulting.

4. Lovebird Menjadi Malas Bunyi

Pada saat mabung, gairah Lovebird biasanya akan tampak menurun drastis dibandingkan dengan biasanya, termasuk untuk berkicau. Jadi, pada masa mabung biasanya mereka menjadi malas bunyi, atau bahkan tidak mau mengeluarkan suara isian Lovebird sama sekali.

Akan tetapi, sebagian pemelihara ada yang memaksakan Lovebird supaya tetap ngekek pada saat mabung. Hal ini pastinya perlu dihindari, pasalnya aktivitas tersebut akan menyiksa burung karena membutuhkan tenaga besar untuk melakukannya.

5. Kondisi Fisik Lovebird Lemas

Seiring menurunnya gairah, kondisi fisik Lovebird pada saat mabung juga akan berkurang drastis menjadi sangat lemas. Hal ini tentunya membuat Lovebird menjadi malas bergerak. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya perawatan ekstra dari pemilik baik itu dari segi pola perawatan ataupun pemberian pakannya.

6. Performa Lovebird Menurun

Ciri ciri terakhir Lovebird mengalami masa mabung yaitu performanya menjadi turun dari biasanya. Menurunnya performa Lovebird tersebut pastinya disebabkan karena kondisi fisik lemas serta turunnya gairah untuk beraktivitas seperti berkicau.

Akan tetapi, terdapat beberapa kasus bahwa Lovebird terkadang justru jauh lebih bagus performanya pada saat mabung. Bahkan Lovebird tidak pernah menyelesaikan proses mabungnya sampai bulu-bulu tubuhnya hanya tinggal beberapa helai saja.

Waktu Lovebird Mabung

Setelah mengetahui ciri ciri Lovebird mabung, mungkin sebagian besar dari kalian bertanya-tanya kapan sebenarnya Lovebird mengalami masa tersebut. Secara garis besar, semua jenis Lovebird akan mengalami masa mabung pada usia yang sama.

Dimana Lovebird akan mengalami proses mabung atau moulting pada saat menginjak usia sekitar 3 sampai 4 bulan. Akan tetapi, terdapat juga beberapa jenis Lovebird yang mengalami masa mabung cukup telat, yaitu pada usia 4 hingga 7 bulan.

Maka dari itu, saat kalian merawat Lovebird sejak masih anakan atau bakalan, sebaiknya waspadai pada saat mereka berusia 3 sampai 7 bulan. Seperti diketahui, pada tenggang usia atau umur tersebut Lovebird biasanya mengalami masa mabung pertamanya.

Lama Masa Mabung Lovebird

Selain harus mengerti ciri ciri Lovebird mabung dan kapan waktunya, selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa lama proses tersebut berlangsung. Menurut beberapa pengalaman penggemarnya, Lovebird mengalami proses mabung selama kurang lebih 2 hingga 5 bulan.

Namun, perlu diingat bahwa sebenarnya lama waktu mabung Lovebird akan berbeda-beda setiap jenisnya. Dimana lama waktu mabung Lovebird umumnya akan dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tubuh ataupun fisiknya. Jadi selama jangka waktu tersebut, Lovebird biasanya akan merasakan sakit karena rontoknya bulu-bulu di tubuhnya.

Tips Merawat Lovebird Mabung

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri ciri Lovebird mabung beserta berapa lama proses tersebut berlangsung. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, Lovebird yang mengalami masa mabung membutuhkan perawatan ekstra dari pemiliknya.

Selain harus memperhatikan pola perawatan hariannya, kalian juga sebenarnya perlu memperhatikan pemberian pakan Lovebird saat mabung. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips merawat Lovebird pada saat mengalami masa mabung.

  • Pisahkan Lovebird dari burung jenis lainnya supaya proses mabung bisa lebih cepat.
  • Letakkan sangkar Lovebird di tempat sepi dan tenang, dengan kata lain jauh dari keramaian.
  • Lakukan terapi full kerodong.
  • Jangan memandikan Lovebird pada saat mabung.
  • Jangan menjemur Lovebird saat masa mabung.
  • Ketika proses mabung sudah hampir selesai, sebaiknya berikan pakan ekstra fooding (EF) dengan porsi lebih banyak dari biasanya.
  • Berikan tulang sotong guna membantu pembentukan serta mempercepat penumbuhan bulu.
  • Berikan Lovebird vitamin bernutrisi dan bergizi tinggi.
  • Bersihkan sangkar atau kandang Lovebird secara rutin.
  • Perbanyak waktu istirahat Lovebird.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ciri utama burung Lovebird mengalami masa mabung yaitu bisa dilihat dari rontoknya bulu di seluruh bagian tubuhnya. Selain itu, kondisi fisik Lovebird saat mabung juga akan menurun sehingga performanya juga tidak akan maksimal.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar ciri ciri Lovebird mabung untuk semua jenis dilengkapi dengan sejumlah tips perawatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak merawat Lovebird pada saat masa mabung.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.