Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Penyebab Lovebird Konslet : Perawatan, Pakan & Pelatihan

Penyebab Lovebird Konslet

Penyebab Lovebird Konslet – Di dalam dunia burung kicau terutama Lovebird, terdapat cukup banyak istilah yang kerap digunakan oleh para penggemarnya, seperti konslet serta fighter. Meskipun demikian, tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui apa sebenarnya definisi ataupun pengertiannya, khususnya Lovebird konslet.

Dimana Lovebird konslet sendiri ialah sebuah istilah untuk Lovebird yang dapat ngekek sambil memejamkan mata dengan durasi cukup panjang, bahkan lebih dari satu menit. Tentunya Lovebird yang berada di dalam kondisi tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, baik itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

Pasalnya, untuk mendapatkan Lovebird konslet baik itu jantan atau betina, pastinya membutuhkan beberapa tahapan sehingga pemilik burung perlu bersabar dalam merawatnya. Namun sayangnya, masih ada sebagian penggemar Lovebird di luar sana khususnya pemula belum paham apa saja hal-hal yang menyebabkan burung konslet.

Oleh sebab itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sekilas penjelasan terkait apa saja faktor penyebab Lovebird konslet. Selain itu, di bawah ini juga nantinya akan kami bahas secara lengkap mengenai keunggulan dan kelemahan serta ciri-ciri Lovebird konslet.

Keunggulan dan Kelemahan Lovebird Konslet

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan Lovebird mengalami konslet yaitu bisa mengeluarkan suara kicauan atau ngekek panjang selama lebih dari satu menit. Meskipun demikian, tetap saja bahwa keadaan atau kondisi tersebut akan menimbulkan efek negatif kepada Lovebird.

Maka dari itu, sebelum pembahasan utama mengenai faktor penyebab Lovebird konslet, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangannya. Adapun beberapa keunggulan serta kelemahan Lovebird konslet tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Keunggulan

  • Lovebird konslet lebih hemat energi sehingga mampu mengeluarkan napas dan suara ngekek panjang.
  • Sebagian besar suara Lovebird konslet keras serta lantang.
  • Lovebird konslet tampak lebih cuek dengan lawan. Bahkan ketika lawannya tidak bunyi, Lovebird konslet tetap mau berkicau.
  • Perawatan burung Lovebird konslet tidak terlalu sulit.
  • Lovebird konslet dinilai lebih mandiri.

2. Kelemahan

  • Gaya bertarung Lovebird konslet di trek atau lapangan biasanya kurang garang dan terlihat lebih santai.
  • Umumnya suara Lovebird konslet terdengar lebih pelan, namun tidak semuanya.
  • Proses perawatan Lovebird konslet biasanya membutuhkan untulan atau pasangan sehingga pemiliknya harus mempunyai burung lebih dari satu.

Ciri-Ciri Lovebird Konslet

Ciri Lovebird Konslet

Secara garis besar, Lovebird dalam keadaan konslet biasanya sudah dapat dikenali lewat suara kicauan atau ngekeknya panjang. Meskipun demikian, tetap saja terdapat beberapa ciri yang bisa menandakan bahwa Lovebird sedang mengalami kondisi konslet.

Pada pembahasan sebelumnya juga sebenarnya sudah kami jelaskan bagaimana ciri-ciri Lovebird betina konslet yang umumnya akan sama seperti jantan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik ciri atau tanda Lovebird konslet tersebut di bawah ini.

  • Lovebird konslet biasanya memiliki kepala besar dengan leher panjang.
  • Rata-rata Lovebird konslet memiliki mata terlihat besar, melotot dengan sorot tajam.
  • Bagian pangkal paruh Lovebird konslet berbentuk cukup besar.
  • Ekor Lovebird konslet biasanya melengkung ke arah tangkringan.
  • Sayap Lovebird ngekek menyilang seperti huruf x.
  • Cengkeraman kaki Lovebird konslet sangat kuat.
  • Kaki Liovebird konslet besar dan nagen di tangkringan.
  • Mental Lovebird ngekek akan selalu bagus, baik itu di luar ataupun di dalam lomba.

Penyebab Lovebird Konslet

Seperti sudah kami singgung di atas, sebenarnya Lovebird mengalami keadaan konslet dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan ataupun pelatihannya. Namun perlu diingat bahwa pada intinya Lovebird konslet sangat menguntungkan bagi para pemiliknya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya harga Lovebird konslet biasanya akan melambung tinggi, bahkan 10 kali lipat lebih mahal dari Lovebird biasa. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa faktor penyebab Lovebird konslet, baik itu betina maupun jantan.

1. Lovebird Diberikan Pakan Kenceng

Penyebab Lovebird konslet pertama yaitu karena burung diberikan pakan kenceng oleh para pemiliknya. Dimana pemberian pakan keceng tersebut akan membuat birahi Lovebird semakin tinggi sehingga gairahnya untuk berkicau juga semakin meningkat. Adapun beberapa pakan kenceng untuk Lovebird konslet diantaranya yaitu seperti daun gingseng, bawang putih, merica hingga kecap.

2. Lovebird Dijodohkan Lalu Dipisahkan

Penyebab Lovebird konslet selanjutnya yaitu karena mereka sudah dijodohkan, tetapi ketika sudah jodoh mereka dipisahkan kembali. Hal ini dikarenakan ketika Lovebird sudah berjodoh, maka biasanya mereka akan melampiaskan birahinya dengan cara kawin bersama pasangannya. Namun, pemilik biasanya lebih memilih untuk memisahkan pasang Lovebird tersebut supaya birahinya tetap tinggi.

3. Lovebird Dimandikan Secara Terus Menerus

Kemudian memandikan Lovebird secara terus menerus sepanjang hari mulai dari pagi hingga sore tanpa henti juga bisa menjadi salah satu penyebab burung mengalami konslet. Sebab, kegiatan ini akan membuat Lovebird kelelahan sehingga birahinya akan tinggi dan tidak terkontrol, bahkan sampai tidak ingin kawin.

4. Lovebird Dipaksa Terbang

Membuat Lovebird terpaksa terbang sampai 200 kali dalam seminggu juga bisa menjadi penyebab mengapa mereka mengalami kondisi konslet. Cara membuat Lovebird konslet ini dilakukan dengan memasukkannya ke dalam kandang khusus berbentuk memanjang yang pada bagian tengahnya memiliki poros. Jika Lovebird tidak mau terbang, maka pemilik biasanya akan menyemprotkan air ke bagian kakinya.

5. Lovebird Di master Setiap Hari

Penyebab terakhir mengapa Lovebird konslet yaitu karena pemilik memperdengarkan suara kicauan burung lain setiap harinya. Umumnya pemilik akan memperdengarkan suara kicauan dari speaker secara terus menerus sepanjang hari, bahkan pada malam hari ketika Lovebird harusnya beristirahat.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa umumnya Lovebird konslet biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu dari segi perawatan harian, pemberian pakan ataupun pelatihannya. Namun, pada intinya Lovebird konslet biasanya karena mereka mengalami over birahi.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar penyebab Lovebird konslet, baik itu Lovebird jantan ataupun betina. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mencari tahu apa penyebab Lovebird mengalami kondisi konslet.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.