Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Ciri Lovebird Sudah Bertelur di Glodok : Fisik, Suara & Perilaku

Ciri Lovebird Sudah Bertelur di Glodok
Advertisements

Ciri Lovebird Sudah Bertelur di Glodok – Sebagaimana diketahui, Lovebird merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang sudah terkenal dengan sifat tidak terlalu rewel dan mempunyai harga jual cukup tinggi. Akan tetapi, menurut beberapa pecinta Lovebird yang membudidayakannya menganggap bahwa proses perawatan hariannya bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Pasalnya, beternak Lovebird membutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan supaya hasil telur dapat berisi serta menetas dengan sempurna seluruhnya di glodok. Maka dari itu, pemilik Lovebird perlu mengetahui beberapa hal penting dalam merawatnya, mulai dari pemilihan indukan, ciri saat burung sudah bertelur hingga pola perawatan harian beserta pemberian pakannya.

Advertisements

Mengetahui tanda-tanda Lovebird sudah bertelur di dalam glodok mungkin menjadi salah satu hal penting untuk diketahui oleh para penggemarnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab mengetahui Lovebird sudah bertelur apa belum menjadi langkah pertama dalam proses perawatan kedepannya.

Namun sayangnya, masih ada sebagian penggemar Lovebird khususnya pemula belum mengetahui apa saja ciri-ciri burung tersebut sudah bertelur di dalam glodok. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini penulis akan membantu menjelaskan apa saja ciri Lovebird sudah bertelur di glodok dilengkapi dengan cara perawatannya.

Usia Produktif Lovebird Siap Bertelur

Sebelum pembahasan utama mengenai ciri Lovebird sudah bertelur di glodok, ada baiknya pahami terlebih dahulu usia atau umur produktif salah satu jenis burung peliharaan tersebut siap bertelur. Dimana umur ideal Lovebird mulai dijadikan sebagai indukan ialah setelah mereka menginjak usia 7 sampai 8 bulan.

Memang benar adanya jika indukan Lovebird betina sudah bisa membuahkan telur pada saat usia 5 hingga 6 bulan. Akan tetapi, jika indukan Lovebird masih berusia terlalu muda, maka kemungkinan besar akan mendatangkan beberapa masalah seperti embrio di dalam telur mati karena tidak dierami atau bahkan lebih parahnya lagi anakkannya bisa langsung mati setelah menetas.

Advertisements

Secara garis besar, terdapat sejumlah fase yang akan dialami oleh pasangan Lovebird siap kawin dan mendapatkan telur yang sudah dibuahi. Adapun beberapa fase pasangan Lovebird kawin hingga bertelur di glodok tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Lovebird jantan menarik perhatian betina dengan melakukan regurgitasi, yaitu mengeluarkan makanan dari dalam paruh kemudian menyuapi pasangannya.
  • Pasangan Lovebird akan saling membersihkan bulu mereka satu sama lainnya.
  • Pasangan Lovebird menunjukan perilaku saling mendekati satu sama lain.
  • Proses perkawinan ditandai dengan ciri Lovebird jantan mengelilingi serta menaiki tubuh betina sebanyak 2 sampai 3 kali atau bahkan lebih.

Ciri Lovebird Sudah Bertelur di Glodok

Ciri Burung Lovebird Sudah Bertelur di Glodok

Sebenarnya untuk mengetahui Lovebird sudah bertelur di glodok atau belum dapat dilihat melalui berbagai macam cara, entah itu dari segi fisik, suara hingga perilaku. Sebab, ketika sudah bertelur di glodok, umumnya tingkah laku Lovebird jantan dan betina akan sedikit berbeda dari hari-hari biasa.

Perlu diketahui, pada dasarnya saat ini sudah terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat Lovebird cepat bertelur, baik dari segi perawatan harian maupun pemberian pakannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik ciri Lovebird sudah bertelur di glodok berikut ini.

1. Lovebird Berperilaku Agresif

Ciri pertama Lovebird sudah bertelur di glodok yaitu munculnya perilaku agresif seperti kelabakan, entah itu pada Lovebird jantan maupun betina. Dimana perilaku agresif ini dapat diartikan sebagai bentuk usaha Lovebird dalam melindungi glodok serta calon anakan dari predator atau pengganggu lainnya.

Apabila kalian meletakkan Lovebird di sangkar ternak tergolong aman, maka perilaku ini akan menjadi ciri bahwa burung ingin mengeram. Biasanya Lovebird juga akan menampakkan amarahnya meskipun mereka hanya mendapatkan gangguan kecil atau sepele.

2. Lovebird Jantan Keluar Masuk Glodok

Meskipun hanya induk betina yang akan bertugas mengeram serta bertelur, namun indukan jantan juga biasanya menunjukkan tingkah laku unik, seperti keluar masuk glodok. Hal ini juga bisa menjadi salah satu ciri Lovebird sudah bertelur di dalam glodok. Dimana Lovebird jantan akan tampak sering keluar masuk glodok dengan tujuan untuk memberi perlindungan kepada Lovebird betina dan telurnya.

3. Lovebird Lebih Banyak Diam Saat Mengeram

Ciri Lovebird sudah bertelur di glodok selanjutnya yaitu umumnya mereka akan lebih banyak diam ketimbang hari-hari biasa serta kicauannya akan jauh berkurang. Kondisi tersebut bahkan seringkali terjadi apabila Lovebird sudah benar-benar dalam keadaan mengeram.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Lovebird sensitif terhadap gangguan suara dan memang pada dasarnya mereka sudah fokus untuk menjaga telur. Maka dari itu, apabila kalian ingin mengecek kondisi telur, saran kami sebaiknya lihatlah saat indukan sedang di luar dan hindari saat proses bertelur.

4. Lovebird Gacor

Lovebird akan lebih cerewet dan gacor beberapa hari sebelum waktu bertelur, entah itu dua ataupun tiga hari sebelumnya. Jika memang setelah kurun waktu tersebut Lovebird tidak lagi gacor, maka dapat dipastikan bahwa mereka sudah bertelur di glodok dan fokus untuk mengeram.

5. Bulu Lovebird Mulai Rontok

Rontoknya bulu Lovebird juga bisa menjadi ciri bahwa mereka sudah bertelur di Glodok. Sebagai informasi, sebelum proses bertelur, ciri fisik indukan Lovebird betina akan tampak lebih berisi. Namun, seiring berjalannya waktu Lovebird akan masuk dan lama di dalam glodok untuk bertelur.

Dalam kondisi inilah Lovebird betina akan mulai merontokkan bulu, atau di dalam dunia burung disebut dengan proses mabung. Akan tetapi, perontokkan bulu Lovebird juga tidak dapat dijadikan sebagai pertanda bahwa burung sudah bertelur.

Sebab, terdapat beberapa kasus Lovebird merontokkan bulu karena mengalami sejumlah masalah. Maka dati itu, kalian harus memastikan bahwa Lovebird sudah bertelur dengan cara mengecek glodok setelah proses bertelur selesai.

6. Lovebird Mandi Sendiri

Apabila telur sudah keluar serta burung Lovebird siap mengeram, maka mereka biasanya akan memandikan diri sendiri dan meloloh anaknya. Hal ini lah yang menjadi ciri terakhir bahwa Lovebird sudah bertelur di glodok. Perilaku ini menunjukkan bahwa indukan Lovebird selalu menjaga serta merawat calon anakkannya.

Cara Perawatan Lovebird Sudah Bertelur

Cara Perawatan Lovebird Sudah Bertelur
Advertisements

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja ciri Lovebird sudah bertelur di glodok dari segi fisik, suara hingga tingkah lakunya. Kemudian kalian juga setidaknya harus mengerti bagaimana cara perawatan Lovebird bertelur yang benar, seperti perawatan harian, pemberian jenis pakan Lovebird saat mengeram dan lain sebagainya.

Proses pengeraman telur oleh Lovebird biasanya akan berlangsung selama kurang lebih sekitar 21 sampai 23 hari atau bahkan lebih hingga anakan menetas. Selama proses tersebut berlangsung, ada baiknya lakukan beberapa tips perawatannya supaya kondisi kesehatan pasangan Lovebird tetap terjaga berikut ini.

  • Berikan Lovebird asupan makanan yang mengandung banyak kalsium supaya membantu proses pembentukan cangkang telur di dalam tubuh seperti bayam, telur, tulang sotong dan lain sebagainya.
  • Berikan juga Lovebird asupan kalsium dan vitamin D3 guna membantu penyerapannya melalui sejumlah suplemen vitamin sehingga dapat menghasilkan telur berkualitas.
  • Sebaiknya hindari membuka kandang atau glodok Lovebird betina terlalu sering supaya tidak membuatnya merasa terganggu dan stres.
  • Lakukanlah pemeriksaan secara berkala untuk melihat perkembangan telur Lovebird.

Akhir Kata

Demikian sekiranya informasi dari Birdsny.com seputar ciri Lovebird sudah bertelur di glodok dari segi fisik, suara hingga tingkah lakunya beserta tips perawatan hariannya. Semoga penjelasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mencari tahu apakah Lovebird sudah bertelur di glodok atau belum.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *