Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Lovebird Berjodoh

CIRI LOVEBIRD BERJODOH

Ciri Lovebird Berjodoh – Masing-masing orang yang memelihara burung Lovebird memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang menjadikannya burung lomba, dan ada pula yang memelihara untuk ditangkarkan.

Lovebird lomba memiliki tujuan untuk mendapatkan sebuah prestasi, pada perlombaan atau kontes burung kicau. Sedangkan, beternak Lovebird bertujuan untuk mendapatkan keturunan, ataupun untuk dijadikan ladang bisnis untuk peternaknya.

Untuk Lovebird lomba sendiri, hanyalah memerlukan beberapa metode dan cara dalam perawatanya. Namun, untuk beternak Lovebird harus mengetahui terlebih dahulu, mengenai burung yang akan diternakan tersebut akan berjodoh atau tidak.

Burung Lovebird yang tidak berjodoh, maka tidak akan menghasilkan keturunan atau melakukan perkawinan. Dengan demikian, kalian mungkin memerlukan penjelasan mengenai ciri Lovebird berjodoh, untuk mempermudah proses beternak burung Lovebird.

Ciri Lovebird Berjodoh dan Siap Kawin

Lovebird yang sudah berjodoh dan siap untuk dikawinkan, biasanya memiliki beberapa ciri tersendiri. Bagi kalian yang penasaran, langsung saja simak selengkapnya penjelasan di bawah ini.

Ciri Ciri Burung Lovebird Yang Sudah Berjodoh

LOVEBIRD YANG SUDAH BERJODOH

Seperti halnya pada Lovebird Batman yang sudah berjodoh, memiliki ciri-ciri tersendiri. Ketika kalian menemukan beberapa perilaku seperti yang akan kami bahas di bawah ini, maka dapat dipastikan Lovebird tersebut sudah berjodoh.

1. Tingkah Laku Jantan

TINGKAH LAKU JANTAN

Perhatikan beberapa tingkah laku Lovebird jantan, yang bisa Kalian lakukan untuk mengetahui jika Lovebird sudah berjodoh. Biasanya Lovebird jantan sering menunjukan tingkah seperti merasa tidak tenang dan gelisah. Seperti Lovebird jantan sering mengepakan sayapnya.

2. Tingkah Laku Betina

TINGKAH LAKU BETINA

Tingkah laku Lovebird betina terhadap jantan juga sebaliknya. Seperti ketika betina makan, burung tersebut akan bergantian memberikan makanan pada jantan. Dengan tambahan sebuah kecupan disetiap pemberian makan pada Lovebird jantan.

3. Jantan Memberi Makan Betina

BURUNG LOVEBIRD JANTAN MELOLOH BETINA

Lovebird jantan akan sering terlihat memberikan makanan pada Lovebird betina. Tingkah laku seperti ini, bisa dijadikan sebagai pertanda jika Lovebird tersebut sudah berjodoh. Pemberian makanan biasanya disertai dengan kecupan, sembari bermain dengan Lovebird betina.

4. Tidur Berdampingan

CIRI LOVEBIRD BERJODOH ADALAH SERING TERLIHAT TIDUR BERSAMA

Biasanya Lovebird akan terlihat tidur berdampingan. Baik pada saat tidur siang ataupun malam hari. Dengan tanda-tanda tersebut, bisa kita simpulkan bahwa burung tersebut sudah berjodoh.

5. Saling Meloloh

MELOLOH PASANGANNYA

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, Lovebird dengan jenis kelamin berbeda akan bertingkah aneh ketika sudah berjodoh. Biasanya kedua burung akan saling memberikan makanan satu sama lain, istilah yang biasa digunakan pada jenis burung yaitu meloloh.

6. Tidur Di Satu Glodok

TIDUD DALAM SATU GLOODOK

Lovebird jantan dan betina, yang menghabiskan waktunya lebih lama di dalam glodok. Juga sering terlihat tidur bersama dalam satu glodok. Hal tersebut merupakan salah satu tanda kalau burung tersebut sudah berjodoh.

7. Sering Terlihat Bersama

LOVEBIRD SEJODOH

Ciri Lovebird berjodoh lainnya adalah sering terlihat bersama, baik ketika Lovebird tersebut makan dan juga pada saat bertengger. Jika keduanya memiliki ikatan yang cukup erat, cobalah untuk memisahkan keduanya. Ada hal yang harus kalian ingat, jangan pisahkan mereka terlalu lama. Dengan hal tersebut akan memperkuat hubungan kedua Lovebird tersebut.

8. Betina Terbang Kesana Kemari

LOVEBIRD BETINA TERBANG

Betina yang sudah merasa jika jantan tersebut adalah jodohnya, biasanya akan berperilaku sedikit aneh. Seperti berterbangan kesana-kemari, dan terlihat memiliki gerakan yang lebih gesit dibandingkan hari sebelumnya.

9. Jantan Menaiki Tubuh Betina

JANTAN MENAIKI TUBUH BETINA

Hal tersebut bisa terjadi, karena tingkat birahi Lovebird jantan biasanya terlalu tinggi. Jadi, seakan-akan Lovebird jantan ingin segera mengawini Lovebird betina. Maka dari itu, Lovebird bisa dikatakan sudah berjodoh.

itulah ciri lovebird yang sudah berjodoh. Untuk langkah selanjutnya, kalian juga perlu mengetahui tentang bagaimana ciri Lovebird yang sudah siap kawin, seperti halnya berikut ini.

Cara Menangani Lovebird yang Sudah Berjodoh

Lovebird yang sudah jodoh, biasanya akan membutuhkan penanganan lebih lanjut. Cara menanganinya adalah sebagai berikut.

1. Menyiapkan Kandang Ternak

KANDANG TERNAK UNTUK LOVEBIRD YANG SUDAH BERJODOH

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mempersiapkan kandang terlebih dahulu. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah kandang yang sudah siap untuk beternak, seperti adanya glodok beserta alat yang dibutuhkan lainnya.

Siapkan pula glodok yang biasanya terbuat dari kayu keras. Pastikan kandang ternak sudah diberikan glodok dan juga ranting, atau dedaunan kering guna untuk membangun sarang di dalam glodok.

2. Mengawinkan Lovebird

PERKAWINAN LOVEBIRD YANG SUDAH BERJODOH

Setelah kalian menyiapkan kandang, kalian bisa mengawinkan Lovebird yang sudah berjodoh. Jika Lovebird tersebut sudah berjodoh, pasti akan melakukan perkawinan dan setelah itu akan bertelur. Lovebird biasanya akan mengeluarkan telur sejumlah 1 sampai 4 butir telur.

Sedangkan untuk pengeramannya telur biasanya berlangsung sekitar 21 hari. Dalam hal ini kalian harus memperhatikan soal kebersihan kandang. Karena, kebersihan kandang adalah salah satu pengaruh yang menunjang kesehatan burung Lovebird tersebut.

3. Jangan Melihat Dalam Glodok

CIRI LOVEBIRD BERJODOH DAN LOVEBIRD MULAI BERTELUR

Jika Lovebird sudah berjodoh, dan sudah kalian pastikan burung tersebut sudah melakukan perkawinan. Sebaiknya kalian jangan terlalu sering melihat ke bagian dalam glodok. Karena, ini akan mempengaruhi cepat lambatnya proses bertelur.

4. Rutin Berikan Pakan Berkualitas

BERIKAN PAKAN BERKUALITAS PADA LOVEBIRD YANG SUDAH BERJODOH

Pada saat beternak Lovebird, pemberian pakan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Berikanlah pakan yang berkualitas, dan juga mengandung gizi lengkap. Hal ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi burung dapat terpenuhi. Selain itu, pemberian makanan tersebut akan membuat burung tetap sehat dan tidak mengalami berbagai gejala penyakit.

5. Tunggu Sampai Berproduksi

CIRI LOVEBIRD BERJODOH DAN TUNGGU SAMAPI BERPRODUKSI

Jika kalian sudah melihat beberapa tanda-tanda di atas, maka sebaiknya kalian ikut membantunya. Dengan mempersiapkan sarang dan juga alat-alat yang mendukung untuk Lovebird, agar proses perkawinan bisa berjalan dengan lancar.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan untuk sobat kicau, sebuah ulasan mengenai ciri Lovebird yang berjodoh. Untuk sekedar informasi tambahan kami juga menjelaskan bagaimana cara menangani Lovebird yang sudah berjodoh. Maka dengan hal ini, akan berguna untuk sobat kicau yang ingin beternak burung Lovebird.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *