Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Ciri Perkutut Betina Siap Kawin, Berjodoh & Bertelur

Ciri Perkutut Betina Siap Kawin

Ciri Perkutut Betina Siap Kawin – Sebagaimana diketahui, banyak orang memelihara Perkutut karena suara kicauannya sangat menenangkan untuk didengar. Selain itu, terdapat juga beberapa orang yang menghubungkannya dengan hal-hal berbau mistik dengan segala mitos yang dipercayai, khususnya bagi masyarakat Pulau Jawa.

Di Indonesia sendiri burung Perkutut banyak dijumpai di Pulau Jawa dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000 per ekornya. Harganya yang terbilang cukup tinggi tersebut membuat beberapa masyarakat di Indonesia tertarik untuk beternak Perkutut sebagai ladang bisnis ataupun peluang usaha baru.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan bagaimana tanda-tanda bahwa Perkutut siap kawin, terutama betina. Secara garis besar, Perkutut betina yang sudah siap kawin dengan pejantan biasanya akan menunjukan beberapa perilaku tidak biasa.

Nah, apabila kalian berencana untuk mengawinkan burung Perkutut betina dengan pejantan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana ciri-cirinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap ciri Perkutut betina siap kawin mulai dari fisik, suara hingga tingkah laku atau perilakunya.

Waktu Ideal Perkutut Betina Siap Kawin

Waktu Ideal Perkutut Betina Siap Kawin

Sebelum membahas poin utama mengenai ciri Perkutut betina siap kawin lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu kapan waktu ideal burung tersebut kawin serta bertelur. Seperti dijelaskan di atas, biasanya Perkutut betina yang sudah siap kawin akan melakukan beberapa tingkah laku yang berbeda dari biasanya.

Dimana perilaku atau tingkah laku tersebut disebabkan karena Perkutut betina sedang berada pada puncak birahi sehingga dapat diartikan bahwa mereka sudah siap kawin. Adapun waktu ideal burung Perkutut siap kawin dengan jodohnya dan bertelur yaitu saat mereka sudah dewasa, yaitu sekitar umur 3 sampai 5 bulan.

Ciri Perkutut Betina Siap Kawin

Ciri Perkutut Betina Siap Kawin Bertelur

Setelah mengetahui kapan waktu ideal perkutut betina siap kawin dan bertelur, kemudian langkah selanjutnya yaitu tinggal mencari tahu bagaimana tanda ataupun ciri-cirinya. Secara garis besar, Perkutut betina siap kawin akan menunjukan perilaku atau tingkah laku yang berbeda dari sebelumnya.

Dimana perilaku tersebut kebanyakan akan memancing Perkutut jantan untuk mendekatinya. Namun, sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa Perkutut betina sudah berjodoh dengan pejantan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa ciri Perkutut betina siap kawin, berjodoh serta bertelur.

1. Perkutut Betina Berperilaku Terek

Ciri Perkutut betina siap kawin pertama yaitu mereka berperilaku terek (gedeg-gedeg) kemudian menggerak-gerakkan kepala naik turun. Jika Perkutut betina mengeluarkan perilaku tersebut, maka dapat dipastikan bahwa mereka sedang dalam masa birahi. Selain itu, perlu diingat bahwa perilaku terek Perkutut betina juga biasanya dilakukan di dekat Perkutut jantan.

2. Perkutut Betina Sering Mengikuti Aktivitas Pejantan

Kemudian tanda-tanda Perkutut betina siap kawin yaitu mereka akan lebih sering mengikuti aktivitas Perkutut jantan. Sebagai contoh ketika pejantan sedang makan, maka Perkutut betina umumnya akan terus mengikuti dan mendekatinya. Hal ini juga tidak hanya berlaku saat Perkutut sedang makan saja, namun juga beberapa aktivitas lainnya.

3. Perkutut Betina Sering Cari Perhatian Jantan

Ciri Perkutut betina siap kawin berikutnya yaitu mereka akan sering mencari perhatian Perkutut jantan. Mencari perhatian dalam hal ini dapat dikatakan sebagai bentuk respon Perkutut betina memancing birahi Perkutut jantan. Tingkah laku ini biasanya akan sering dilakukan oleh betina, bahkan sampai suara burung Perkutut jantan bekur sebagai bentuk tanggapannya.

4. Perkutut Betina Sering Meledek Jantan

Setelah semua proses di atas sudah berjalan, biasanya birahi Perkutut betina akan memuncak dan mau bekur. Apabila Perkutut betina sudah dipasangkan dengan jantan, maka mereka juga akan wok wer. Nah pada tahap ini, biasanya Perkutut betina akan sering meledek jantan. Perkutut betina akan meninggalkan jantan atau kabur ketika sudah dinaiki. Umumnya proses ini akan terjadi sebanyak 2 sampai 3 kali.

5. Perkutut Betina Menaikkan Ekor

Ciri terakhir Perkutut betina siap kawin yaitu ada saat mereka berada pada puncak birahi. Pada masa tersebut, Perkutut betina dan jantan akan lebih sering wok wer, meskipun tidak kawin. Cukup berbeda dengan poin di atas, jika sebelumnya betina kabur, namun untuk kali ini betina justru malah mau menaikkan ekor. Apabila Perkutut jantan sangat peka, maka kemungkinan proses kawin akan jauh lebih cepat.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pada intinya Perkutut betina yang sudah siap kawin ditandai dengan memuncaknya birahi. Namun sayangnya, tidak semua Perkutut jantan peka terhadap keinginan betina yang sedang birahi sehingga seringkali proses kawin gagal dilakukan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri Perkutut betina siap kawin, berjodoh dan bertelur dari segi tingkah laku atau perilakunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengawinkan Perkutut peliharaan di rumah.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.