Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

21 Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus (Fisik, Perilaku & Suara)

Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus

Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus – Seperti diketahui, Perkutut merupakan salah satu jenis burung peliharaan terbilang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Perkutut sendiri memiliki bentuk yang lucu serta mempunyai suara indah dan jernih.

JENIS BURUNG PERKUTUT di pasaran sendiri sangat beragam. Namun salah satu jenis yang mungkin menjadi incaran banyak orang yaitu burung Perkutut Lokal. Dimana Perkutut lokal dinilai memiliki katuranggan atau ciri mathi yang bagus untuk dipelihara.

Terlebih lagi, burung Perkutut lokal disebut mempunyai suara anggungan (kung) yang penuh dengan aura magis. Memang benar jika suara Perkutut lokal terdengar kurang merdu. Namun, banyak orang mengklaim bahwa suara Perkutut lokal bisa menentramkan dan menyentuh hati.

Maka dari itu, jika kalian berencana memelihara Perkutut lokal berkualitas, ada baiknya cari tahu karakteristiknya terlebih dahulu. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan ciri ciri Perkutut lokal yang bagus dilengkapi cara tepat dalam perawatannya.

Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus

Perlu diketahui, sebenarnya ciri ciri Perkutut lokal yang bagus dan berkualitas dapat dilihat dari berbagai macam aspek. Dimana aspek-aspek yang menandakan Perkutut lokal bagus diantaranya yaitu mulai dari segi fisik, tingkah laku, suara dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, tetap saja kegiatan memilih Perkutut lokal yang bagus memang bisa dikatakan gampang-gampang susah, khususnya bagi para pemula. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa ciri ciri Perkutut lokal uang bagus dari segi fisik, perilaku, mental hingga suaranya.

1. Tubuh Perkutut Besar

Ciri Perkutut lokal yang bagus pertama yaitu dilihat dari segi bentuk tubuhnya. Perkutut lokal berkualitas mempunyai ukuran tubuh lebih besar dan bulat. Dimana tubuh besar ini bisa menandakan bahwa fisiknya kuat pada saat tampil di lomba.

2. Kepala Perkutut Besar

Kepala Perkutut lokal cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Dengan kata lain, ukuran kepala yang lebih besar dapat mengindikasikan bahwa otaknya juga besar dan pintar.

3. Hidung Perkutut Besar

Selain kepala, hidung Perkutut lokal juga besar. Dengan besarnya hidung Perkutut lokal tersebut membuat sistem pernapasannya menjadi lebih kuat serta mampu manggung dalam durasi cukup panjang.

4. Paruh Perkutut Panjang

Ciri ciri Perkutut lokal yang bagus selanjutnya yaitu memiliki paruh dengan bentuk dan ukuran panjang. Jika Perkutut lokal memiliki paruh panjang, maka bisa dipastikan bahwa burung tersebut rajin bunyi atau rajin manggung.

5. Leher Perkutut Lokal Besar

Pada bagian leher Perkutut lokal, cobalah untuk meraba dan merasakannya, apakah besar atau kecil. Apabila Perkutut lokal mempunyai leher besar dan tenggorokan besar, maka kemungkinan besar suaranya juga pasti besar serta panjang.

6. Pupur Abu-Abu

Kemudian pupur di atas paruh melebar hingga bagian atas mata juga bisa menjadi salah satu ciri ciri Perkutut lokal yang bagus. Dimana pupur Perkutut lokal biasanya berwarna abu-abu bersih dan merata.

7. Leher Warna Abu-Abu

Perlu diketahui, rata-rata burung Perkutut lokal memiliki dominan warna abu-abu. Warna tersebut juga bisa dilihat di bagian leher Perkutut lokal. Perkutut lokal memiliki warna abu-abu terang di leher dengan corak yang melebar.

8. Posisi Mata Perkutut

Bagian mata juga bisa mengindikasikan bahwa Perkutut lokal bagus atau tidak. Posisi mata Perkutut lokal yang bagus biasanya sejajar dengan paruh. Sementara untuk sorot mata Perkutut lokal akan lebih tajam dan terlihat lebih lebar.

9. Bola Mata Bulat

Sementara jika dilihat dari dekat, Perkutut lokal memiliki mata bulat dengan sorot mata tajam. Hal tersebut dikarenakan burung Perkutut lokal kerap melihat burung lain atau mangsa dari kejauhan di dalam hutan.

10. Lingkar Garis Hitam Tegas

Bagian lurik atau lingkar garis hitam Perkutut lokal akan selalu terlihat tegas dan jelas. Namun ciri ciri ini tidak bisa dijadikan patokan khusus karena sebagian besar Perkutut lain mempunyai karakteristik yang serupa.

11. Dada Melengkung ke Dalam

Bagian tubuh Perkutut lokal lainnya yang bisa dijadikan sebagai acuan ciri ciri burung berkualitas dan bagus yaitu di area dada bagian depan. Perkutut lokal yang bagus umumnya memiliki bentuk dada yang cenderung melengkung ke dalam.

12. Punggung Sedikit Menonjol

Kebalikan dari dada, Perkutut lokal mempunyai punggung yang menonjol ke atas. Jika diamati dari bagian samping, maka Perkutut lokal yang bagus mempunyai karakteristik punggung menonjol seperti punuk unta.

13. Fisik Lebih Gagah

Apabila dilihat secara keseluruhan, Perkutut Lokal berkualitas memiliki fisik yang lebih gagah dan proporsional. Ciri ciri Perkutut lokal yang bagus biasanya tidak memiliki bekas luka atau darah di tubuhnya.

14. Bulu Ekor Panjang

Karakteristik burung Perkutut lokal berkualitas selanjutnya yaitu dilihat dari ekornya. Dimana bulu ekor Perkutut lokal akan berukuran lebih panjang dari biasanya. Bahkan semakin panjang ekornya, maka akan semakin bagus pula kualitas Perkutut lokal.

15. Warna Kaki Perkutut Lokal

Ciri khas Perkutut lokal selanjutnya yaitu memiliki kaki lebih pendek berwarna keunguan atau merah kehitaman. Sekedar informasi, jumlah sisik kaki burung Perkutut lokal dianggap mempunyai arti tersendiri bagi para pecintanya.

16. Cengkeraman Kaki Perkutut Kuat

Salah satu acuan untuk mengenali Perkutut lokal berkualitas yaitu ada pada kekuatan cengkeraman kakinya. Kalian bisa mencoba cengkeraman kaki Perkutut lokal dengan cara menyodorkan jari. Jika Perkutut lokal mencengkeram dengan kuat dan tidak mau lepas, maka burung tersebut berkualitas.

17. Usia Perkutut Cukup Tua

Kemudian usia Perkutut lokal yang semakin tua juga bisa menjadi ciri-ciri jenis burung yang bagus. Berbeda dengan Perkutut Bangkok, semakin tua umur Perkutut lokal, maka suaranya akan semakin bagus. Hal ini juga kerap dijadikan salah satu ciri PERBEDAAN PERKUTUT LOKAL DAN BANGKOK.

18. Mental Perkutut Lokal

Memilih Perkutut lokal yang bagus juga harus dilihat dari segi kesiapan mentalnya. Perkutut lokal berkualitas harus memiliki mental fighter atau petarung. Meskipun didekati siapapun, Perkutut lokal biasanya tidak akan pernah merasa takut dan akan tetap bunyi.

19. Suara Perkutut Besar

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu perbedaan antara Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok yaitu bisa dilihat dari segi suaranya. Memang pada umumnya, SUARA PERKUTUT LOKAL terdengar kecil ketimbang Perkutut Bangkok. Namun, jika kalian menemukan Perkutut lokal bersuara besar, maka dapat dipastikan bahwa burung tersebut sangat berkualitas.

20. Kotoran Perkutut Padat

Meskipun terlihat menjijikkan dan kotor, namun sebenarnya kotoran Perkutut lokal bisa menjadi salah satu pertanda bahwa burung tersebut bagus atau tidak. Jika kotoran berbentuk padat, maka menandakan bahwa Perkutut lokal dalam keadaan sehat.

21. Perkutut Tidak Kelabakan

Ciri ciri Perkutut lokal yang bagus terakhir yaitu mereka tidak akan kelabakan atau kerabyakan saat didekati manusia. Mereka justru akan bersikap lebih tenang dan menatap tajam orang di sekitarnya.

Tips Merawat Perkutut Lokal

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri ciri Perkutut lokal yang bagus dan berkualitas, baik itu dari segi fisik, tingkah laku ataupun suaranya. Nah, selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips dalam merawat Perkutut lokal supaya tetap gacor.

  • Berikan Perkutut lokal makanan biji-bijian bergizi tinggi.
  • Berikan 3 butir kacang hijau di sore hari.
  • Berikan 2 butir minyak ikan setiap 3 hari sekali.
  • Pastikan sangkar atau kandang Perkutut lokal tidak terlalu sempit.
  • Bersihkan sangkar burung secara rutin.
  • Jemur Perkutut lokal selama 3 jam setiap hari di antara pukul 07.00 sampai 10.00 pagi.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri ciri Perkutut lokal yang bagus, baik itu dari segi fisik, tingkah laku, mental hingga suaranya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai acuan ketika hendak memilih burung Perkutut lokal berkualitas.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *