Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Manfaat Gambas Untuk Kenari (Waktu & Cara Pemberian)

Manfaat Gambas Untuk Kenari

Manfaat Gambas Untuk Kenari – Kenari merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang kerap dicari oleh banyak orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab Kenari mempunyai karakteristik menarik yang memudahkan pemilik dalam proses perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

Menariknya lagi, Kenari bisa dijadikan sebagai burung tipe petarung, tidak mudah stres serta mudah beradaptasi sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai burung masteran. Akan tetapi, supaya menghasilkan Kenari berkualitas, tentunya dibutuhkan adanya perawatan dengan baik dan benar.

Salah satu cara untuk menghasilkan Kenari berkualitas yaitu dengan memberikan pakan atau ekstra fooding (EF) seperti sayuran gambas atau oyong. Pasalnya di dalam sayuran gambas sendiri mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi supaya membuat Kenari bisa lebih cepat bunyi serta gacor.

Namun, masih ada sebagian pecinta Kenari di luar sana belum mengetahui bagaimana cara dan kapan waktu ideal pemberiannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan manfaat gambas untuk Kenari dilengkapi waktu beserta tata cara pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Pada Gambas

Sebelum pembahasan utama mengenai manfaat gambas untuk Kenari berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi atau khasiat di dalam sayuran tersebut. Gambas atau oyong sendiri sebenarnya mengandung sangat banyak nutrisi yang akan bermanfaat kepada kesehatan burung Kenari.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan kandungan-kandungan nutrisi di dalam sayuran gambas atau oyong.

  • Vitamin.
  • Thiamin.
  • Niacin.
  • Riboflavin.
  • Asam folat.
  • Kalsium.
  • Besi/Ferrum (Fe).
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Natrium.
  • Zinc.
  • Air.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Gula.

Manfaat Gambas Untuk Kenari

Manfaat Gambas Untuk Burung Kenari

Perlu diketahui, sebenarnya manfaat gambas untuk Kenari hampir sama seperti halnya manfaat sawi putih. Hal tersebut dikarenakan kedua jenis sayuran tersebut mempunyai kandungan atau khasiat yang serupa. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik manfaat gambas untuk Kenari berikut ini, baik itu untuk Kenari jantan ataupun Betina.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan Kenari

Manfaat gambas pertama untuk Kenari yaitu bisa melancarkan sistem pencernaan. Dengan sistem pencernaan lancar pastinya akan mempengaruhi aktivitas keseharian Kenari, mulai dari aktivitas berkicau, penjodohan dan aktivitas lainnya menjadi semakin lancar.

2. Mengatasi Gangguan Pernapasan Kenari

Biasanya Kenari macet bunyi dapat disebabkan oleh adanya gangguan pernapasan. Maka dari itu, cobalah untuk memberikan gambas secara rutin dalam beberapa hari sebagai salah satu cara untuk mengatasi Kenari macet bunyi, terutama supaya pernapasannya kembali normal.

3. Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Kenari

Sebagaimana diketahui, Kenari yang mengalami radang tenggorokan pasti akan mempengaruhi suaranya, yaitu menjadi serak. Bahkan di beberapa kasus, radang tenggorokan pada Kenari membuatnya tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali. Oleh sebab itu, gambas kerap dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

4. Menajamkan Penglihatan Kenari

Manfaat gambas untuk Kenari selanjutnya yaitu bisa menajamkan penglihatan. Pasalnya sayuran gambas memiliki kandungan vitamin A di dalamnya yang pastinya sangat bagus untuk kesehatan mata.

5. Bermanfaat Sebagai Obat Cacingan

Gambas juga kerap dijadikan sebagai obat cacingan pada Kenari. Hal ini disebabkan gambas mempunyai senyawa untuk mengatasi cacing di dalam tubuh Kenari. Setelah Kenari mengonsumsi gambas, maka biasanya cacing akan mati dan keluar dengan sendirinya.

6. Bermanfaat Sebagai Antioksidan Kenari

Seperti dijelaskan sebelumnya, gambas kaya akan kandungan vitamin, termasuk vitamin C. Dimana vitamin C pada gambas ini bisa menjadi antioksidan untuk kesehatan Kenari. Dengan begitu, maka kemungkinan Kenari terkena atau terserang penyakit sangat minim.

7. Menstabilkan Birahi Kenari

Manfaat gambas berikutnya yaitu dijadikan sebagai solusi untuk menstabilkan birahi Kenari. Namun, perlu diingat bahwa pemberian gambas tidak boleh terlalu berlebihan. Sebab, pemberian gambas untuk Kenari secara berlebihan justru malah dapat membuat burung tidak memiliki birahi sama sekali.

8. Mengatasi Kegemukan Tubuh Kenari

Tubuh Kenari kegemukan mungkin menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh sebagian pecinta burung kicauan. Pasalnya, Kenari kegemukan bisa menjadikannya kurang aktif serta malas untuk berkicau. Dengan pemberian gambas secara rutin, maka akan membantu menurunkan berat badan Kenari supaya terhindar dari obesitas.

9. Menurunkan Rasa Panas Pada Tubuh Kenari

Pada saat musim kemarau, tentunya suhu udara di lingkungan sekitar terasa cukup panas dan pastinya tidak baik untuk kesehatan Kenari. Nah, di sinilah pemberian gambas untuk Kenari perlu dilakukan. Dimana gambas sendiri bisa menurunkan rasa panas tubuh Kenari.

10. Memancing Kenari Cepat Bunyi

Menurut beberapa orang, gambas juga memiliki manfaat untuk membuat Kenari lebih cepat berkicau. Khusus untuk Kenari bakalan atau anakan, gambas dapat digunakan supaya burung mudah buka paruh dan ngeriwik. Sedangkan untuk dewasa, hasilnya Kenari menjadi lebih rajin bunyi.

11. Meningkatkan Stamina Kenari

Manfaat selanjutnya yaitu bisa dijadikan untuk menambah stamina dan energi Kenari. Jadi, pemberian gambas ini sangat cocok jika Kenari akan diikutkan lomba maupun kontes. Namun, pastikan kembali bahwa kalian tidak memberikan gambas terlalu berlebihan, cukup sesuai dengan porsinya saja.

12. Menjaga Kesehatan Bulu dan Kulit Kenari

Menjaga kesehatan bulu serta kulit dari dalam menjadi manfaat terakhir gambas untuk Kenari. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat khususnya bagi mereka yang memelihara Kenari sebagai ternakan. Sebab, gambas bisa membuat kulit dan bulu Kenari menjadi lebih mulus.

Cara Pemberian Gambas Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah manfaat gambas untuk Kenari, baik itu Kenari jantan ataupun betina. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti bagaimana cara serta kapan waktu ideal pemberiannya.

Meskipun mempunyai banyak manfaat, namun pemberian gambas untuk Kenari sebenarnya harus dilakukan dengan tepat dan hati-hati. Bahkan kalian hanya boleh memberikan gambas pada waktu tertentu sebagai ekstra fooding (EF) atau makanan tambahan.

Pemberian gambas terlalu sering bisa mengakibatkan dampak negatif untuk Kenari. Perlu diketahui, biasanya gambas dengan komponen daging lunak serta lembut tersebut membuat kotoran Kenari menjadi berair atau dapat menyebabkan tenggorokan menjadi berlendir.

Maka dari itu, saran kami sebaiknya berikan gambas atau oyong untuk Kenari secara rutin minimal 1 atau 2 kali dalam seminggu. Adapun tata cara pemberian gambas untuk Kenari tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Cucilah gambas menggunakan air bersih.
  • Setelah benar-benar bersih, silahkan potong menjadi 2 bagian sampai daging gambas terlihat.
  • Gantung gambas menggunakan lidi, bambu tusuk sate ataupun pengait lainnya di dalam sangkar dengan cara daging berwarna putih menghadap Kenari.
  • Atau pemberian gambas juga bisa dilakukan dengan cara memotongnya menjadi kecil-kecil dan letakkan di wadah (cepuk) pakan Kenari.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa gambas atau oyong tidak bisa dijadikan pakan utama Kenari, melainkan hanya sebagai pakan tambahan ataupun ekstra fooding (EF) saja. Meskipun demikian, jika pemberiannya dilakukan secara rutin, maka manfaatnya akan sangat terasa terhadap kesehatan Kenari.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat gambas untuk Kenari jantan dan betina dilengkapi dengan waktu ideal serta tata cara pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan gambas untuk Kenari.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *