Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Manfaat Kangkung Untuk Kenari, Salah Satunya Bikin Gacor!

Manfaat Kangkung Untuk Kenari
Advertisements

Manfaat Kangkung Untuk Kenari – Seperti diketahui, burung menjadi salah satu hewan favorit yang seringkali dijadikan sebagai peliharaan selain kucing, anjing ataupun ikan. Dimana jenis burung di Indonesia sendiri juga sangat beragam dan pastinya mempunyai keunggulannya masing-masing, salah satunya yaitu Kenari.

Kenari mempunyai warna bulu tubuh indah serta memiliki kemampuan kicauan cukup merdu sehingga membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Akan tetapi, untuk mendapatkan performa terbaik Kenari, tentunya kalian harus mengetahui bagaimana tata cara perawatan yang baik dan benar.

Advertisements

Dimana merawat Kenari sendiri tidak hanya dilakukan dari segi kebersihan badannya saja, namun juga dilakukan dari segi pemberian pakannya. Salah satu jenis pakan burung Kenari yang termasuk ke dalam pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) dan pastinya mempunyai sejumlah kandungan khasiat yaitu sayur kangkung.

Nah, apabila diantara kalian berencana untuk memberikan kangkung sebagai pakan tambahan bagi Kenari, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat kangkung untuk Kenari beserta waktu ideal hingga tata cara pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Kangkung

Kandungan Nutrisi Kangkung

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat kangkung untuk semua jenis burung Kenari lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam sayur kangkung tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Protein.
  • Energi.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Zat besi.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin C.
  • Serat.

Manfaat Kangkung Untuk Kenari

Manfaat Kangkung Untuk Burung Kenari
Advertisements

Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih kangkung sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk burung Kenari yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizinya. Dimana beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam sayur kangkung tersebut mampu memberikan khasiat positif bagi tubuhnya.

Advertisements

Akan tetapi, perlu diingat bahwa kangkung hanya dijadikan sebagai pakan tambahan bagi Kenari sehingga tata cara pemberiannya juga harus diperhatikan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat kangkung untuk Kenari berikut ini.

1. Menangani Kenari Insomnia

Manfaat pertama kangkung untuk burung Kenari yaitu mampu menangani insomnia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kangkung mempunyai kandungan unsur sedatif yang bisa membuat Kenari mengantuk sehingga bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, di dalamnya juga terdapat selenium dan zinc yang bisa membuat syaraf Kenari kendur serta santai.

2. Anti Racun Bagi Kenari

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kangkung mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan antiracun. Maka dari itu, tak heran apabila kangkung sangat berguna untuk menyembuhkan sakit pada pembuluh vena Kenari. Dengan kata lain, kangkung bisa dijadikan sebagai obat untuk menghentikan pendarahan apabila Kenari mengalami luka.

3. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh Kenari

Manfaat kangkung untuk Kenari selanjutnya yaitu mampu menambah sistem kekebalan atau imunitas tubuhnya terhadap berbagai macam penyakit, khususnya flu. Seperti halnya khasiat kangkung untuk Lovebird, ternyata sayuran tersebut juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh Kenari karena mengandung vitamin C cukup tinggi.

4. Menyehatkan Penglihatan Kenari

Selain berguna sebagai sistem kekebalan tubuh bagi Kenari, ternyata kandungan vitamin A di dalam kangkung juga sangat bermanfaat untuk kesehatan matanya. Dimana vitamin A sendiri merupakan sebuah antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah serangan radikal bebas pada kornea mata burung Kenari.

5. Membuat Kenari Gacor

Manfaat kangkung untuk Kenari terakhir yaitu mampu meningkatkan birahi sehingga membuatnya semakin gacor, namun dalam kondisi yang masih terkendali. Dengan begitu, Kenari nantinya tidak akan terlalu aktif bergerak dan berkicau karena birahinya masih terkendali. Jadi, pemberian kangkung sangat cocok apabila Kenari ingin diikutsertakan ke dalam lomba ataupun kontes.

Cara Pemberian Kangkung Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah manfaat kangkung untuk Kenari berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengetahui kapan waktu ideal hingga bagaimana tata cara pemberian sayur kangkung sebagai pakan tambahan bagi burung Kenari.

Seperti halnya saat memberikan sawi putih untuk Kenari, sebenarnya pemberian kangkung dapat dilakukan secara langsung dengan cara menggantungnya di sangkar atau kandangnya. Namun, apabila Kenari peliharaan kalian tidak menyukainya, maka cara pemberiannya bisa dilakukan melalui beberapa langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama, silahkan ambil sayur kangkung secukupnya.
  • Saran kami sebaiknya ambil daun atau tangkai kangkung yang masih muda supaya rasanya tidak terlalu pahit.
  • Setelah itu, cuci kangkung menggunakan air sampai bersih.
  • Kemudian tumbuk kangkung tersebut sampai halus dan peras sampai keluar air yang berwarna hijau.
  • Langkah selanjutnya yaitu campurkan ari sari dari kangkung ke dalam cepuk atau wadah minum Kenari.

Perlu diingat, pemberian sari kangkung sebenarnya tidak boleh dilakukan secara berlebihan atau minimal tidak melebihi batas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika Kenari mengonsumsi sayur kangkung secara berlebihan, maka akan membuatnya menjadi over birahi.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kangkung untuk Kenari semua jenis dilengkapi dengan waktu ideal hingga tata cara pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan kangkung sebagai pakan tambahan bagi Kenari kesayangan di rumah.

Sumber gambar : honestdocs.id, thesprucepets.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *