Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Manfaat Kencur Untuk Ayam Bangkok : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Kencur Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Kencur Untuk Ayam Bangkok – Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui bahwa kencur menjadi salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan atau rempah masakan. Selain itu, tanaman juga seringkali diolah menjadi ramuan jamu seperti beras kencur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Bahkan beberapa penggemar atau botoh jenis ayam aduan seperti ayam bangkok juga kerap memanfaatkan kencur sebagai penunjang kesehatan hewan peliharaan mereka. Dimana kebanyakan para botoh ayam bangkok tersebut menjadikan kencur sebagai suplemen ataupun obat herbal sehingga daya tahan dan sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga.

Namun sayangnya, masih ada beberapa orang di luar sana yang belum percaya bahwa kencur memiliki berbagai macam khasiat untuk ayam bangkok. Bahkan beberapa dari mereka juga kerap menanyakan terkait bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian kencur sebagai obat alami atau suplemen tambahan bagi ayam bangkok.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan kencur sebagai pakan tambahan untuk ayam bangkok, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat kencur untuk ayam bangkok dilengkapi dengan cara beserta waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Kencur

Kandungan Nutrisi Tanaman Kencur

Sebelum pembahasan utama mengenai sejumlah manfaat kencur untuk ayam bangkok berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat di dalam tanaman tersebut. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman kencur berikut ini.

  • Protein.
  • Fosfor.
  • Serat.
  • Mineral.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B.
  • Vitamin K.
  • Antioksidan.
  • Asam Anisat.
  • Kamfen.
  • Alkoloid.

Manfaat Kencur Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Kencur Untuk Bangkok

Setelah mengerti sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman kencur, selanjutnya kalian juga harus mengetahui apa saja manfaatnya bagi ayam aduan, terutama ayam bangkok. Pada intinya, kencur akan membuat tubuh ayam bangkok menjadi hangat sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa manfaat kencur untuk ayam bangkok.

1. Obat Anti Nyeri Untuk Ayam Bangkok

Manfaat pertama kencur untuk ayam bangkok yaitu dapat dijadikan sebagai obat alami anti nyeri. Dimana ayam bangkok sendiri kerap mengalami nyeri dari luka yang mereka dapatkan ketika bertarung dengan lawannya, entah itu pada saat latihan ataupun perlombaan.

2. Mencegah Peradangan Luka Ayam Bangkok

Selain dapat digunakan untuk mencegah nyeri, kencur juga ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan luka ayam bangkok. Hal ini dikarenakan kencur mempunyai kandungan antioksidan serta antibakteri sehingga mampu mempercepat penyembuhan luka pada ayam bangkok, hampir sama seperti manfaat bawang merah.

3. Menambah Nafsu Makan Ayam Bangkok

Manfaat kencur untuk ayam bangkok selanjutnya yaitu mampu menambah nafsu makan menjadi lebih meningkat. Biasanya ayam bangkok mengalami penurunan nafsu makan disebabkan karena pemberian jenis pakan kesehariannya kurang beragam. Maka dari itu, cobalah berikan kencur kepada ayam bangkok secara rutin supaya nafsu makannya meningkat.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan Ayam Bangkok

Salah satu penyebab ayam bangkok performanya semakin menurun yaitu karena mereka mengalami masalah atau gangguan kesehatan seperti diare atau mencret. Tentunya hal tersebut juga akan membuat ayam bangkok mengalami penurunan nafsu makan. Untungnya, zat sitotoksis serta antibakteri pada kencur dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan ayam bangkok.

5. Mengobati Masuk Angin Pada Ayam Bangkok

Masuk angin juga menjadi salah satu jenis penyakit umum yang kerap dialami oleh sebagian besar jenis ayam aduan, termasuk bangkok. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kencur mampu membuat tubuh ayam bangkok tetap hangat sehingga mampu mengobati gangguan kesehatan seperti masuk angin.

6. Melegakan Tenggorokan Ayam Bangkok

Manfaat kencur untuk ayam bangkok terakhir yaitu mampu melegakan tenggorokannya sehingga pernafasannya bagus. Dimana pernafasan yang bagus dari ayam bangkok sendiri akan mempengaruhi performanya di pertarungan atau perlombaan. Pada intinya, kencur sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit seperti pilek, flu ataupun ngorok.

Cara Pemberian Kencur Untuk Ayam Bangkok

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat kencur untuk ayam bangkok sesuai dengan kandungan nutrisi dan gizinya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian kencur untuk ayam bangkok.

Sama seperti halnya pemberian kencur untuk merpati, pemberian kencur untuk ayam bangkok juga dapat dilakukan menjadi dua cara, yaitu pemberian sebagai pakan serta sebagai air minum. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara pemberian kencur untuk ayam bangkok.

1. Kencur Sebagai Pakan Ayam Bangkok

  • Kupas kulit kencur sampai bersih.
  • Setelah itu potong kencur menjadi kecil-kecil seukuran biji jagung atau pelet lele.
  • Kemudian lolohkan kencur secara langsung ke paruh ayam bangkok.

2. Kencur Sebagai Air Minum Ayam Bangkok

  • Kupas kencur dari kulitnya sampai bersih.
  • Kemudian tumbuk atau parut kencur sampai halus.
  • Selanjutnya campurkan kencur dengan air secukupnya dan rebus hingga matang.
  • Cara berikutnya diamkan air rebusan kencur sampai dingin.
  • Langkah terakhir, campurkan air rebusan kencur dengan air mineral pada wadah minuman ayam bangkok.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kencur memiliki cukup banyak kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi ayam bangkok. Selain itu, tata cara pemberiannya sendiri dapat dilakukan menjadi dua cara, entah itu secara langsung ataupun dijadikan sebagai air minum ayam bangkok.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kencur untuk ayam bangkok dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan kencur sebagai pakan tambahan bagi ayam bangkok.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.