Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Manfaat Daun Sirih Untuk Merpati : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Daun Sirih Untuk Merpati

Manfaat Daun Sirih Untuk Merpati – Sebagaimana diketahui, memelihara hewan peliharaan seperti burung pastinya membutuhkan perawatan yang baik dan benar supaya performanya tetap bagus. Dimana ketika pola perawatan harian burung dilakukan dengan benar, maka bisa mencegah dan menghindarkan mereka dari berbagai macam jenis penyakit.

Tidak hanya dari segi perawatan kebersihan fisik saja, namun pemilik hewan peliharaan juga perlu memperhatikan pola pemberian pakannya, terutama untuk burung Merpati. Dengan kata lain, di samping memberikan pakan utama Merpati berupa jagung atau beras merah, pemilik juga bisa memberikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) seperti daun sirih.

Perlu diketahui, daun sirih sendiri mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Merpati. Namun sayangnya, masih ada sebagian penggemar Merpati di luar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan bagaimana tata cara serta kapan waktu ideal pemberian daun sirih.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan daun sirih sebagai pakan tambahan Merpati, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat daun sirih untuk Merpati dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Daun Sirih

Kandungan Nutrisi Daun Sirih

Seperti dijelaskan sebelumnya, daun sirih mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi sehingga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan asupan Merpati. Sebelum membahas manfaat daun sirih untuk Merpati lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi serta gizinya di bawah ini.

  • Energi.
  • Air.
  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Mineral.
  • Serat pangan.
  • Lemak.
  • Potasium.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Zat besi.
  • Sodium.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin B3.
  • Vitamin B12.
  • Vitamin C.

Manfaat Daun Sirih Untuk Merpati

Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Merpati

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi daun sirih, selanjutnya kalian juga harus mengetahui apa saja manfaatnya untuk burung Merpati. Pada intinya, daun sirih memiliki kandungan nutrisi yang membuat kondisi tubuh Merpati tetap fit dan sehat.

Namun, porsi takaran pemberian daun sirih untuk Merpati juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat daun sirih untuk Merpati, entah itu Merpati jantan ataupun betina.

1. Menyembuhkan Merpati dari Kutuan

Manfaat dan sirih untuk Merpati pertama yaitu dapat menyembuhkan mereka dari kutuan. Biasanya kutu tersebut berasal karena kondisi kandang atau sangkar Merpati tidak dibersihkan secara rutin oleh pemiliknya sehingga menimbulkan bakteri dan kuman. Maka dari itu, berikanlah daun sirih secara rutin untuk menyembuhkan Merpati kutuan.

2. Menyembuhkan Kaki Merpati Bubulan

Bubulan merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali menyerang hampir semua jenis burung, termasuk Merpati. Biasanya munculnya penyakit tersebut ditandai dengan kaki membengkak, kuku memanjang, sisik kaki melebar atau merenggang.

Nah, jika diantara kalian mengalami permasalahan tersebut, cobalah berikan daun sirih untuk Merpati. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya daun sirih dipercaya mengandung sifat anti bakteri sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa kaki Merpati bubulan bisa sembuh secara bertahap.

3. Menyembuhkan Sakit Mata Merpati

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu dapat dijadikan sebagai obat ataupun ramuan untuk menyembuhkan sakit mata burung Merpati. Seperti diketahui, mata menjadi organ vital Merpati yang harus dijaga kesehatan serta ketajamannya. Jadi, jika mata Merpati mengalami sebuah gangguan, berikan daun sirih sebagai obat burung Merpati untuk mengatasinya.

4. Membuat Merpati Giring Keras

Manfaat daun sirih terakhir untuk Merpati yaitu bisa dijadikan sebagai jamu tradisional mengenai giring keras. Hal ini sebenarnya hampir mirip seperti manfaat kencur untuk Merpati. Dimana daun sirih mampu meningkatkan birahi Merpati sehingga mereka bisa lebih giring dengan pasangannya.

Cara Pemberian Daun Sirih Untuk Merpati

Cara Pemberian Daun Sirih Untuk Merpati

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat daun sirih untuk Merpati, khususnya bagi Merpati balap. Seperti sudah disinggung sebelumnya, masih ada sebagian penggemar Merpati di luar sana merasa bingung mengenai bagaimana tata cara hingga waktu idea pemberian daun sirih sebagai obat atau jamu.

Pada umumnya, pemberian daun sirih untuk Merpati dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu dilolohkan secara langsung serta dijadikan sebagai air minum. Agar lebih jelasnya, berikut kami bahas secara lengkap bagaimana tata cara pemberian daun sirih untuk Merpati, entah itu secara langsung maupun dijadikan sebagai air minum.

1. Pemberian Secara Langsung

  • Siapkan beberapa helai daun sirih segar.
  • Silahkan cuci daun sirih menggunakan air bersih.
  • Setelah bersih dari debu atau kotoran, potong daun sirih menjadi kecil-kecil.
  • Kemudian berikan daun sirih untuk Merpati secara langsung dengan cara dilolohkan.

2. Pemberian Sebagai Air Minum

  • Siapkan beberapa helai daun sirih segar.
  • Kemudian cuci daun sirih menggunakan air bersih.
  • Setelah itu, rebus daun sirih menggunakan air panas.
  • Jika sudah, silahkan saring air hasil rebusan daun sirih tersebut.
  • Apabila sudah dingin, silahkan berikan air rebusan daun sirih tersebut untuk Merpati.

Catatan : Berikan daun sirih sesuai porsi atau takaran Merpati supaya terhindar dari efek samping negatif seperti over birahi ataupun diare.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa ternyata daun sirih mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Merpati. Sementara untuk tata cara pemberiannya sendiri bisa dilakukan melalui dua cara, entah itu secara langsung ataupun dibuat menjadi air minum.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun sirih untuk Merpati semua jenis dilengkapi dengan cara dan waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan daun sirih untuk Merpati.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.