Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

13 Manfaat Daun Binahong Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Daun Binahong Untuk Kenari

Manfaat Daun Binahong Untuk Kenari – Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui apa itu daun binahong. Daun binahong ialah salah satu jenis dedaunan herbal dan toga, tetapi tidak jarang pula beberapa orang menanam tumbuhan tersebut sebagai bahan dekorasi taman maupun pekarangan.

Selain digunakan sebagai dekorasi taman, sebenarnya daun binahong juga memiliki sejumlah kandungan sangat bermanfaat bagi kesehatan burung, terutama Kenari. Dimana daun binahong sendiri mempunyai kandungan nutrisi sangat baik bagi tumbuh kembang Kenari.

Meskipun demikian, masih ada saja orang di luar sana khususnya bagi pecinta burung Kenari pemula belum percaya akan khasiatnya. Bahkan beberapa orang masih bingung mengenai bagaimana tata cara serta kapan waktu ideal pemberian daun binahong untuk Kenari.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan penjelasan mengenai apa saja manfaat daun binahong untuk Kenari, entah itu jantan maupun betina. Selain itu, di bawah ini juga akan kami bahas secara lengkap bagaimana cara peracikan serta kapan waktu pemberian daun binahong untuk Kenari.

Kandungan Daun Binahong

Sebelum pembahasan utama mengenai manfaat daun binahong untuk Kenari, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisinya. Adapun beberapa kandungan nutrisi di dalam daun binahong tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Saponin.
  • Alkaloid.
  • Pilifenol.
  • Minyak atsiri.
  • Protein.
  • Asam oleanolik.
  • Air.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kenari

Manfaat Daun Binahong Untuk Burung Kenari

Sebagaimana diketahui, burung Kenari merupakan salah satu jenis burung peliharaan dan sudah terkenal dengan suara sangat merdu. Untuk menjaga keindahan suara serta kesehatan Kenari, maka kalian sebenarnya bisa memanfaatkan daun binahong.

Mengacu pada kandungan nutrisi daun binahong di atas, tentunya tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan Kenari. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat daun binahong untuk Kenari di bawah ini, baik itu untuk Kenari jantan ataupun betina.

1. Mengatasi Suara Serak Kenari

Manfaat daun binahong pertama untuk Kenari yaitu bisa digunakan sebagai solusi dalam mengatasi suara serak. Tentunya hal ini sangat diperlukan oleh penggemar Kenari, terlebih lagi jika burung tersebut akan diikutkan lomba atau kontes sehingga suara Kenari harus benar-benar dalam kondisi maksimal.

2. Memperkuat Pernapasan Kenari

Manfaat daun binahong selanjutnya yaitu bisa memperkuat pernapasan Kenari. Memperkuat pernapasan Kenari dalam hal ini berarti membantu Kenari memiliki napas panjang sehingga bisa membuatnya lebih gacor. Dengan napas kuat, Kenari dapat mengeluarkan semua suara isian merdunya.

3. Mengatasi Iritasi

Kemudian Kulit Kenari mengalami iritasi juga dapat diatasi menggunakan daun binahong. Sebab, daun binahong mempunyai kandungan yang mampu mengobati Kenari ketika mengalami masalah pada kulit, salah satunya yaitu seperti iritasi karena bakteri ataupun penyakit.

4. Menyembuhkan Luka Kenari

Masih berada di permasalahan kulit, daun binahong juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk penyembuhan luka Kenari. Biasanya luka Kenari bisa disebabkan karena burung terserang penyakit ataupun karena pola perawatan hariannya salah. Cobalah untuk menggunakan daun binahong secara rutin sampai luka Kenari benar-benar sembuh.

5. Mengatasi Kenari Gatal-Gatal

Jika Kenari mengalami gatal-gatal, biasanya mereka akan menggosok-gosokkan tubuhnya pada jeruji sangkar. Hal tersebut tentunya tidak baik karena dapat merusak bulu indahnya. Nah, untuk mencegahnya, kalian bisa memanfaatkan daun binahong sebagai obat untuk mengatasi gatal-gatal pada Kenari.

6. Mengembalikan Kondisi Tubuh Kenari

Manfaat daun binahong untuk Kenari selanjutnya yaitu bisa mengembalikan kondisi tubuh Kenari yang drop. Biasanya Kenari akan mengalami masa drop terutama ketika mereka selesai mabung. Untuk mengembalikan kondisi tubuh Kenari seperti biasanya, sebaiknya berikan daun binahong secara rutin dan teratur.

7. Mengatasi Kenari Diare

Mengatasi Kenari diare juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun binahong. Biasanya Kenari mengalami diare dapat disebabkan karena kondisi kesehatannya sedang tidak baik. Namun, perlu diingat bahwa daun binahong ini hanya digunakan sebagai alternatif saja, bukan sebagai obat utama.

8. Memulihkan Stamina Kenari

Seperti halnya gambas untuk Kenari, pemberian daun bihahong juga dapat dilakukan dengan tujuan untuk menambah stamina. Tentunya stamina yang kuat sangat diperlukan oleh Kenari, terlebih lagi jika mereka hendak mengikuti perlombaan.

9. Menghangatkan Tubuh Kenari

Ketika musim hujan tiba, tentunya udara di lingkungan sekitar akan terasa sangat dingin dan hal tersebut pastinya tidak baik untuk Kenari. Oleh sebab itu, supaya Kenari tidak merasa kedinginan, sebaiknya berikan daun binahong supaya kehangatan tubuh Kenari tetap terjaga.

10. Mencegah Penyakit Akibat Bakteri

Selain sebagai peningkat stamina, daun binahong juga mempunyai manfaat sebagai obat untuk penyakit pada Kenari. Akan tetapi, kami ingatkan sekali lagi bahwa pemanfaatan daun binahong sebagai obat pencegah penyakit Kenari akibat bakteri ini hanya digunakan sebagai alternatif saja.

11. Menyembuhkan Penyakit Snoot

Penyakit snoot mungkin menjadi salah satu jenis gangguan masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh Kenari. Jika memang Kenari mengalami permasalahan kesehatan tersebut, sebaiknya berikan daun binahong setiap pagi dan sore sampai penyakit snoot benar-benar sembuh.

12. Membuat Kenari Aktif

Manfaat selanjutnya daun binahong untuk Kenari yaitu bisa membuatnya menjadi lebih aktif serta lincah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya daun binahong didalamnya mengandung nutrisi cukup tinggi yang digunakan sebagai asupan Kenari setiap harinya. Dengan Kenari yang aktif maka bisa membuat suara kicauannya semakin merdu dan gacor.

13. Menambah Kekebalan Tubuh Kenari

Manfaat daun binahong untuk Kenari terakhir yaitu dapat menjaga serta meningkatkan kekebalan tubuh. Umumnya Kenari akan terlihat lelah dan lesu ketika melewati perjalanan jauh. Hal ini bisa diatasi dengan cara memberikan daun binahong untuk Kenari supaya kekebalan tubuhnya dapat terjaga.

Cara Pemberian Daun Binahong Untuk Kenari

Setelah mengetahui manfaat daun binahong untuk semua jenis burung Kenari, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara peracikan serta kapan waktu ideal pemberiannya. Sebenarnya saat ini pemberian daun binahong untuk Kenari dapat dilakukan melalui beberapa metode.

Dimana pemberian daun binahong tersebut dapat dilakukan dengan cara diracik menjadi air minum, ditumbuk halus, dijadikan tepung sebagai pakan ataupun sebagai gantungan di sangkar Kenari. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tata cara pemberian daun binahong untuk Kenari.

1. Air Minum Daun Binahong

  • Siapkan 3 lembar daun binahong.
  • Kemudian rebus daun binahong dengan 1 gelas air.
  • Tunggulah sampai dingin.
  • Selanjutnya saring air rebusan daun binahong.
  • Setelah itu, berikan air rebusan daun binahong ke Kenari sebagai pengganti air minum.

2. Daun Binahong Ditumbuk Halus

  • Tumbuklah beberapa daun binahong sampai halus.
  • Lalu tumbukan daun binahong tersebut dibagian tubuh Kenari yang terluka, iritasi atau gatal.
  • Agar luka Kenari cepat kering, balurkan daun binahong secara rutin setiap hari.

3. Tepung Binahong Untuk Kenari

  • Jemur beberapa lembar daun binahong di bawah sinar matahari sampai kering.
  • Selanjutnya tumbuk atau blender daun binahong sampai menjadi serbuk atau tepung.
  • Kemudian keringkan kembali menggunakan oven atau di jemur selama 15 sampai 20 menit.
  • Campurkan daun binahong dengan voer sebagai pakan Kenari.

4. Menggantung Daun Binahong di Sangkar

Selain melalui cara di atas, sebenarnya terdapat salah satu cara sederhana ketika hendak memberikan daun binahong untuk Kenari. Caranya yaitu dengan menggantungkannya di dinding sangkar atau kandang Kenari. Sebaiknya gantilah daun binahong setiap hari supaya manfaatnya akan terasa.

Efek Samping Daun Binahong Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat daun binahong untuk Kenari beserta tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Meskipun memiliki sejumlah manfaat, daun binahong juga sebenarnya mempunyai sejumlah efek samping untuk Kenari, terlebih lagi jika pemberiannya dilakukan secara berlebihan.

Adapun beberapa efek samping pemberian daun binahong untuk Kenari tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Kenari bisa over birahi.
  • Kenari mengalami gangguan otot.
  • Bisa membuat Kenari kejang-kejang.
  • Denyut jantung kenari menjadi tidak beraturan.
  • Kenari bisa kehilangan kesadaran.
  • Kondisi Kenari melemah serta terlihat lesu.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun binahong untuk Kenari dilengkapi dengan cara dan waktu pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memanfaatkan daun binahong untuk Kenari.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *