Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Manfaat Brokoli Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Brokoli Untuk Kenari
Advertisements

Manfaat Brokoli Untuk Kenari – Seperti diketahui, brokoli merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang termasuk ke dalam kategori kubis-kubisan. Bentuk sayuran brokoli sendiri hampir mirip dengan kembang kol, hanya saja bagian kuntumnya berwarna hijau tua, sementara kembang kol berwarna putih.

Selain memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, ternyata sayuran tersebut juga sangat bermanfaat bagi burung kicauan, salah satunya yaitu Kenari. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya brokoli sendiri memiliki banyak kandungan gizi yang tergolong cukup lengkap sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi Kenari.

Advertisements

Meskipun demikian, masih ada sebagian penggemar Kenari di luar sana khususnya pemula yang belum mengetahui apa saja manfaat brokoli. Selain itu, terkadang mereka juga masih bingung bagaimana cara memberikan sayur brokoli sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) bagi Kenari.

Maka dari itu, sebelum kalian memberikan Brokoli untuk burung Kenari di rumah, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap manfaat brokoli untuk Kenari dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Gizi Brokoli

Kandungan Gizi Brokoli

Sebelum masuk ke dalam poin pembahasan utama mengenai manfaat brokoli untuk Kenari, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan gizi di dalam sayuran tersebut. Adapun sejumlah kandungan gizi di dalam sayuran brokoli tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Karotenoid.
  • Sulforaphane.
  • Pro vitamin A.
  • Seng.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Kalori.
  • Air.
  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Mangan.
  • Kalium.
  • Vitamin B9.

Manfaat Brokoli Untuk Kenari

Manfaat Brokoli Untuk Burung Kenari
Advertisements

Mungkin beberapa orang menggemari Kenari karena salah satu jenis burung peliharaan tersebut mempunyai bulu-bulu yang indah. Selain itu, suara kicauan burung Kenari juga merdu, bahkan bisa semakin bagus apabila pemiliknya rutin melatihnya setiap hari. Daripada penasaran, berikut adalah sejumlah manfaat brokoli untuk Kenari.

Advertisements

1. Mengenyangkan Kenari

Manfaat brokoli pertama untuk Kenari yaitu bisa mengenyangkannya. Yang dimaksud dengan mengenyangkan dalam hal ini yaitu brokoli mampu menjaga kekenyangan Kenari menjadi lebih lama dari biasanya sehingga mereka tidak akan mudah lapar.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh Kenari

Seperti dijelaskan sebelumnya, brokoli sejumlah kandungan gizi di dalamnya. Sehingga hal tersebut pastinya akan berpengaruh terhadap kesehatan Kenari. Jadi, pemberian brokoli untuk Kenari sangat bermanfaat ketika kalian ingin menjaga kondisi kesehatan tubuhnya agar tetap stabil.

3. Menjaga Kesehatan Tulang Kenari

Mungkin sebagian besar pecinta Kenari sudah mengetahui bahwa kesehatan tulang sangat penting untuk diperhatikan. Nah, salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tulang Kenari yaitu dengan memberikan brokoli secara rutin. Pasalnya, brokoli sendiri mempunyai kandungan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang Kenari.

4. Mengobati Penyakit Jantung Kenari

Manfaat selanjutnya brokoli untuk Kenari yaitu dapat mengobati penyakit jantung. Dimana sayuran brokoli di dalamnya terdapat kandungan gizi berupa glucoraphanin terbilang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk jantung Kenari. Namun, ketika ingin memberikan brokoli untuk Kenari, pastikan porsinya sesuai.

5. Mempertajam Mata Kenari

Seperti halnya manfaat gambas untuk Kenari, brokoli juga sebenarnya membantu mempertajam mata Kenari. Hal ini dikarenakan brokoli mempunyai kandungan gizi berupa vitamin A yang mampu memelihara kesehatan mata serta membuatnya semakin tajam dan semakin baik.

6. Memelihara Keindahan Bulu Kenari

Kandungan vitamin C dan E di dalam sayuran brokoli sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit serta bulu Kenari. Sebenarnya manfaat brokoli untuk memelihara keindahan bulu Kenari hampir sama seperti manfaat tulang sotong. Hanya saja tulang sotong memiliki keunggulan dalam memperbaiki bulu Kenari ketika mengalami kerusakan.

7. Mencegah Kenari Stress

Kemudian manfaat sayuran brokoli untuk Kenari selanjutnya yaitu mampu mencegah burung mengalami stress berat. Biasanya kondisi stress akan dialami oleh Kenari ketika pola perawatan ataupun pemberian pakan hariannya kurang tepat oleh pemiliknya. Nah, untuk menghindari itu semua, saran kami sebaiknya berikan Kenari brokoli secara rutin guna mencegah kondisi stress.

8. Membuat Kenari Cepat Gacor

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, selain keindahan bulu mungkin suara burung Kenari menjadi salah satu daya tarik bagi sebagian besar orang. Agar bisa membuat Kenari gacor siang dan malam, kalian bisa memanfaatkan sayuran brokoli. Dengan kata lain, brokoli bisa dijadikan sebagai alternatif untuk membuat Kenari cepat gacor.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh Kenari

Manfaat brokoli terakhir untuk Kenari yaitu menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap stabil serta normal seperti seharusnya. Hal ini juga umumnya akan terjadi ketika pemilik memberikan sawi putih untuk Kenari. Jadi, pemberian brokoli secara rutin bisa membantu menjaga daya tahan tubuh Kenari dari segala macam serangan bakteri maupun virus.

Cara Pemberian Brokoli Untuk Kenari

Setelah memahami sejumlah manfaat brokoli untuk Kenari, selanjutnya kalian kalian juga harus mengerti bagaimana cara hingga waktu ideal pemberiannya. Sebenarnya, untuk saat ini tata cara pemberian brokoli untuk Kenari bisa dilakukan melalui beberapa metode. Berikut adalah tata cara pemberian brokoli untuk Kenari, entah itu Kenari jantan maupun betina.

1. Brokoli Diberikan Langsung

Cara pemberian brokoli pertama untuk Kenari yaitu diberikan secara langsung. Sebelum memberikannya, silahkan cuci sayuran brokoli menggunakan air bersih supaya bebas dari racun-racun seperti pestisida. Setelah bersih, silahkan berikan secara langsung melalui cepuk wadah pakan atau digantungkan di sangkar Kenari.

2. Brokoli Direbus

Perlu diketahui, sayuran brokoli mungkin memiliki tekstur sedikit lebih keras jika dibandingkan dengan sawi putih sehingga beberapa Kenari mungkin enggan memakannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, cobalah rebus brokoli terlebih dahulu supaya tidak teksturnya tidak terlalu keras.

3. Brokoli Dihaluskan

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan namun Kenari enggan memakannya karena dirasa terlalu keras, maka solusi terakhir yaitu menghaluskannya. Kalian bisa menghaluskan brokoli dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah brokoli menjadi kecil, silahkan berikan ke Kenari.

Waktu ideal pemberian brokoli untuk burung Kenari sendiri sebenarnya bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk usia paud, serta 2 kali seminggu untuk dewasa. Selain itu, saran kami pemberian brokoli untuk Kenari ini dilakukan sebagai pakan tambahan sehingga harus diimbangi dengan pakan EF lainnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya brokoli mempunyai cukup banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Kenari. Akan tetapi, porsi pemberiannya brokoli untuk Kenari juga perlu diperhatikan. Sebab, jika pemberiannya berlebihan, maka bisa mengakibatkan efek tidak baik untuk kesehatan Kenari.

Demikian penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat brokoli untuk Kenari dilengkapi apa saja kandungan gizi, cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan brokoli sebagai pakan tambahan untuk Kenari kesayangan.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.