Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan
Advertisements

Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan – Sebagaimana diketahui, bekicot merupakan salah satu jenis hewan bercangkang yang seringkali dianggap menjijikkan oleh sebagian orang. Biasanya para petani menganggap binatang tersebut sebagai hama perusak tanaman.

Meskipun demikian, ternyata di dalam daging bekicot mempunyai cukup banyak gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi unggas. Bahkan, saat ini bekicot juga seringkali dijadikan sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding bagi jenis ayam aduan.

Advertisements

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai bagaimana cara pemberiannya. Pada umumnya, peternak memberikan bekicot untuk ayam aduan dengan cara merebusnya menjadi makanan matang terlebih dahulu.

Nah, apabila kalian berencana memberikan bekicot sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat bekicot untuk ayam aduan dilengkapi cara pemberiannya.

Kandungan Gizi Bekicot

Kandungan Gizi Bekicot

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat bekicot untuk ayam aduan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan gizinya. Adapun sejumlah kandungan gizi dan nutrisi di dalam daging bekicot tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Protein.
  • Air.
  • Energi.
  • Lemak.
  • Abu (ASH).
  • Karbohidrat.
  • Fosfor.
  • Zat Besi.
  • Kalsium.
  • Vitamin C
  • Vitamin B12.
  • Thiamin (Vitamin B1).
  • Retinol (vitamin A).
  • Karoten.

Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan

Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan Semua Jenis
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan bekicot sebagai pakan bagi ayam aduan yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa manfaat bekicot untuk ayam aduan.

Advertisements

1. Membuat Ayam Aduan Menjadi Ganas

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa pemberian pakan tambahan berupa binatang hidup akan membuat keganasan dan keagresifan ayam aduan semakin meningkat. Nah, bekicot sendiri sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk membuat ayam aduan menjadi lebih ganas di arena.

2. Mempercepat Pertumbuhan Ayam Aduan

Manfaat bekicot untuk untuk ayam aduan selanjutnya yaitu mampu mempercepat proses tumbuh kembangnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya daging bekicot sendiri mempunyai kandungan protein cukup tinggi sehingga mampu membantu proses pertumbuhan ayam aduan menjadi lebih cepat.

3. Melancarkan Peredaran Darah Ayam Aduan

Kemudian bekicot juga sangat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah pada ayam aduan. Ketika peredaran darah ayam aduan lancang, maka dapat dipastikan juga bahwa kinerja jantung juga akan semakin lancar. Hasilnya membuat kulit ayam menjadi merah serta stamina semakin meningkat.

4. Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Pada pembahasan sebelumnya sudah pernah kami jelaskan bahwa terdapat beberapa rahasia dalam memperpanjang nafas ayam aduan, salah satunya yaitu menggunakan bekicot. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa orang bahwa pemberian bekicot efektif dalam memperpanjang nafas ayam aduan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ayam Aduan

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, bekicot mengandung vitamin B dan B12 yang sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh ayam aduan. Jadi, pemberian pakan tambahan berupa bekicot ini akan sangat efektif dalam menjaga daya tahan tubuhnya, terutama ketika memasuki musim pancaroba.

6. Menyembuhkan Luka Ayam Aduan

Seperti halnya manfaat kunyit bagi ayam aduan, ternyata bekicot juga bisa dimanfaatkan sebagai obat ketika ingin menyembuhkan lukanya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kandungan lendir pada bekicot diklaim mengandung enzim khusus yang dapat membantu proses penyembuhan luka.

7. Menyehatkan Bulu Ayam Aduan

Mempunyai bulu yang indah dan mengkilap memang menjadi salah satu bagian penting agar ayam aduan terlihat lebih berwibawa. Karena di dalam bekicot terdapat kandungan asam amino, maka tidak ada salahnya apabila kalian memanfaatkan binatang tersebut untuk membuat bulu ayam aduan tetap sehat.

8. Mencegah Penyakit Kurap Pada Ayam Aduan

Penyakit kurap memang termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit yang mudah menular, bahkan kepada ayam aduan berusia dewasa sekalipun. Nah, untuk mencegah ataupun mengatasi penyakit tersebut, kandungan lendir pada daging bekicot dianggap mampu dan ampuh dalam membunuh bakteri penyebabnya.

9. Meningkatkan Stamina Ayam Aduan

Manfaat bekicot untuk ayam aduan terakhir yaitu mampu meningkatkan stamina ayam aduan. Seperti diketahui, stamina ataupun energi menjadi poin penting supaya ayam aduan bisa memenangkan pertandingan di arena. Sebenarnya, poin ini juga masih berkaitan dengan tips ampuh untuk memperpanjang nafas ayam aduan.

Cara Pemberian Bekicot Untuk Ayam Aduan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah manfaat bekicot untuk ayam aduan berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara pengolahan hingga waktu ideal pemberian bekicot untuk ayam aduan.

Untuk saat ini, sebenarnya pemberian daging bekicot untuk ayam aduan sebagai pakan tambahannya bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu diberikan secara matang ataupun mentah. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai cara pemberian bekicot untuk ayam aduan.

1. Dijadikan Tepung Bekicot Matang

Untuk menjadikan daging bekicot sebagai tepung, hal pertama yang harus dilakukan yaitu membersihkan dengan cara merendam nya di air garam selama sekitar 30 menit. Kemudian bersihkan kembali bekicot menggunakan air biasa, lalu rebus hingga 20 menit lamanya.

Cara berikutnya yaitu mengeringkan bekicot dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Setelah itu, giling daging bekicot menggunakan mesin giling atau ditumbuk sampai halus, entah itu dengan ataupun tanpa cangkangnya.

2. Dijadikan Tepung Bekicot Mentah

Cara kedua ini sebenarnya tergolong lebih mudah ketimbang cara sebelumnya. Pertama-tama, bersihkan bekicot menggunakan air bersih terlebih dahulu. Setelah itu, bekicot bisa langsung dijemur di bawah sinar matahari hingga kering, yaitu sekitar 3 sampai 4 hari

Apabila proses penjemuran sudah selesai, maka langkah selanjutnya yaitu tinggal menggiling daging bekicot sampai halus. Perlu diingat, untuk pemberian bekicot secara langsung tanpa direbus terlebih dahulu, pastikan bahwa kebersihan dan dosis pemberiannya sudah tepat.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat bekicot untuk ayam aduan semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjadikan daging bekicot sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan.

Sumber gambar : hellosehat.com, bizniz.id

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *