Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Manfaat Jangkrik Untuk Ayam Bangkok : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Jangkrik Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Jangkrik Untuk Ayam Bangkok – Seperti diketahui, jangkrik merupakan salah satu jenis serangga yang mempunyai tubuh berbentuk silinder dengan ciri khas antena di bagian kepalanya. Pada umumnya, hewan yang satu ini tinggal di daerah beriklim tropis. Tetapi bagi sebagian orang jangkrik seringkali dianggap sebagai hama perusak tanaman, khususnya bagi petani.

Secara garis besarnya, jangkrik bisa dikonsumsi entah itu oleh manusia ataupun bintang. Dimana jangkrik sendiri biasa dijadikan sebagai pakan utama burung kicau supaya memiliki suara yang indah. Selain itu, ternyata jangkrik juga mempunyai sejumlah kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jenis ayam aduan, terutama ayam bangkok.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Pada dasarnya, tata cara pemberian jangkrik sebagai pakan tambahan untuk ayam bangkok sendiri sebenarnya sangat mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan jangkrik sebagai pakan tambahan bagi ayam bangkok, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat jangkrik untuk ayam bangkok dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Gizi Jangkrik

Kandungan Gizi Jangkrik

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak para botoh memberikan jangkrik sebagai pakan tambahan untuk ayam bangkok yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Menurut beberapa penelitian, kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam tubuh jangkrik dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan ayam bangkok.

Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai manfaat jangkrik untuk ayam bangkok lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungannya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi serta gizi di dalam tubuh jangkrik tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Protein.
  • Lemak.
  • Kalsium.
  • Karbohidrat.
  • Zat besi.
  • DHA 9 asam amino.

Manfaat Jangkrik Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Jangkrik Untuk Jenis Ayam Bangkok

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam tubuh jangkrik, maka selanjutnya yaitu tinggal memahami apa saja sejumlah manfaatnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai manfaat jangkrik untuk ayam bangkok, entah itu ayam bangkok betina maupun jantan.

1. Meningkatkan Stamina Ayam Bangkok

Seperti halnya manfaat jahe untuk ayam bangkok, manfaat jangkrik untuk ayam bangkok pertama yaitu mampu meningkatkan stamina atau energinya. Jadi, pemberian jangkrik akan sangat dibutuhkan ketika ayam bangkok kesayangan ingin mengikuti perlombaan atau kontes.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ayam Bangkok

Sebagaimana diketahui, ayam bangkok membutuhkan sangat banyak gizi dan nutrisi guna menjaga daya tahan tubuhnya tetap prima. Dimana jangkrik sendiri mengandung vitamin dan nilai gizi yang seimbang sehingga mampu membuat ayam bangkok terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

3. Membantu Pembentukan Otot Ayam Bangkok

Manfaat jangkrik untuk ayam bangkok selanjutnya yaitu mampu membantu dalam proses pembentukan tulang dan otot. Pasalnya, jangkrik mengandung protein yang sangat tinggi, bahkan melebihi dari makanan dari pabrikan. Oleh sebab itu, jangkrik sangat baik untuk pertumbuhan dan stamina ayam bangkok.

4. Membuat Ayam Bangkok Lebih Bringas & Ganas

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa binatang hidup dipercaya akan membuat ayam bangkok menjadi lebih ganas dan agresif. Nah, jangkrik sendiri sangat bermanfaat untuk ayam bangkok yang mengalami masalah mental. Jadi, pemberian jangkrik untuk ayam bangkok akan membuatnya menjadi lebih ganas dan bringas.

5. Membentuk Tubuh Ayam Bangkok Menjadi Ideal

Ukuran dan bentuk tubuh menjadi salah satu faktor penting pada ayam bangkok. Intinya ayam bangkok membutuhkan bentuk badan yang proporsional dan ideal. Jangkrik sendiri dinilai mampu membantu membentuk tubuh ayam bangkok menjadi lebih ideal dan proporsional karena kandungan protein di dalamnya.

6. Menyehatkan Bulu Ayam Bangkok

Menyehatkan bulu dan kulit menjadi salah satu manfaat jangkrik untuk ayam bangkok berikutnya. Ketika pemilik atau penggemar ayam bangkok memberikan jangkrik secara rutin sesuai porsinya, maka akan membuat bulu-bulunya menjadi lebih mengkilap sehingga bisa terlihat lebih cantik dan indah jika dipandang.

7. Menambah Berat Badan Ayam Bangkok

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, jangkrik sangat berguna untuk membentuk tubuh ayam bangkok menjadi lebih proporsional. Dengan kata lain, pemberian jangkrik sebagai pakan tambahan ayam bangkok mampu menambah berat badannya sehingga mereka bisa mempunyai tubuh yang ideal.

8. Meningkatkan Produktivitas Ayam Bangkok

Manfaat jangkrik untuk ayam bangkok terakhir yaitu mampu meningkatkan produktivitasnya, khususnya bagi betina. Ternyata pemberian jangkrik secara rutin kepada ayam bangkok indukan bermanfaat dalam menambah produktivitas. Selain itu, jangkrik juga mampu membuat pemulihan bobot ayam bangkok betina setelah mengeram.

Cara Pemberian Jangkrik Untuk Ayam Bangkok

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah manfaat jangkrik untuk ayam bangkok berdasarkan kandungan nutrisinya. Nah, selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian jangkrik sebagai pakan tambahan untuk ayam bangkok.

Namun, perlu diingat bahwa pemberian jangkrik yang berlebihan atau tidak sesuai bisa membuat tubuhnya mengalami permasalahan, seperti halnya pada efek kelebihan jangkrik pada Murai Batu. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah cara hingga waktu ideal pemberian jangkrik berdasarkan usia ayam bangkok.

1. Jangkrik Untuk Ayam Bangkok Muda

Bagi ayam bangkok muda yang masih berusia 4 sampai 7 bulan, kalian bisa memberikan jangkrik secukupnya, namun tetap memperhatikan porsinya. Sebaiknya pemberian jangkrik saat ayam bangkok masih muda jangan terlalu berlebihan, karena bisa mengganggu masa pertumbuhannya.

2. Jangkrik Untuk Ayam Bangkok Dewasa

Sementara untuk ayam bangkok dewasa berumur 7 bulan ke atas, kalian dapat memberikan jangkrik secara rutin sebagai pakan tambahannya. Silahkan berikan 1 sampai 2 ekor jangkrik berukuran kecil setiap hari guna meningkatkan kualitas ayam bangkok dewasa.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat jangkrik untuk ayam bangkok dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan jangkrik sebagai pakan tambahan bagi ayam bangkok.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.