Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Aduan : Cara & Waktu Pemberian

Manfat Temu Ireng Untuk Ayam Aduan

Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Aduan – Mungkin sebagian besar dari kalian belum begitu mengenal dengan jenis tanaman temu ireng. Tanaman yang juga dikenal dengan nama temu kunci ini termasuk ke dalam jenis tanaman herbal berkhasiat seperti halnya temulawak, lengkuas ataupun laos.

Pada umumnya, tumbuhan tersebut biasanya hidup secara liar di dalam hutan. Akan tetapi, karena temu ireng memiliki berbagai macam manfaat serta memiliki nilai jual, maka kini banyak masyarakat yang tertarik untuk membudidayakannya.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan manusia saja, namun ternyata temu ireng juga sangat berguna untuk menunjang kesehatan jenis ayam aduan. Namun sayangnya, masih banyak orang di luar sana yang kebingungan mengenai bagaimana tata cara pemberian tamu ireng untuk ayam aduan.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan ayam aduan pakan temu ireng, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang manfaat temu ireng untuk ayam aduan dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Temu Ireng

Kandungan Nutrisi Temu Ireng

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat temu ireng untuk ayam aduan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman temu ireng tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Flavonoid.
  • Essential oil.
  • Kurkumin.
  • Desmetoksikurkumin.
  • Alkaloid.
  • Saponin.

Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Aduan

Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Aduan Semua Jenis

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman temu ireng, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaatnya bagi ayam aduan. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap sejumlah manfaat temu ireng untuk semua jenis ayam aduan.

1. Sebagai Obat Cacing Untuk Ayam Aduan

Cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali menyerang ayam aduan, terutama ayam bangkok. Ketika ayam aduan mengalami cacingan, maka dapat dipastikan nafsu makannya akan menurun. Nah, kandungan minyak atsiri di dalam temu ireng mempunyai manfaat untuk membasmi cacing di dalam tubuh ayam aduan.

2. Memperpanjang Nafas Ayam Aduan

Seperti diketahui, mempunyai nafas panjang merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh semua jenis ayam aduan. Dimana sistem pernafasan ayam aduan yang bagus akan sangat berguna pada saat pertarungan agar mereka tidak mudah lelah. Ternyata, pemberian temu ireng dipercaya mampu memperpanjang nafas ayam aduan peliharaannya.

3. Meningkatkan Nafsu Makan Ayam Aduan

Selain dapat memperpanjang nafas ayam aduan, tumbuhan temu ireng juga mempunyai khasiat untuk meningkatkan nafsu makannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya temui ireng sendiri mengandung zat kurkumin di dalamnya sehingga mampu membuatnya menjadi lebih lahap saat menyantap makanan.

4. Mengeluarkan Racun dari Tubuh Ayam Aduan

Manfaat temu ireng selanjutnya yaitu mampu mengeluarkan racun dari tubuh ayam aduan. Efek mutagenik dari zat metanolik pada tanaman temu ireng ternyata memiliki khasiat untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh ayam aduan. Menariknya lagi, zat tersebut juga berperan sebagai pencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Meningkatkan Stamina Ayam Aduan

Kemudian beberapa botoh juga seringkali memanfaatkan temu ireng untuk meningkatkan atau mendongkrak stamina ayam aduan. Dimana pemberian jamu racikan dari bahan temu ireng secara rutin sesuai takaran dipercaya mampu membuat stamina ayam aduan meningkat secara signifikan.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan Ayam Aduan

Memperlancar sistem pencernaan ayam aduan juga termasuk ke dalam salah satu khasiat tanaman temu ireng. Hampir sama seperti halnya manfaat jahe untuk ayam bangkok, pemberian temu ireng secara rutin ternyata bisa menjadikan sistem pencernaan ayam aduan menjadi lebih bersih dan sehat sehingga terhindar dari ancaman bakteri ataupun kuman dari air minum ataupun pakannya.

7. Menjaga Kesehatan Kulit Ayam Aduan

Temu ireng juga ternyata mampu menjaga kesehatan kulit ayam aduan dari berbagai macam bakteri dan kuman seperti tungau. Jadi, supaya kulit ayam aduan bisa tetap terjaga kesehatannya, cobalah berikan jamu atau ramuan racikan dari temu ireng secara rutin sesuai porsinya.

8. Menjaga Kesehatan Tenggorokan Ayam Aduan

Manfaat temu ireng untuk ayam aduan terakhir yaitu mampu menjaga kesehatan tenggorokannya. Seperti halnya manfaat kencur untuk ayam bangkok, untuk menjaga kesehatan dan melegakan tenggorokan ayam aduan ternyata dapat dilakukan menggunakan temu kunci. Bahkan, temu ireng dipercaya mampu menyembuhkan sakit ngorok ataupun pilek pada ayam aduan.

Cara Pemberian Temu Ireng Untuk Ayam Aduan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat temu ireng untuk semua jenis ayam aduan, entah itu ayam aduan jantan maupun betina. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui sejumlah manfaatnya, namun tidak mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai tata cara hingga waktu ideal pemberian temu ireng untuk ayam aduan peliharaan.

  • Siapkan sejumlah buah tanaman temu ireng.
  • Kemudian cuci buah tanaman temu ireng sampai bersih.
  • Setelah itu parut temu ireng.
  • Cara berikutnya rendam parutan temu ireng di dalam air panas selama 30 menit.
  • Lalu peras air rendaman temu ireng hingga terpisah dari ampasnya.
  • Silahkan berikan air hasil rendaman temu ireng kepada ayam aduan minimal 3 kali sehari.

Efek Samping Temu Ireng Untuk Ayam Aduan

Secara garis besarnya, pemberian temu ireng untuk semua jenis ayam aduan tidak menimbulkan risiko atau efek samping sama sekali. Dengan kata lain, apabila ayam aduan kesayangan mengonsumsi temu ireng dalam jumlah banyak, maka tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Hanya saja mungkin ayam aduan akan merasakan rasa yang sangat pahit pada saat pemberian temu ireng. Jadi, apabila pemberian temu ireng untuk ayam aduan tidak ditambahkan dengan bahan lain, maka bisa menimbulkan efek rasa pahit yang tidak hilang-hilang.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat temu ireng untuk semua jenis ayam aduan dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan jamu temu ireng untuk ayam aduan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.