Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

13 Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas & Cara Mengatasi!

Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas
Advertisements

Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas – Seperti diketahui, beternak ialah salah satu kegiatan paling umum dilakukan oleh banyak orang sebagai sebuah aktivitas tambahan yang bermanfaat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya beternak sendiri seringkali dijadikan sebagai bisnis sampingan yang mampu mendatangkan banyak keuntungan.

Di Indonesia sendiri, salah satu gaya berbisnis yang sering dijumpai yaitu beternak ayam, entah itu untuk jenis ayam lokal, ayam pedaging ataupun ayam petelur. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka mengalami beberapa masalah ketika beternak, salah satunya yaitu telur tidak mau menetas.

Advertisements

Munculnya permasalahan seperti telur ayam tidak mau menetas sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal hingga eksternal. Apabila mengalami permasalahan tersebut, sebaiknya kalian jangan terlalu khawatir karena masih ada beberapa cara atau solusi untuk mengatasinya.

Oleh sebab itu, apabila kalian ingin mengatasi telur ayam tidak mau menetas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai sejumlah penyebab telur ayam tidak menetas dilengkapi dengan tata cara mengatasinya.

Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas

Penyebab Telur Ayam Tidak Mau Menetas

Telur-telur ayam yang tidak menetas memang menjadi hal menyebalkan dan seringkali menimbulkan tanda tanya besar. Padahal mungkin kalian berfikir bahwa sudah memberikan perawatan terbaik dan telaten untuk telur-telur ayam tersebut.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tidak menetasnya telur-telur ayam sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari faktor internal maupun eksternal. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik beberapa penyebab telur ayam tidak menetas berikut ini.

Advertisements

1. Keberadaan Ayam Jantan

Penyebab telur ayam tidak mau menetas pertama biasanya dikarenakan tidak adanya keberadaan ayam pejantan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya meskipun ayam betina tetap bisa bertelur tanpa adanya ayam jantan, namun telur nantinya tidak akan bisa menetas. Selain itu, faktor usia ayam jantan juga mempengaruhi daya tetas telur karena berkaitan dengan tingkat kesuburannya.

2. Suhu dan Kelembapan Mesin Penetas Telur

Kemudian telur ayam tidak atau gagal menetas juga bisa disebabkan karena suhu dan kelembapan mesin penetas. Apabila kalian menetaskan telur melalui bantuan mesin, maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu suhu serta kelembapannya. Karena suhu yang fluktuatif ketika salah mengatur termostat atau adanya sebuah kebocoran pada mesin tetas biasanya akan mengakibatkan telur tidak menetas.

3. Perbandingan Rasio Ayam Jantan dan Betina

Perbandingan rasio ayam betina dan jantan juga bisa menjadi salah satu penyebab telur tidak menetas. Secara garis besarnya, rasio ideal ayam jantan dan betina indukan yaitu 1 jantan serta 6 betina. Jadi, ketika rasio terlalu besar, maka akan membuat telur tidak dibuahi oleh pejantan, akibatnya telur-telur tersebut nantinya akan gagal menetas.

4. Penyimpanan Telur Ayam Terlalu Lama

Jangka waktu penyimpanan telur ayam juga ternyata sangat berpengaruh terhadap daya tetasnya. Dimana semakin lama telur disimpan, maka daya tetas telur juga akan semakin menurun. Dengan kata lain, kalian harus benar-benar memperhatikan jangka waktu penyimpanan telur ayam.

5. Faktor Pembalikan Telur Ayam

Masih dari segi perawatan, faktor pembalikan telur ayam tidak optimal juga bisa menjadi penyebab gagal menetas. Pada umumnya, pembalikan telur ayam dilakukan minimal 2 kali sehari pada saat usia ke-4 sampai 18 hari. Setelah kurun waktu tersebut, kalian pembalikan sudah tidak diperlukan, kalian hanya perlu menunggu telur untuk menetas saja.

6. Jenis Pakan Ayam

Selain dari segi eksternal atau faktor luar, penyebab telur ayam tidak mau menetas juga bisa disebabkan karena faktor internal, yaitu jenis pemberian pakan. Pasalnya makanan ayam juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kesuburan telur sehingga mempengaruhi daya tetasnya.

7. Tempat Kurang Nyaman

Tempat atau kandang kurang nyaman tentunya bisa menjadi salah satu penyebab telur gagal menetas. Dalam beternak ayam petelur, kalian harus benar-benar memperhatikan tempat tidur ayam atau tempat untuk mengerami telurnya. Sebaiknya buatlah ayam merasa nyaman di dalam sangkar atau kandangnya tersebut.

8. Riwayat Telur Ayam Sudah Tidak Subur

Selanjutnya penyebab telur ayam gagal menetas lainnya yaitu karena mempunyai riwayat tidak subur atau biasa disebut dengan istilah infertile egg. Dimana telur yang sudah tidak subur tersebut telah diinkubasi karena memiliki piringan embrio atau blastodisc (lapisan jaringan embrio) tanpa adanya tanda-tanda darah.

9. Telur Terlalu Cepat Menetas

Penyebab telur ayam tidak mau menetas terakhir yaitu karena telur terlalu cepat menetas sebelum masanya. Hal ini akan menyebabkan telur justru gagal menampakkan wujud anak-anak dari induknya. Kegagalan telur yang menetas sendiri biasanya akan memberikan hasil seperti bau busuk dan gumpalan darah setengah ayam belum terbentuk.

Cara Mengatasi Telur Ayam Tidak Menetas

Cara Mengatasi Telur Ayam Tidak Menetas
Advertisements

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah penyebab telur ayam tidak mau menetas, entah itu dari segi internal maupun eksternal. Apabila mengalami masalah di atas, sebaiknya kalian jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa solusi atau tata cara agar telur ayam bisa menetas semua.

Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan mengenai cara mengatasi telur ayam tidak menetas di bawah ini.

1. Gunakan Mesin Tetas Buatan

Seperti sudah dijelaskan pada pembahasan mengenai cara menetaskan telur ayam dengan kardus, mungkin menetaskan telur ayam menggunakan mesin tetas buatan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan di atas. Hal ini dikarenakan mesin tetas buatan berfungsi untuk menjaga telur agar tetap terawat hingga menetas.

2. Memperbaiki Jenis Pakan

Kemudian cara mengatasi telur ayam tidak menetas selanjutnya yaitu memperbaiki jenis pakan induk ayam. Jadi, sebaiknya cukupi semua kebutuhan nutrisi dan gizi induk ayam seperti protein, kalsium, vitamin D hingga fosfor agar membantu proses pengeraman telur menjadi lebih baik.

3. Membuat Kondisi Kandang Ideal

Seperti sudah dibahas sebelumnya, kandang atau sangkar ayam kurang nyaman menjadi salah satu penyebab telur tidak menetas. Oleh karena itu, sebaiknya buat kondisi kandang secara ideal supaya induk ayam beserta telurnya bisa terjaga dengan baik.

4. Mengaplikasikan Probiotik Untuk Menunjang Kualitas DOC

Perlu diketahui, DOC merupakan bibit ayam berumur kurang dari 10 hari. Dimana nutrisi yang diberikan kepada ayam baru lahir ternyata sangat berpengaruh terhadap perkembangannya ketika memasuki masa produktif. Apabila kalian memberikan nutrisi tidak tepat, maka ayam juga akan menghasilkan telur tidak berkualitas dan bahkan tidak bisa menetas. Maka dari itu, berikan nutrisi tepat kepada bibit ayam baru menetas agar nantinya bisa menghasilkan ayam berkualitas.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar penyebab telur ayam tidak menetas dilengkapi dengan solusi atau tata cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika mengalami masalah telur ayam tidak mau menetas.

Sumber gambar : kompas.com, food.detik.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *