Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Pakan Ayam Umur 2 Bulan Agar Cepat Besar & Cara Pemberian

Pakan Ayam Umur 2 Bulan Agar Cepat Besar

Pakan Ayam Umur 2 Bulan Agar Cepat Besar – Seperti halnya hewan lainnya, dalam beternak ayam tentunya pakan menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Pasalnya, jika kalian menginginkan ayam sehat, kuat dan tangguh, berikanlah ayam peliharaan pakan yang tepat, entah itu dari segi jenis, waktu hingga tata cara pemberiannya.

Dimana kebutuhan nutrisi ayam pada setiap tahap pertumbuhannya tidaklah sama. Maka dari itu, pemberian pakan bagi ayam juga pastinya berbeda-beda, tergantung umur atau usianya. Pada saat ayam peliharaan memasuki umur 60 hari atau 2 bulan, dibutuhkan adanya perawatan dengan cermat oleh pemiliknya, khususnya mengenai pemberian jenis pakannya.

Sebab, pada umur tersebut ayam akan memasuki masa pertumbuhannya, baik itu jenis ayam aduan, ayam kampung, ayam pedaging maupun ayam petelur. Namun sayangnya, para peternak khususnya yang masih pemula merasa kebingungan jenis pakan apa yang cocok untuk ayam saat masih berusia 2 bulan ke atas.

Maka dari itu, jika kalian hendak memberikan pakan ayam umur 2 bulan agar cepat tumbuh besar, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu jenis-jenisnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai jenis pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar dilengkapi dengan waktu ideal hingga cara pemberiannya.

Pengaruh Pakan Pada Pertumbuhan Ayam

Sebelum pembahasan poin utama mengenai pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa pengaruhnya. Pada artikel sebelumnya sudah pernah kami jelaskan bahwa terdapat 2 hal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ayam, yaitu faktor internal dan eksternal.

Dimana faktor internal dapat dikatakan menjadi penentu utama pertumbuhan ayam, entah itu dari segi gen maupun hormon. Sedangkan faktor eksternal berarti faktor luar yang bisa mendorong pertumbuhan ayam, salah satunya yaitu terkait pemberian pakan berkualitas dengan asupan gizi dan nutrisi tinggi.

Hal inilah yang mengharuskan seseorang perlu memperhatikan pola pemberian pakan ayam sesuai dengan tahapan pertumbuhan dan umurnya. Di samping itu, umur ayam juga dapat dijadikan sebagai patokan ataupun acuan bagi pemilik ketika hendak melakukan perawatan hariannya.

Pakan Ayam Umur 2 Bulan Agar Cepat Besar

Setelah mengetahui beberapa pengaruh pola pemberian pakan pada pertumbuhan ayam, selanjutnya kalian juga harus mengerti jenis pakan apa yang cocok untuk ayam umur 2 bulan agar mereka bisa tumbuh besar dengan cepat. Perlu diketahui, pada rentang usia 2 bulan, ayam sudah mulai bisa dilepas dari kandang ataupun diumbar.

Meskipun demikian, para peternak harus tetap membatasi karena saat umur tersebut ayam masih rentan terhadap penyakit. Dimana waktu ideal pengumbaran ayam umur 2 bulan sendiri yaitu maksimal 2 jam setiap harinya. Pada intinya, pengumbaran ini perlu dilakukan dengan tujuan agar ayam tidak malas untuk bergerak.

Sementara dari segi pemberian pakan ayam usia 2 bulan sendiri sebenarnya dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, mulai dari pakan konsentrat hingga pakan racikan. Daripada penasaran, di bawah ini adalah jenis pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar dan gemuk dilengkapi waktu ideal hingga tata cara pemberiannya.

Pakan Konsentrat

Pakan Konsentrat

Sebagaimana diketahui, kosentrat atau biasa dikenal dengan istilah voer merupakan salah satu jenis pakan paling cocok untuk ayam usia 2 bulan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pakan voer sendiri sangat mudah dicerna anak ayam umur 2 bulan dan pastinya mengandung nutrisi serta gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan.

Umumnya, untuk ayam umur 2 bulan diberikan pakan konsentrat atau voer Hi Pro Vote Pokphand dengan kode 592. Voer berbentuk sedikit kasar ini sudah bisa kalian dapatkan dengan mudah di toko-toko pakan ayam dengan harga mulai dari Rp 15.000 per kilogramnya. Sementara jika ingin membeli dalam kemasan 50 kg, maka siapkan anggaran dana kurang lebih sekitar Rp 450.000.

Untuk tata cara pemberiannya sendiri sebenarnya sama seperti pada umumnya. Pemberian voer 592 untuk ayam umur 2 bulan agar cepat besar dapat dilakukan secara langsung dengan menambahkan sedikit air. Namun, jika pemberiannya dilakukan tanpa dicampur dengan air, maka kalian perlu memastikan bahwa ketersediaan air di dalam kandang ayam tercukupi.

Pakan Racikan

Pakan Racikan

Selain pakan konsentrat atau voer, kalian juga bisa memberikan ayam umur 2 bulan dengan beberapa jenis racikan pakan dari bahan ataupun komposisi alami di lingkungan sekitar. Pada pembahasan sebelumnya juga sudah pernah kami jelaskan secara lengkap mengenai tata cara membuat pakan ayam agar cepat besar dan gemuk.

Selain itu, beberapa peternak ayam juga kerap memberikan pakan jenis kyojin agar mereka bisa tumbuh besar dan gemuk. Dimana pakan tersebut berisikan campuran beberapa serbuk enzim serta bahan-bahan lainnya yang kaya akan protein, lemak dan kalsium. Tentunya beberapa nutrisi tersebut akan mencukupi kebutuhan asupan ayam umur 2 bulan setiap harinya.

Tips Merawat Ayam Umur 2 Bulan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai jenis-jenis pakan untuk ayam umur 2 bulan agar cepat besar dan gemuk. Selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips supaya ayam peliharaan bisa tumbuh besar dengan sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

Selain harus memperhatikan pola pemberian pakannya, kalian juga pastinya harus benar-benar mencari dan mengganti kandang lebih luas dari sebelumnya. Untuk ukurannya sendiri kalian bisa menyesuaikannya dengan jumlah dari anak ayam yang dipelihara.

Intinya, pastikan buat kandang tidak terlalu sempit dan sesak. Bahkan akan lebih baik buatlah ukuran kandang ayam cukup besar sehingga membuat anak ayam umur 2 bulan nantinya bisa lebih bebas dalam bergerak. Selain itu, berikan juga tangkringan atau tenggeran untuk melatih sayap serta otot kaki ayam.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis pakan untuk anak ayam agar cepat besar dan gemuk. Namun, agar ayam bisa tumbuh besar dengan cepat, maka peternak harus mencukupi semua kebutuhan nutrisi dan gizi di setiap harinya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar jenis pakan ayam umur 2 bulan agar cepat besar dan gemuk dilengkapi waktu ideal hingga tata cara pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menentukan jenis pakan untuk anak ayam usia 2 bulan ke atas.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.