Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Vitamin Ayam Bangkok Agar Cepat Gemuk & Cara Pemberian

Vitamin Ayam Bangkok Agar Cepat Gemuk

Vitamin Ayam Bangkok Agar Cepat Gemuk – Para pecinta ayam aduan akan merasa bangga jika hewan peliharaannya mempunyai tubuh gemuk dan ganas, khususnya jenis ayam Bangkok. Dimana agar bisa mendapatkan bentuk tubuh proporsional tersebut dibutuhkan adanya perawatan khusus agar ayam Bangkok tampil garang saat di kontes maupun perlombaan.

Beberapa orang kerap melakukan berbagai macam cara dalam merawat ayam Bangkok supaya menjadi gemuk, salah satunya yaitu dengan memberikan pakan berkualitas. Biasanya mereka mendapatkan makanan dari racikan pakan ayam Bangkok seperti campuran voer, beras merah, nasi hingga sayuran bernutrisi serta bergizi tinggi.

Namun sayangnya, pemberian pakan berkualitas saja sebenarnya tidak cukup dalam menggemukkan tubuh ayam Bangkok. Jadi, kalian juga harus memberikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) seperti vitamin dan suplemen agar mencukupi semua kebutuhan asupan nutrisi kesehariannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana menggemukkan ayam Bangkok dengan cara memberikan vitamin, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu jenis-jenisnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi vitamin ayam Bangkok agar cepat gemuk dilengkapi kandungan nutrisi hingga cara pemberiannya.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ayam Bangkok

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ayam Bangkok

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar vitamin ayam Bangkok agar cepat gemuk berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan salah satu jenis unggas tersebut. Dimana faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam aduan sendiri terdiri dari dua hal, yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor berasal dari ayam Bangkok sendiri disebut dengan faktor internal, seperti gen hingga hormon. Sementara faktor eksternal yaitu faktor luar yang mendorong pertumbuhan ayam Bangkok, mulai dari asupan gizi pada makanan, lingkungan sampai ada atau tidaknya penghambat seperti virus ataupun penyakit lainnya.

Jadi, pada intinya pemberian makanan pada ayam Bangkok harus mengandung zat nutrisi dengan perbandingan tertentu seperti protein, asam amino lisin serta energi metabolis. Adapun beberapa kandungan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan ayam Bangkok tersebut terdapat di dalam beberapa jenis vitamin atau suplemen.

Vitamin Ayam Bangkok Agar Cepat Gemuk

Vitamin Ayam Bangkok Agar Cepat Gemuk dan Besar

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tujuan utama pemberian vitamin untuk ayam Bangkok yaitu agar memaksimalkan pertumbuhan berat badannya. Selain itu, vitamin juga memiliki beberapa kandungan nutrisi lainnya yang akan menyehatkan pertumbuhan bulu serta nafsu makan jenis ayam aduan.

Menariknya lagi, toko-toko pakan hewan peliharaan di Indonesia sendiri saat ini sudah menyediakan berbagai macam jenis vitamin. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan rekomendasi vitamin ayam Bangkok agar cepat gemuk mulai dari kandungan nutrisi hingga tata cara pemberiannya.

1. BioZyme

Rekomendasi vitamin ayam Bangkok agar cepat gemuk pertama yaitu BioZyme. Pada dasarnya, BioZyme merupakan vitamin obat penggemuk bagi ayam pedaging. Meskipun demikian, BioZyme juga dapat dimanfaatkan agar membuat ayam Bangkok cepat gemuk.

BioZyme sendiri memiliki kandungan crude protease atau enzim pencernaan di dalamnya. Dimana zat tersebut berguna memperbaiki sistem pencernaan ayam Bangkok. Selain itu, vitamin BioZyme juga memiliki kandungan nuducer tirosin yang akan sangat berguna memacu pertumbuhan ayam Bangkok.

Cara pemberiannya yaitu campurkan setiap 1 ml vitamin BioZyme dengan 1 liter air minum dan berikan sekitar 4 hingga 6 jam setiap hari. Sebagai contoh berikan vitamin BioZyme dari jam 7 sampai jam 1, setelah itu selebihnya bisa diberikan menggunakan air biasa.

2. Mineral BR

Vitamin selanjutnya yaitu Mineral BR. Vitamin BR sendiri merupakan salah satu jenis pakan berisi ransum tambahan untuk berbagai macam jenis ayam aduan, termasuk ayam Bangkok. Harga vitamin Mineral BR sendiri tergolong cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10.000 setiap kilogramnya.

Salah satu manfaat pemberian vitamin Mineral BR untuk ayam Bangkok yaitu bisa mempercepat pertumbuhan menjadi lebih besar dan gemuk. Sementara cara pemberian ataupun penggunaannya sendiri bisa dilakukan dengan mencampur secara merata sebanyak 1 kg vitamin Mineral BR serta 50 kg pakan ayam.

3. Super Gemuk

Super Gemuk menjadi rekomendasi vitamin ayam Bangkok agar cepat gemuk selanjutnya buat kalian. Super Gemuk merupakan vitamin berupa serbuk untuk menambah berat berbagai macam jenis ayam. Tata cara pemberiannya sendiri dapat dilakukan dengan mencampurkannya sebagai air minum ayam Bangkok.

4. NeoBro

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui jenis vitamin NeoBro. NeoBro mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi yang pastinya mampu mempercepat pertumbuhan ayam Bangkok menjadi lebih gemuk. Pasalnya, di dalam NeoBro terdapat sebuah multivitamin dan asam amino esensial yang mampu memacu pertumbuhan menjadi lebih cepat.

Untuk anak ayam Bangkok, kalian bisa memberikannya dengan cara melarutkan 1 atau 1 gram NeoBro ke dalam 4 liter air minum kemudian campurkan 2 kg pakan utama ayam. Sedangkan umur ayam Bangkok di atas 6 minggu, berikan NeoBro menggunakan komposisi larutan 2 atau 3 gram dengan 6 liter air minum lalu campur ke dalam pakan utamanya.

5. Booster RP

Sudah dari dulu bahwa Booster RP dikenal sebagai salah satu jenis vitamin dan suplemen bagi ayam aduan. Terlebih lagi, Booster RP sangat aman jika diberikan untuk ayam Bangkok karena proses pembuatannya menggunakan bahan alami. Dimana Booster RP sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, menjaga daya tahan tubuh, memaksimalkan stamina dan lain sebagainya.

6. Extra Jago

Daftar vitamin ayam Bangkok agar cepat gemuk dan besar selanjutnya yaitu Extra Jago. Selain dapat dimanfaatkan untuk menggemukkan ayam Bangkok, Extra Jago juga sebenarnya dapat digunakan pada jenis ayam aduan lainnya seperti ayam Birma, Pama dan lain sebagainya.

Salah satu keunggulan vitamin Extra Jago yaitu bisa memperpanjang nafas ayam aduan serta menjaga stamina saat sedang berlaga. Di samping itu, vitamin tersebut juga berguna untuk menambah nafsu makan ayam Bangkok sehingga bisa tumbuh besar.

7. Vita Plex

Vita Plex merupakan vitamin dan suplemen bagi ayam Bangkok dalam bentuk kaplet. Vita Plex sendiri di dalamnya mengandung vitamin B Kompleks yang sangat efektif untuk mempercepat pertumbuhan ayam Bangkok serta meningkatkan efisiensi pemberian pakan ransum. Pada intinya, hadirnya kombinasi lengkap vitamin B kompleks tersebut mampu meningkatkan nafsu makan ayam Bangkok sehingga cepat gemuk, bahkan produktivitasnya semakin meningkat.

8. Strong N Fit

Menurut beberapa orang, Strong N Fit merupakan salah satu produk vitamin dari Medion yang sengaja dibuat guna meningkatkan metabolisme ayam Bangkok. Dimana hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi ayam Bangkok seperti efisiensi daya serap pakan lebih maksimal hingga mengurangi risiko kematian anak ayam.

Strong N Fit sendiri mengandung beberapa multivitamin dan L-carnitine sehingga mampu menggemukkan secara cepat beberapa jenis ayam seperti ayam Bangkok, petelur sampai broiler. Kalian bisa memberikan jenis vitamin ini dengan cara mencampurkan 1 ml Strong N Fit serta air minum sebanyak 2 liter.

9. Aminolyn

Jika diantara kalian mengalami permasalahan seperti ayam Bangkok kurang nafsu makan, maka Aminolyn bisa dijadikan sebagai solusi tepat untuk mengatasinya. Selain itu, Amonilyn juga berguna untuk memulihkan kondisi fisik ayam Bangkok setelah sakit sehingga membuatnya menjadi lebih baik serta meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

10. Solvit Medion

Rekomendasi vitamin ayam Bangkok agar cepat gemuk terakhir yaitu Solvit Medion. Adapun Solvit Medion sendiri merupakan sebuah multivitamin cair yang sudah dilengkapi asam amino. Dimana kombinasi tersebut dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan serta menjaga daya tahan tubuh ayam Bangkok agar tetap stabil.

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan mengenai rekomendasi vitamin ayam Bangkok agar cepat gemuk dan tumbuh besar dilengkapi kandungan nutrisi hingga tata cara pemberiannya versi Birdsny.com. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika hendak menggemukkan ayam Bangkok menggunakan vitamin.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.